Cara Mengatur Jarak Spasi Baris di Microsoft Word

Cara Mengatur Jarak Spasi Baris di Microsoft Word – Ketika mengetik sebuah dokumen di Microsoft Word, tentu saja jarak spasi antar baris menjadi salah satu yang perlu untuk diatur. Hal ini disebabkan bahwa dengan adanya jarak spasi akan membuat dokumen menjadi lebih mudah untuk dibaca. Untuk cara mengatur jarak spasi antar baris sebenarnya terbilang sangat mudah, namun bagi para pemula yang baru saja belajar tentang Microsoft Word akan merasa bingung bagaimana cara untuk melakukan langkah-langkahnya.

Nah, di ulasan kali ini saya akan memberikan penjelasan secara lengkap mengenai metode yang bisa kalian gunakan untuk mengatur jarak spasi antar baris di Microsoft Word. Adapun 3 metode yang telah saya coba, kalian dapat simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Mengatur Jarak Spasi Baris di Microsoft Word

Ketika dokumen menggunakan jarak spasi antar baris yang sempit, tentu akan membuat kita kesulitan untuk membacanya. Hal ini pun sama dengan dokumen Word yang memiliki jarak spasi terlalu lebar dan akan terlihat aneh ketika dipandang, itulah sebabnya mengatur jarak spasi antar baris di dokumen Word sangat diperlukan. Selain dengan adanya pemilihan font yang tepat, jarak baris yang tepat juga akan dapat memudahkan para pembaca dan akan membuat dokumen Word untuk enak dilihat.

di bawah ini adalah 3 cara untuk membantu kalian dalam mengatur jarak spasi antar baris di Microsoft Word, panduan ini bisa kalian gunakan pada semua jenis Microsoft Word, antara lain seperti Word 2003, 2007, 2013, 2016, 2010, bahkan hingga Word 2019. 

BACA JUGA:  Cara Cek Kuota Telkomsel

Cara yang Pertama

Metode yang pertama ini akan memanfaatkan menu line spacing yang bisa kalian akses secara langsung melalui toolbar Microsoft Word. Berikut ini langkah-langkahnya :

  1. Langkah pertama adala kalian bisa lakukan block baris yang akan kalian atur jaraknya, jika kalian ingin mengatur spasi pada semua baris yang di dalam dokumen kalian, maka langsung saja tekan kombinasi tombol CTRL + A di keyboard.
  2. Langkah selanjutnya masuk ke menu home dan pilih menu line spacing yang ada di grup menu paragraph.
  3. Kemudian akan muncul tampil beberapa nilai spasi yang bisa kalian pilih salah satunya, kalian bisa gunakan nilai 1,0, 1,15, 1,5, 2,0, 2,5, dan 3,0. Perlu diketahui bahwa nilai spasi ini akan menggunakan satuan point.
  4. Langkah Terakhir, setelah itu jarak spasi antar baris pada dokumen kalian akan berubah sesuai dengan nilai spasi yang kalian pilih sebelumnya.

Cara yang Kedua

Pada cara kedua ini, kita akan bebas dalam menentukan nilai spasi yang sesuai dengan keinginan kita. Berikut ini langkah-langkahnya :

  1. Langkah pertama adalah block kembali baris yang ingin kalian atur jarak spasinya.
  2. Lalu masuk ke menu home, kemudian pilih menu line spacing, lalu masuk ke menu line spacing options.
  3. Maka setelah itu jendela pada menu paragraph akan terbuka, namun di sini kita hanya akan fokus pada bagian spacing saja.
  4. Jadi di bagian line spacing kalian dapat memilih multiple, kemudian pada bagian At silahkan isi dengan nilai spasi yang sesuai keinginan kalian.
  5. Untuk langkah terakhir, kalian hanya perlu klik OK untuk dapat menerapkan pengaturan spasi tersebut.

Cara yang Ketiga

Untuk mengatur jarak spasi antar baris di Microsoft Word juga bisa dilakukan dengan menggunakan shortcut, namun jika menggunakan cara ini maka kalian hanya bisa memilih 3 ukuran spasi saja diantaranya yaitu 1 point, 1,5 point dan 2 point. Berikut langkah-langkahnya :

  1. Langkah pertama block semua baris yang akan diatur jarak spasi barisnya.
  2. Lalu gunakan kombinasi tombol di bawah ini untuk dapat mengatur jarak baris yang kalian inginkan :
    CTRL + 1 untuk jarak baris sebesar 1 point
    CTRL + 2 untuk jarak baris sebesar 2 point
    CTRL + 5 untuk jarak baris sebesar 1,5 point.  
BACA JUGA:  Cara Cek Kuota Telkomsel