Beragam Macam dan Jenis Ukuran Kertas Folio

Di negara Indonesia ini mungkin telah banyak ukuran kertas folio. Ukuran Kertas folio ini banyak macamnya, seperti F4, legal, dll. Akan tetapi masih banyak orang yang masih awam tentang macam-macam kertas dan perbedaan satu sama lainnya. Oleh karena itu saya akan membahas tentang ukuran kertas folio.

A. Ukuran Kertas Folio, A4, A3, Letter, Legal, dan Quarto

Berikut ini penjelasan tentang ukuran kertas dengan perbedaannya dan penjelasannya sebagai berikut :

1. Ukuran Folio/F

Ukuran kertas Folio ini adalah 21,6 CM X 33 CM atau dalam satuan inci yaitu 8,5 inch X 13 inch. Ukuran ini biasanya disebut juga kertas HVS panjang ataupun F4 atau bisa juga disebut dengan HVS Folio.

2. Ukuran Kertas A4

Ukuran kertas jenis A4 ini adalah 21,0 CM X 29,7 CM atau dalam satuan inci yaitu 8,3 inch X 11,7 inch. Ukuran ini biasanya disebut juga kertas HVS sedang ataupun A4.

3. Ukuran Kertas Letter 

Ukuran kertas Letter ini adalah 21,6 CM X 27,9 CM atau dalam satuan inci yaitu 8,5 inch X 11 inch. Ukuran dari kertas ini ukuran kertas yang tersedia di negara Amerika. Kertas Letter di negara Indonesia jarang sekali yang jual. Jadi apabila ada yang menyebutkan ukuran kertas letter, yang dimaksudkan orang lain adalah kertas A4 karena ukuran kertas ini mendekati ukuran kertas A4.

RajaBackLink.com

4. Ukuran Kertas Kuarto

Ukuran kertas Kuarto ini adalah 21,6 CM X 27,5 CM atau dalam satuan inci yaitu 8,5 inch X 10,8 inch. Ukuran dari kertas ini ukuran kertas yang tersedia di negara Inggris. Kertas Kuarto di negara Inonesia jarang sekali yang jual. Ukuran dari kertas ini hampir sama dengan kertas ukuran A4, Jadi apabila tidak menemukan ukuran kertas ini maka pilihan terakhir yang kalian dapat gunakan ukuran kertas A4 saja.

5. Ukuran Kertas Legal

Ukuran kertas Legal ini adalah 21,6 CM X 35,6 CM atau dalam satuan inchi yaitu 8,5 inch X 14 inch. Ukuran dari kertas ini ukuran kertas yang tersedia di Amerika. Kertas Legal di negara Indonesia jarang sekali yang jual. Jadi apabila ada yang menyebutkan ukuran kertas legal, yang dimaksudkan orang lain adalah ukuran kertas F4/Folio karena ukuran kertas ini mendekati ukuran kertas folio.

B. Ukuran Kertas Folio (Dalam Satuan mm, cm, inc)

Kertas folio adalah salah satu kertas yang dibutuhkan oleh banyak orang dalam berbagai macam aspek kehidupan. Kertas folio ini memiliki fungsi yang dapat dipakai sebagai pelengkap dokumen penting. Berikut ini akan saya bahas mengenai ukuran kertas folio didalam satuan ukuran lainnya.

1. Ukuran Folio Dalam Satuan Milimeter (mm)

Untuk ukuran kertas folio ini dapat juga didalam jenis satuan milimeter. Ukuran folio dalam satuan milimeter yaitu 210 mm x 330 mm.

2. Ukuran Folio Dalam Satuan Inchi (inc)

Selain memiliki ukuran milimeter, kertas folio ini dapat juga didalam jenis satuan inchi. Ukuran folio dalam satuan inchi ini yaitu 8,27 inc x 12,99 inc.

3. Ukuran Folio Dalam Satuan Centimeter (cm)

Yang terakhir ada dalam satuan centimeter. Ukuran folio dalam satuan centimeter ini yaitu 21,0 cm x 33,0 cm.

Jadi ukuran kertas folio ini beragam macam dan tidak semuanya tersedia di negara Indonesia ini. Dengan adanya beragam macam dan jenis kertas folio ini, maka kebutuhan  didalam masyarakat dapat terpenuhi. Bukan hanya itu saja, hampir di semua negara kertas folio ini dapat kalian beli dengan hemat dan mudah dengan berbagai jenis ukurannya dan juga warnanya yang tersedia di masing-masing negara.