Cara Mengedit File PDF dengan Mudah Secara Online Maupun Offline

Cara Edit File PDF dengan Mudah Secara Online Maupun Offline – PDF adalah salah satu format file yang paling susah untuk diedit. Hal tersebut mungkin berkaitan erat dengan adanya keamanan dari isi dokumen, sebab isi dari file PDF biasanya akan berupa data penting yang memiliki hak cipta. Jadi mungkin saja developer PDF sengaja mempersulit cara edit PDF tersebut agar demi menjaga hak cipta seseorang ataupun perusahaan, supaya file tersebut tidak akan disalahgunakan dan diedit menjadi dokumen yang memiliki tujuan buruk.

Saya juga berpikir bahawa mengetahui bagaimana cara untuk mengedit file PDF merupakan hal yang wajib diketahui oleh setiap orang. Sebab saat ini banyak juga kepentingan yang mengharuskan kita mengedit isi PDF, misalnya saja seperti mengedit lamaran pekerjaan.

Nah bagi kalian yang merasa belum mengetahui terkait hal ini, maka silakan kalian pilih cara yang paling mudah karena saya akan memberikan beberapa opsi di bawah ini.

Inilah Cara Edit File PDF Secara Offline Dan Online

Cara Edit File PDF Secara Offline

Dengan menggunakan cara offline ini, maka kalian tidak akan memerlukan koneksi internet sama sekali. Kecuali apabila kalian memang belum mempunyai software yang akan digunakan, maka kalian perlu untuk mengunduh terlebih dahulu.

RajaBackLink.com

Sebenarnya ada cara yang paling mudah, yaitu dengan menggunakan Adobe Acrobat Pro. Namun sangat disayangkan, aplikasi tersebut tidaklah gratis atau bisa dikatakan berbayar. Jadi saya hanya akan membagikan cara yang bisa digunakan secara gratis saja.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kalian gunakan untuk mengedit file PDF secara offline :

Microsoft Word (Perangkat Komputer)

Mungkin tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa Microsoft Word hanya bisa digunakan untuk membuat dan mengedit file .docx saja. Hal tersebut bisa dikatakan benar dan juga bisa dikatakan salah, sebab untuk Ms Word 2010 ke bawah, memang belum tersedia fitur untuk mengedit file PDF.

“Lalu, Microsoft Word versi berapa saja yang bisa digunakan?” Sepengetahuan saya dan juga berdasarkan pengalaman pribadi, versi yang bisa digunakan untuk mengedit file PDF adalah Ms Word 2013 ke atas.

Jika kalian sudah menggunakan versi tersebut, maka silakan langsung saja ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Langkah pertama adalah silakan kalian buka aplikasi Microsoft Word masing-masing.
  2. Lalu etelah itu, klik Open untuk dapat membuka file dan cari file PDF yang ingin kalian edit.
  3. Setelah file berhasil dibuka, maka kalian hanya perlu menunggu beberapa saat karena akan terjadi proses convert dari file PDF ke Word.
  4. Untuk lamanya proses akan tergantung dari ukuran file PDF kalian, semakin besar file maka akan semakin lama pula proses tersebut.
  5. Jika sudah berhasil terbuka, klik Enable Editing untuk mengedit file tersebut.
  6. Selanjutnya apabila proses pengeditan sudah berhasil selesai, maka kalian hanya perlu untuk menyimpannya saja. Caranya klik File > Save As > pada Save as type silahkan pilih PDF > Save.

Xodo PDF Reader & Editor (Perangkat Android)

Xodo PDF Reader & Editor adalah sebuah aplikasi yang tersedia di perangkat android dan bisa kalian gunakan untuk mengedit file PDF.

Di Google PlaySotre, aplikasi ini juga mendapatkan rating dan ulasan yang sangat positif. Hal ini dikarenakan selain gratis, fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini juga terbilanhg sangat menarik dan banyak pengguna yang merasa terbantu.

Untuk kalian yang ingin menggunakan aplikasi ini, maka berikut adalah caranya :

  1. Langkah pertama adalah silakan kalian unduh dan install aplikasi ini di Google Playstore 
  2. Lalu setelah berhasil didownload, maka kalian bisa langsung buka saja aplikasi tersebut.
  3. Kemudian buka file PDF yang ingin diedit dan lakukan editing sesuai dengan kebutuhan.
  4. Setelah selesai, maka kalian hanya perlu untuk menyimpan file yang sudah diedit tersebut.

Saat kalian ingin menyimpan file PDF, nanti akan ada beberaapa pilihan ingin menyimpan di penyimpanan lokal (di ponsel) ataupun di cloud storage (Google Drive, Dropbox, Onedrive). Kalian bisa memilihnya sesuai kebutuhan.

Cara Mengedit File PDF Secara Online

Dengan menggunakan cara online, maka kalian bisa menggunakan perangkat ponsel ataupun PC, yang terpenting nharus terkoneksi dengan jaringan internet. 

Situs edit file PDF online juga tidak selalu gratis, ada juga yang berbayar. Jadi di bawah ini sudah saya pilihkan situs yang bisa kalian gunakan secara gratis :

Situs Sejda com

Sejda com adalah sebuah situs yang berfokus pada hal yang berkaitan erat dengan file PDF, seperti misalnya compress PDF, convert PDF, hingga edit PDF. Aplikasi ini memang memiliki segudang fungsi yang pastinya bermanfaat, apalagi situs ini juga bisa digunakan secara gratis.

Berikut adalah cara untuk mengedit file PDF dengan situs Sejda com :

  1. Langkah pertama adalah silakan kalian kunjungi halaman website resminya pada bagian PDF Editor
  2. Lalu setelah itu, klik Unggah File PDF dan cari file yang ingin kalian edit.
  3. Kemudian tunggu proses membuka file PDF, setelah berhasil terbuka silakan kalian lakukan editing sesuai dengan kebutuhan kalian.
  4. Jika sudah, maka klik Aplikasikan Perubahan.
  5. Langkah terakhir, silakan kalian simpan file tersebut ke perangkat komputer kalian dengan cara klik Unduh.

Setelah kalian sudah selesai mengedit file PDF, maka saya sarankan untuk segera mengunduh file tersebut sebab dalam waktu 2 jam, file akan secara otomatis terhapus dari penyimpanan situs Sejda com. Kalian juga bisa mengedit file PDF dengan jumlah halaman hingga 200 halaman dengan ukuran hingga 50MB, selain itu kalian juga akan mendapatkan jatah edit file PDF 3 kali dalam satu jam.

Situs PDF2GO com

Ini adalah cara terakhir yang bisa kalian gunakan untuk mengedit file PDF secara online. Cara penggunaan pada situs PDF2GO hampir mirip dengan situs Sejda com, yang membedakan mungkin hanya bagian interface saja.

Untuk cara menggunakannya juga terbilang sangat mudah, berikut langkah-langkahnya :

  1. Langkah pertama adalah silakan kalian kunjungi situs resminya terlebih dahulu.
  2. Lalu setelah itu, klik Pilih File dan cari file PDF yang ingin kalian edit.
  3. Setelah kalian memilih file tersebut, maka silakan kalian dapat menunggu beberapa saat sampai file benar-benar berhasil terbuka.
  4. Apabila sudah berhasil terbuka, silakan lakukan editing sesuai dengan kebutuhan kalian.
  5. Langkah terakhir, silakan kalian Save dan download file tersebut.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kalian gunakan untuk mengedit file PDF baik dengan cara online maupun offline. Sebenarnya masih banyak sekali aplikasi ataupun website yang bisa digunakan, akan tetapi sebagian besar memang berbayar. Jadi kebutuhan untuk edit file PDF itu memang akan semakin meningkat, terbukti dengan semakin banyaknya tools yang bermunculan. Bahkan saya rasa tools yang saat ini dapat digunakan secara gratis pun suatu saat akan memberikan tarif pada apa yang mereka tawarkan. 

Mungkin hanya sampai di sini saja ulasan yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat dan selamat mencoba!