Cara Menghapus NET Framework

Ada kalanya, kita mungkin harus menghapus NET Framework dari perangkat komputer yang digunakan. Dalam beberapa kasus, pengguna hendak menjalankan program tertentu atau ketika sistem berada dalam keadaan tertentu hingga mengakibatkan aktivitas ini tidak bisa terjadi. Secara aktual, contoh kasusnya bisa berupa sistem yang mengalami pesan error, bermaksud menginstalasi kembali kerangka kerja ke versi tertentu, atau adanya pemberitahuan kode tertentu saat menginstal NET Framework. Karena alasan-alasan tersebut, menghapus NET Framework bisa jadi alternatif solusi yang tepat. Lantas, bagaimanakah prosedur cara uninstall NET Framewrok?

Panduan Menghapus NET Framework di Windows

NET Framework yang diinstall di Windows bisa dihapus dengan sejumlah metode, salah satunya adalah sebagai berikut.

1. Menggunakan Control Panel

Prosedur pertama yang bisa digunakan ialah menggunakan control panel. Selain berguna untuk memeriksa versi NET Framework yang digunakan, control panel juga dapat menguninstall programnya secara langsung. Berdasarkan beberapa sumber, hanya versi NET Framework tertentu yang bisa dihapus melalui panel kontrol, biasanya versi 4,5, atau lebih. Terkait dengan langkah-langkahnya bisa diikuti pada panduan berikut.

  1. Akses tombol Windows dan R secara bersamaan di keyboard.
  2. Setelah itu, tuliskan Control Panel di kolom pencarian dan klik Enter.
  3. Pilih opsi Copot program.
  4. Kemudian, cari Microsoft NET Framework, klik kanan, dan pilih opsi Uninstall.

Selebihnya, Anda dapat mengikuti arahan jendela baru yang muncul disana. Prosedur ini akan menghapus NET Framework dari komputer secara efektif. Apabila terdapat lebih dari 1 aplikasi framework yang terinstall, silakan hapus keseluruhanya.

RajaBackLink.com

2. Memakai Aplikasi Uninstaller

Penggunaan aplikasi uninstaller pun bisa menjadi alternatif lain untuk menghapus NET Framework. Aplikasi uninstaller sendiri sejatinya merupakan program yang didesain untuk menghapus berbagai aplikasi yang terinstall di perangkat komputer. Umumnya, program yang tidak bisa dideteksi melalui panel kontrol sekalipun dapat terlihat melalui aplikasi satu ini. Dalam istilah lain, metode ini sangat efektif untuk memusnahkan aplikasi-aplikasi yang sudah tidak terpakai lagi.

Menariknya lagi, terdapat fitur yang memungkinkan pengguna untuk membersihkan aplikasi secara langsung, adapun langkah-langkahnya ialah sebagai berikut.

  1. Lakukan instalasi pada aplikasi Revo Uninstaller.
  2. Setelah itu, buka aplikasi tersebut.
  3. klik opsi aplikasi Windows dan lanjutkan dengan mencari Microsoft NET Framework.
  4. Klik kanan pada ikon aplikasi tersebut dan pilih menu Uninstall.

Memastikan NET Framework Telah Terhapus Bersih

Dua metode di atas sebenarnya sudah cukup untuk membersihkan aplikasi NET Framework, tapi bagi Anda yang ingin rangkanya 100% musnah dari komputer, mungkin beberapa langkah tambahan berikut bisa dicoba.

1. Menghapus Folder .NET di Drive Sistem

Mula-mula, periksa kembali sistem drive dan hapus folder NET Framework yang masih terinstall di sana. Guna memastikan tidak ada folder tambahan yang muncul usai pencopotan instalasinya, silakan ikuti panduan berikut ini.

  1. Akses Windows Explorer.
  2. Di bagian kotak atas, tuliskan %systemroot%\Microsoft.NET\Framework, kemudian hapus semua folder yang ada di file NET Framework dengan cara tekan Shift + Del.
  3. Biasanya, kombinasi Shift + Del bakal menghapus NET Framework dari komputer secara permanen.

2. Menghapus Registry .NET

Apabila Anda sempat menggunakan Revo Uninstaller sebelumnya, Anda boleh melewati prosedur satu ini. Akan tetapi, jika sebelumnya Anda menghapus NET Framework melalui panel kontrol, langkah ini penting untuk dilakukan. Tujuannya ialah menghapus registri agar tidak lagi ada informasi yang tersisa dari versi NET Framework.

  1. Pertama, klik Windows + R di keyboard komputer.
  2. Tekan opsi Edit dan klik OK.
  3. Tuliskan entri HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\NET Framework Setup\NDP.
  4. Setelah itu, hapus kunci direktori NET Framework yang muncul di dialog baru.
Itulah sekilas informasi mengenai prosedur cara menguninstall NET Framework yang bisa Anda coba.
 
Sumber gambar: iStock Free Image

Leave a Comment