Cara Mengatasi Tanda Seru LAN

Usut punya usut, masih banyak orang yang memilih penggunaan kabel LAN yang bukan merupakan koneksi jaringan ke internet, sebagai penghubung antar perangkat tertentu. Contohnya untuk menghubungkan laptop dengan modem, PC dengan router, laptop dengan laptop lain, atau bahkan komputer dengan komputer lainnya. Pada prakteknya, pengguna cukup sering dihadapkan dengan LAN tanda seru kuning. Lalu, apa arti, penyebab, dan cara untuk mengatasinya?

Penyebab Munculnya Tanda Seru Kuning pada LAN

Untuk dapat terhubung ke koneksi LAN, tentu pengguna harus menghubungkan kabel LAN lebih dulu. Baru setelah itu, pengguna dapat mengkonfigurasikan pengaturannya sesuai dengan kebutuhan. Namun terkadang, timbul masalah dimana ikon koneksi internet muncul tanda seru berwarna kuning.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh dua perkara, yaitu firewall memblokir koneksi dan konfigurasi jaringan yang gagal. Disamping itu, bisa juga disebabkan karena pengguna terlalu banyak menghubungkan perangkat, sering bermain game LAN, atau bahkan mentransfer file antar perangkat berikut berbagi koneksi internet.

Sebagai tambahan catatan, pada dasarnya tanda seru berwarna kuning menandakan bahwa koneksi internet dari kedua perangkat belum terhubung.

RajaBackLink.com

Prosedur Memperbaiki Tanda Seru Koneksi LAN

Guna mengatasi masalah ini secara mandiri, Anda bisa fokus pada dua alasan yang sudah disebutkan sebelumnya. Dengan catatan, tidak timbul kendala dari switch atau router yang digunakan. Lebih detail, berikut merupakan prosedur cara memperbaiki tanda seru dari koneksi LAN.

1. Atur Ulang Koneksi

Sebelum memulai proses ini, sebaiknya Anda sudah memastikan bahwa pengaturan koneksi sudah benar. Mengingat adanya kesalahan IP atau kendala sejenis bisa mendatangkan tanda seru pada koneksi LAN. Adapun panduan untuk dapat mengatur ulang koneksi LAN bisa dilihat pada ulasan berikut ini.

  1. Mula-mula, buka Panel Kontrol dan lanjutkan dengan menekan opsi Turn On Network and Internet.
  2. Setelah itu, masuk ke area Network and Sharing Center.
  3. Tekan menu Ubah Pengaturan Adaptor yang terletak di sebelah kiri menu.
  4. Lalu, klik opsi Internet Protocol Version 4 (IPv4/TCP). Jika sudah, klik Properties.
  5. Selanjutnya, ubah pengaturan konfigurasi dengan detail: IP yang digunakan 192.168.137.1, subnet mask dengan angka 255.255.255.0, hapus gateway default. Ubah juga pengaturan DNS dengan alamat server ini: server DNS pilihan dengan angka 8.8.8.8 dan server DNS alternatif 8.8.4.4. Terkait dengan pengaturan DNS, Anda dapat memilih opsi mode otomatis jika menginginkannya.
  6. Lanjutkan proses ini dengan menekan OK.
  7. Selesaikan prosedur yang sama pada laptop atau komputer lain, tepatnya perangkat yang hendak disambungkan ke koneksi LAN. Namun perlu dicatat, pada komputer kedua sebaiknya tambah 1 nomor lagi pada alamat IP, yaitu 192.168.137.2.
  8. Coba uji koneksi LAN, apakah masih bug atau tidak. Jika sudah normal, maka proses ini berhasil terselesaikan dengan baik.

2. Menonaktifkan Firewall

Apabila setelah pengecekan ulang tidak juga bisa menyelesaikan masalah tanda seru berwarna kuning, hal ini mengindikasikan kemungkinan bahwa fitur Windows Firewall telah memblokir koneksi LAN yang Anda coba sambungkan. Diketahui, firewall sendiri cukup sensitif dalam memblokir koneksi internet yang dinilai berbahaya bagi komputer yang digunakan. Pun, dalam beberapa kasus, Firewall tetap memblokir koneksi LAN meski sebenarnya terjamin aman.

Guna mengatasi hal tersebut, silakan ikuti langkah-langkah praktis berikut.

  1. Buka Panel Kontrol dan pilih menu Pengaturan Sistem.
  2. Setelah itu, klik opsi Firewall.
  3. Atau bisa juga langsung membuka Windows Firewall melalui Advanced Setting.

Dua cara di atas selalu berhasil menyelesaikan kendala pada koneksi LAN tanda seru kuning. Namun apabila masalah yang sama masih terus berlanjut, Anda bisa mencoba memulai ulang komputer lebih dulu, kemudian ulangi langkah instalasi tadi secara detail dan lebih berhati-hati.

 

Sumber gambar: Unsplash Free Image

Leave a Comment