Cara Transfer Pulsa Smartfren

Di era masa kini, sebagian besar orang lebih gemar menggunakan kuota internet dibandingkan pulsa. Walaupun demikian, fungsi pulsa masih tidak bisa digantikan. Sebab dalam kondisi darurat yang mengharuskan seseorang melakukan SMS ataupun panggilan konvensiona, tentulah posisi pulsa sangat dibutuhkan. Paling cepat, kita bisa mengunjungi konter terdekat dan mengisikan sejumlah pulsa, tapi bagaimana jika hal ini tidak memungkinkan untuk dilakukan? Bagaimana alternatif cara transfer pulsa Smartfren yang bisa dilakukan?

Transfer Pulsa Smartfren Via SMS

Metode paling populer untuk transfer pulsa ialah dengan mengirimkan SMS, dimana pesan yang dimaksud berupa format spesifik untuk mentransfer saldo pulsa ke sesama pengguna provider Smartfren. Adapun langkah praktisnya adalah sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi pesan dan buat room baru.
  2. Tuliskan format Kirim (titik) Nomor HP Smartfren Penerima (titik) Nominal pulsa, kemudian kirimkan ke nomor 879.
  3. Tunggu beberapa saat sampai Anda menerima balasan berupa pesan konfirmasi dari pihak Smartfren.

Menggunakan Aplikasi Uangku

Aplikasi Uangku yang dikembangkan oleh PT Smartfren Telecom Tbk sejatinya digawani dengan fitur yang sangat beragam, namun demikian fungsi utamanya ialah menjadi tempat menyimpan uang elektronik. Langkah-langkah transfer pulsa Smartfren lewat aplikasi Uangku adalah sebagai berikut.

  1. Unduh dan lakukan instalasi aplikasi Uangku.
  2. Kemudian, klik opsi Kirim Pulsa dan lanjutkan dengan mengisi formulir berupa nomor penerima berikut nominal pulsa yang hendak ditransfer.
  3. Koreksi kembali data yang diinput, jika sudah sesuai silakan klik Kirim.
  4. Tunggu beberapa waktu sampai muncul notifikasi dari Smartfren berupa SMS proses transfer pulsa.

Lewat Aplikasi MySmartfren

Jika Anda merupakan pengguna lama dari provider Smartfren, mungkin penggunaan aplikasi MySmartfren sudah jadi rutinitas yang kamu gemari. Melalui aplikasi ini, pengguna bisa melakukan banyak hal, termasuk diantaranya melakukan transfer pulsa. Lebih jauh, berikut merupakan panduan transfer pulsa melalui aplikasi MySmartfren.

RajaBackLink.com
  1. Instalasi aplikasi MySmartfren di ponsel Anda. Jika Anda merupakan pengguna selular Android, aplikasi ini dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store, sementara untuk pengguna iOS bebas menginstallnya lewat App Store.
  2. Buka aplikasi tersebut dan masuk ke menu E-Pulsa.
  3. Tuliskan nomor tujuan beserta nominal pulsa yang akan dikirimkan.
  4. Kemudian, input MPIN.
  5. Setelah beberapa saat, pulsa akan terkirim secara otomatis dan Anda bakal menerima pesan notifikasi atas transaksi tersebut.

Syarat & Ketentuan Transfer Pulsa

Agar dapat mentransfer sejumlah pulsa, pengguna perlu memenuhi syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh pihak Smartfren, salah satunya adalah sebagai berikut.

  1. Nomor pengirim maupun nomor penerima harus merupakan nomor Smartfren yang masih aktif, serta tidak berada dalam masa tenggang saat proses transfer berlangsung.
  2. Nominal pulsa minimal yang bisa ditransfer adalah Rp1.000, dan maksimal Rp200.000.
  3. Nominal pulsa yang bisa dikirim merupakan kelipatan dari Rp1.000.

Biaya Transfer Pulsa Smartfren

Transaksi transfer pulsa lewat SMS ataupun aplikasi Uangku memerlukan pulsa setidanya Rp500 untuk biaya admin per transfer. Namun jika pengguna memanfaatkan aplikasi MySmartfren, segala bentuk transaksi tidak dikenakan biaya sepeserpun.

Bisakah Mungkin Transfer Pulsa Smartfren ke Provider Lain?

Sayangnya, fitur transfer pulsa ke operator lain dari Smartfren masih belum mungkin untuk dilakukan. Perlu ditegaskan, transaksi transfer pulsa hanya berlaku bagi sesama pengguna nomor Smartfren.

Apakah Masa Aktif Penerima Pulsa Bisa Bertambah?

Menerima transfer pulsa dari nomor lain tidak akan menambah masa aktif nomor tersebut. Jika memang ingin menambah masa aktif, sebaiknya lakukan pengisian pulsa lewat gerai Smartfren atau konter terdekat.

Alasan Transfer Pulsa Smartfren Gagal

Salah satu alasan yang mungkin menyebabkan gagalnya transfer pulsa mungkin dikarenakan koneksi internet yang kurang memadai atau server yang sedang error.

Itulah beberapa cara transfer pulsa Smartfren yang bisa Anda coba, lengkap dengan sejumlah informasi tambahan terkait transaksi tersebut.

 

Sumber gambar: iStock Free Image