Cara Menghindari Google Form Tidak Dapat Diisi

Google Form adalah layanan yang disediakan oleh Google yang memungkinkan kalian untuk membuat survey, tanya jawab dengan fitur formulir online yang bisa disesuaikan sesuai dengan kebutuhan. Jadi kalian bisa mendapatkan jawaban secara langsung dari peserta yang mengikuti survei. Entah itu salah satu bentuk pemesanan salah satu barang, lomba dan lain-lain. Pernahkah kalian mengalami masalah pada saat mengisi Google Form? Hal yang memungkinkan ada beberapa masalah yang pernah kalian alami adalah Google Form yang tidak dapat dipencet atau Google Form Tidak Bisa Diisi. Buatan dari google seperti Google Form memang terbilang sangatlah maju, tapi majunya buatan manusia dapat terjadi error. Error saat sedang banyak yang dialami oleh pengguna adalah google form tak dapat diisi atau dipencet.

Lalu bagaimanakah cara mengatasi masalah tersebut? Saya akan memberikan tips untuk mengatasi hal tersebut yang ada pada bagian dibawah ini.

Faktor penyebab mengapa Google Form tidak bisa diisi atau dipencet dikarenakan Google Form sedang mengalami not responding atau sedang tidak melakukan respon apapun. Terjadinya masalah not responding di Google Form mengakibatkan tidak dapat dipencet ataupun diisi, hal itu membuat pengguna tertunda untuk mengisi nya. 

Lalu apa yang disebabkan dari masalah itu? Akan kita bahas yang ada pada dibawah ini :

1. Browser Error

Browser error yang dipakai didalam perangkat kalian untuk mengakses Google Form bisa juga mengakibatkan Google Form tidak bisa di pencet. Hal ini bukan hanya apa yang terjadi didalam google form saja, melainkan ke semua layanan yang disediakan dari google akan terjadi masalah atau not responding apabila Browser Error dikarenakan bug. Oleh sebab itu solusinya adalah dengan cara melakukan Reload atau Refresh halaman google form tersebut.

2. Perangkat Error

Perangkat error juga bisa faktor yang sangat mempengaruhi Google Form mengalami bermasalah sehingga tidak dapat dipencet. Untuk cara mengatasi perangkat error ini adalah dengan cara memperbaiki terlebih dahulu perangkat yang sedang mengalami error tersebut, seperti merestart ulang perangkat lalu kalian bisa memakai Google Form seperti semula.

3. Browser Belum Diperbarui 

Diibaratkan barang yang telah lama tak diganti onderdilnya akan berjalan lambat. Oleh karena itu browser yang tidak di update-update akan mengakibatkan error pada saat mengakses situsnya. Cara mengatasinya yaitu dengan meng-update browser lama kalian yang belum pernah kalian perbarui, maka sesudah diperbaharui bisa digunakan kembali Google Formnya pada perangkat yang digunakan oleh kalian.

4. Internal Error

Setelah melakukan pengecekan dari semua arah agar dapat menemukan faktor penyebab dari Google Form yang tidak bisa dipakai. Untuk langkah berikutnya untuk mengatasi hal tersebut dikarenakan ada internal yang sedang bermasalah dengan melakukan perbaikan di internal yang error, yaitu dengan cara menunggu pada saat google form sedang maintenance atau perbaikan sesaat agar dapat berjalan normal kembali yakni. 

5. History Browser Tidak Dihapus

Penyebab lainnya dari Google Form tidak dapat dipencet atau tidak dapat diklik adalah karena terlalu banyaknya sampah riwayat pencarian atau history cache browser yang tidak pernah kalian bersihkan bertahun lamanya. Hal ini juga dapat mempengaruhi Google Form tidak dapat diisi, untuk solusinya yaitu dengan menghapus cache browser atau sampah riwayat pencarian yang kalian gunakan sebelumnya. 

Demikianlah tutorial dari saya tentang cara mengatasi google form yang tidak bisa diisi atau dipencet. Mudah-mudahan dengan adanya tutorial ini dapat membantu kalian mengatasinya.