Cara Mengubah Format JPG Menjadi PDF

Cara Mengubah Format JPG Menjadi PDF – Memang tidak sedikit orang ysng terkadang harus mengubah file format JPG ke dalam bentuk PDF atau convert JPG to PDF, hal disebabkan banyaknya halaman yang telah dipindai dalam penyimpanan menggunakan format JPG, sehingga sulit untuk dapat dibaca. Ada banyak cara untuk mengubah JPG menjadi PDF yang bisa kalian pilih sebelum mengirim file foto dalam bentuk PDF ke orang lain. Jika bisa dikirim dalam bentuk JPG, mengapa harus repot-repot diubah menjadi format PDF? Sebab biasanya file PDF-lah yang akan selalu diminta waktu kalian melamar kerja ataupun pengajuan beasiswa. Kalian akan diminta untuk mengirim foto namun dalam bentuk format PDF agar semua file yang diunggah memiliki format yang sama, yaitu dokumen PDF. Untungnya, kini kalian dapat mengubah JPG ke bentuk format PDF secara offline maupun online, baik itu dari perangkat laptop ataupun dari peragkat ponsel. Lantas bagaimana cara mengubahnya?

Cara Mengubah File JPG Menjadi PDF di Perangkat PC Windows

Cara pertama yang bisa kalian guankan untuk mengubah file JPG ke PDF adalah kalian bisa mencobanya di komputer atau laptop Windows. Cara-cara dibawah ini agar bisa dicoba kalian harus menggunakan di komputer dengan sistem operasi Windows 10, jadi jika kalian memakai versi Windows yang lain, maka kalian bisa coba-coba sendiri untuk tahu berhasil atau enggaknya cara-cara ini. Berikut caranya :

Cara Mengubah file JPG Menjadi PDF Secara Online

Cara ini adalah yang paling gampang dan terbilang efektif untuk kalian coba, sebab kalian tidak perlu menggunakan aplikasi apapun. Ada banyak sekali situs web yang dapat kalia pakai untuk convert file JPG ke PDF. Yang paling populer adalah iLovePDF dan Smallpdf. Iberikut cara untuk mengubah file JPG ke PDF secara online :

  1. Langkah pertama kalian buka situs web Smallpdf yaitu smallpdf.com melalui Chrome, Firefox, atau aplikasi web browser lainnya yang terdapat di perangkat PC kalian.
  2. Setelah situs web berhasil terbuka, kalian akan melihat banyak pilihan converter dari file PDF dan menjadi file PDF. Lalu kalian pilih tool Converter JPG to PDF.
  3. Buka File Explorer di perangkat PC kalian, lalu cari file JPG yang ingin kalian jadikan format PDF. Jika sudah ketemu bisa drag file JPG itu dan drop di bagian ‘Taruh gambar di sini’.
  4. Selanjutnya, kalian dpaat mengatur ukuran kertas PDF, orientasi kertas (landscape atau portrait), dan ukuran marginnya.
  5. Selesai berhasil smengatur kertas, kalian hanya perlu klik saja tombol yang bertuliskan Buat PDF Anda Sekarang.
  6. Kalian tunggu saja sampai proses converting dari JPG ke PDF selesai.
  7. Apabila sudah selesai, kalian dapat klik tombol Unduh File untuk menyimpan hasil konversi ke PC kalian. Atau kalian juga bisa langsung kirim ke email, upload file PDF ke Google Drive, atau upload hasil konversi ke Dropbox.

Tidak hanya bisa untuk mengubah file JPG menjadi file PDF saja, situs web ini juga telah menyediakan piihan untuk kalian yang ingin menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu. Jadi kalian dapat menegirim semua data yang dibutuhkan hanya dalam satu file PDF saja.

Cara Mengubah File JPG Menjadi PDF secara offline

Tenang, cara merubah JPG ke PDF ini juga tidak butuh aplikasi tambahan lainnya, walaupun cara ini dilakukan secara offline sekalipun. Namun hanya saja cara ini untuk dicoba melalui perangkat PC Windows 10 dengan menggunakan bantuan dari aplikasi Photos yang berasal bawaan dari Microsoft Windows 10. Berikut caranya :

RajaBackLink.com
  1. Langkah pertama, kalian buka File Explorer dan cari foto yang mau ingin kalian ubah menjadi dokumen PDF.
  2. Apabila fotonya sudah ketemu dan sesuai dengan keinginan kalian, maka pilih foto itu lalu klik kanan. Pilih Buka dengan atau Open with. Lalu piilih aplikasi Photos bawaan dari Windows 10.
  3. Selanjutnya jika aplikasi Photos sudah terbuka, kalian hanya perlu klik saja pilihan Print yang diwakili oleh logo printer di sebelah kanan atas jendela Photos.
  4. Lalu di sebelah kiri nantinya akan muncul menu drop down yang berisi printer yang tersambung dan pilihan lainnya. Kalian klik saja menu dropdownnya lalu pilih Microsoft Print to PDF.
  5. Selain itu kalian juga bisa atur settingan lain, misalnya ukuran kertas PDFnya, ukuran fotonya, dan juga margin halamannya.
  6. Apabila sudah selesai diatur, klik tombol Print yang berada di sebelah kiri bawah jendela Photos.
  7. Isi nama file sesuai dengan keinginanmu, dan pastikan bagian ‘Save as type’-nya sudah bener, yaitu PDF Document (*.pdf).
  8. Langkah terakhir kalian langsung saja klik Save dan file foto kalian akan secara otomatis tersimpan sebagai dokumen PDF.

Bagaimana mudah kan dan tentu saja tidak butuh data kuota internet sedikitpun untuk konversi foto menjadi dokumen PDF. Namun kalian harus pastikan bahwa Windows kalian sudah di update menjadi Windows 10 untuk kelancaran konversi foto.

Cara Mengubah File JPG Menjadi PDF menggunakan Microsoft Word

Jika perangkat PC kalian kurang memenuhi syarat untuk diupgrade ke Windows 10, kalian juga bisa memakai cara yang ketiga ini. Cara ini sama mudahnya dengan cara yang kedua. Yang menjadi perbedaannya adalah cara ini bisa diterapkan di semua versi Windows, jadi tidak di Windows 10 saja. Berikut caranya :

  1. Langkah pertama kalian buka aplikasi Microsoft Word di perangkat PC kalian lalu buat file atau dokumen baru.
  2. Setelah itu kalian buka File Explorer dan cari foto yang ingin kalian ubah menjadi PDF. Drag and drop foto itu ke app Microsoft Word. Kalian juga bisa masukkn foto dengan cara klik Tab Insert di app Microsoft Word, lalu pilih Pictures dan pilih foto yang ingin dikonversi.
  3. Lalu setelah file foto terbuka di Microsoft Word, kalian dapat mengatur ukuran dan settingan foto sesuai dengan keinginan kalian.
  4. Apabila sudah selesai mengatur foto, klik pilihan File di sebelah kiri atas jendela Microsoft Word. Klik pilihan Save as di menu File.
  5. Lalu tentukan folder untuk menyimpan file PDF barumu. Jangan lupa untuk Isikan nama file di bagian File name. Langkah paling penting adalah klik menu drop down di samping bagian Save as type. Lalu klik pada pilihan PDF.
  6. Langkah terakhir klik tombol Save dan file fotomu akan secara otomatis tersimpan dalam bentuk PDF.

Memang semudah itu untuk mengubah file foto menjadi PDF tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan atau kuota internet.

Cara Mengubah File JPG Menjadi PDF di Perangkat Ponsel

Berikut langkah-langkahnya di bawah ini :

  1. Langkah pertama kalian harus terlebih dahulu mengunduh aplikais buatan Weeny Software yaitu JPG to PDF Converter, lalu install aplikasi tersebut.
  2. Jika sudah terinstal, buka aplikasi JPG to PDF Converter lalu klik pilihan Files untuk dapat membuka file foto yang ingin kalian ubah.
  3. Jangan lupa untuk tandai foto-foto yang ingin kalian convert, lalu klik tombol bertuliskan Done yang berada di sebelah kanan atas layar Smartphonemu.
  4. Kalian dapat mengatur orientasi landscape atau portrait dan halaman PDF yang nantinya akan berisi foto-foto tersebut. Ada juga fitur Image Compression yang bisa kalian gunakan sebagai cara untuk memperkecil ukuran foto dan fitur Password Protection agar dapat melengkapi dokumen PDF dengan password.
  5. Kemudia klik tombol di bagian bawah Convert to PDF untuk memulai proses konversi secara otomatis. Kalau
  6. Apabila sproses konversi udah selesai, maka file PDF yang baru akan secara langsung tersimpan di memori internal ponselmu.