4 Cara Menghilangkan Watermark di file PDF

4 Cara Mudah Untuk Menghilangkan Watermark di file PDF – Apakah Anda memiliki file pdf yang terdapat watermarknya? Yuk baca artikel ini sampai selesai untuk mengetahui bagaimana cara menghilangkan watermak di pdf.
 
Apa sih yang dimaksud dengan watermark? Watermark merupakan sebuah identitas atau tanda kepimilikan yang terdapat dalam sebuah file foto, video, ataupun dokumen online seperti pdf.

Terkadang, ketika ingin membaca file pdf kita akan merasa terganggu dengan adanya watermark besar yang terdapat di dalamnya.  Oleh karena itu, solusi satu-satunya agar dapat membaca dengan nyaman adalah dengan menghilangkan atau menghapus watermark di pdf tersebut.

Namun, sebelum kita membahas topik yang utama, Anda perlu untuk mengetahui tujuan dari penambahan Watermark dalam pdf ini. Berikut ini beberapa informasi dari pentingnya sebuah watermark di file PDF.

Alasan Mengapa Watermark pada PDF itu Penting

Bukan tanpa alasan mengapa file pdf yang kita temukan dari situs internet menggunakan watermark. Ada beberapa alasan penting yang melatar belakangi dari penggunaan watermark dalam pdf tersebut. Beberapa tujuan pemasangan watermark diantaranya adalah sebagai berikut ini.

Sebagai Tanda Kepimilikan dari Pembuat File

Watermark yang ada di pdf biasanya akan dijadikan sebagai identitas dan tanda kepimilikan yang sah dari suatu perusahaan atau instansi. Misalnya jika Ana menemukan sebuah jurnal pdf dan jurnal tersebut tertanam sebuah logo dari universitas. Logo itulah yang akan berfungsi sebagai identitas atau tanda bahwa jurnal tersebut berasal atau milik dari universitas itu.

Dapat Meminimalisir Terjadinya Pemalsuan Dokumen

Adanya watermark dapat digunakan sebagai bentuk penjagaan dari pemalsuan dokumen. Apabila dokumen pdf terdapat watermark, maka dokumen tersebut akan menjadi lebih aman dan kuat dimata hukum serta tidak mudah untuk dipalsukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Untuk Mencegah Terjadinya Plagiarisme

Jika Anda menemukan jurnal penelitian berbentuk pdf yang ternyata terdapat watermark, maka Anda harus lebih berhati-hati dan jangan asal unduh saja. Sebab selain dapat meminimalisir terjadinya pemalsuan, watermark juga dapat digunakan untuk mencegah terjadinya plagiarisme. 

Selain dari ketiga tujuan di atas, masih banyak alasan penting lainnya yang menyarankan kita untuk memberi watermark pada dokumen pdf. Walaupun begitu, tidak sedikit yang ingin membuat watermark untuk dihilangkan dengan alasan yang beragam, salah satunya adalah dikarenakan mereka merasa kurang nyaman untuk membaca dokumen pdf yang ada watermarknya.

4 Cara Mudah Untuk Menghilangkan Watermark di PDF

Cara untuk menghilangkan watermark pada dokumen pdf ini sebenarnya mmeiliki banyak cara. Namun, kali saya akan membagikan tutorial yang mudah khusus untuk Anda. Agar Anda tidak penasaran lagi, yuk simak artikel ini mengenai langkah-langkah untuk menghilangkan watermark di PDF sebagai berikut :

Melalui Adobe Acrobat Untuk Menghilangkan Watermark di PDF

Cara pertama adalah cara yang paling mudah untuk Anda lakukan, sebab dengan menggunakan PDF viewer yaitu Adobe Acrobat. Untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Langkah pertama bukalah file PDF melalui Adobe Acrobat
  2. Kemudian setelah file berhasil terbaca, maka selanjutnya klik Tools yang berada di bagian pojok kanan atas
  3. Llau selanjutnya akan muncul kotak dialog dan pilih menu Watermark yang berada pada bagian Edit Page Design.
  4. Lalu Anda pilih Remove dan klik Yes.
  5. Selamat! akhirnya watermark berhasil dihilangkan.

Melalui Microsoft Word Untuk Menghilangkan Watermark di PDF

Cara yang kedua ini juga tidak kalah mudah dari cara yang pertama, sebab hanya dengan Microsoft Word Anda sudah bisa untuk menghilangkan watermark dii PDF. Langsung saja, berikut tutorialnya :

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengubah dokumen pdf ke word. Caranya arahkan kursor pada file pdf yang ada watermarknya > klik kanan> Open With> Word
  2. Kemudian tunggu proses selesai untuk membuat file pdf Anda dapat dibuka melalui word
  3. Lalu selanjutnya arahkan kursor pada watermark, dan jika sudah ada tanda panah kemudian klik > dan tekan tombol backspace (hapus). Maka secara otomatis watermark akan hilang.
  4. Apabila Anda ingin menyimpan kembali dalam bentuk pdf, maka yang harus Anda lakukan adalah klik File > Save As> klik tempat penyimpanan yang kamu inginkan > kemudian klik kiri pada kolom Save As Type lalu pilih PDF.

Melalui WPS Untuk Menghilangkan Watermark di PDF

Bagi Anda yang sedang males untuk membuka laptop dan ternyat file PDF Anda ada di Hp, maka Anda masih tetap bisa menghilangkan watermarknya. Namun Anda harus membutuhkan aplikasi pihak ke-tiga yaitu aplikasi WPS. Aplikasi WPS ini dapat Anda unduh melalui Google Playstore secara gratis. 

Berikut langkah-langkah di bawah ini :

  1. Langkah pertama buka file PDF Anda melalui aplikasi WPS
  2. Lalu setelah tampilan file PDF berhasil terbuka, maka berikutnya klik menu Alat
  3. Kemudian klik Edit
  4. Di sana akan terdapat beberapa menu pilihan edit, dikarenakan tujuan kita ingin menghilangkan watermark, maka Anda klik Edit Gambar.
  5. Lalu selanjutnya klik watermark yang ada dalam teks, lalu klik ikon tempat sampah.
  6. Nah, terakhir watermark akan hilang secara otomatis.

Nah, cara ini sangat mudah bukan? karena Anda tidak perlu lagi untuk mengganti tipe dokumen dari PDF ke word. Namun, sangat disayangkan sebab cara di atas bisa Anda lakukan jika Anda menggunakan WPS secara premium. Namung tenang saja bahwa jika Anda sudah menggunakan WPS premium, maka Anda mendapatkan banyak keuntungan atau manfaat. Salah satunya adalah menghapus watermark PDF dengan mudah. 

Cara Untuk Menghilangkan Watermark di PDF Secara Online

Untuk melakukan cara ini dengan mudah, maka Anda harus dibarengi dengan jaringan internet yang stabil. Berikut langkah-langkah adalah di bawha ini :

  1. Klik link berikut ini com/PDFToWORDEN.aspx
  2. Lalu kemudian posting file PDF yang ingin Anda edit dan ubah ke word melalui link tersebut
  3. Stelah itu tunggu proses convert sampai selesai dan buka file yang diubah melalui word
  4. Langkah selanjutnya klik Enable Editing
  5. Lalu kemudian arahkan kursor ke watermark dan klik Bacspace atau delete
  6. Kemudian untuk langkah selanjutnya, simpan file tersebut dalam bentuk word.
  7. Lalu jika Anda ingin melakukan pengubahan ke dalam bentuk PDF, maka klik kembali link com/PDFToWORDEN.aspx
  8. Lalu setelah itu posting file word yang tadi ke web tersebut dan lakukan penyimpan file PDF nya.

Itu dia teman-teman 4 cara untuk menghilangkan watermark di PDF. Anda juga bisa menggunakan cara yang mana saja, dari cara yang paling mudah sampai yang agak ribet. Walaupun Anda menggunakan cara yang berbeda watermark dalam file PDF bisa hilang, maka dari itu Anda cukup mengikuti salah satu cara di atas dengan benar. 

Demikinlah pembahasan kali ini mengenai beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan atau menghapus watermark pada file PDF, tentu saja cara di atas bisa Anda gunakan sesuai dnegan kebutuhan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!