Cara Mengubah Tampilan Windows Menarik

Secara umum, Windows memiliki tampilan interface yang menarik. Namun, kalian bisa mengubah tampilan tersebut biar lebih menarik lagi. Didalam Windows ini, ada beberapa fitur yang memang dibuat untuk merubah tampilan Windows sesuai keinginan kita. Dengan menggunakan fitur tersebut, maka kita bisa membuat Windows yang digunakan semakin cantik.

Selain itu, ada juga cara lain untuk mengubah tampilan Windows lebih menarik, yaitu dengan cara mengubah tema atau skin pack. Dalam artikel ini, akan saya berikan cara mengubah tampilan Windows 7 menjadi seperti Windows 10.

A. Cara Mengubah Tampilan Windows Menarik

Bagi Kamu yang tertarik untuk mengubah tampilan Windows menjadi lebih menarik, silahkan kalian baca artikel ini sampai selesai. Silahkan pilih cara yang menurut Kamu bisa menjadikan Windows Anda tampil beda.

1. Mengubah Cursor Mouse

Cursor adalah sebuah penunjuk yang ada pada layar monitor yang digerakkan oleh menggunakan mouse. Jadi, saat mouse pada laptop Kamu digerakkan, maka kursor itu akan mengikuti ke mana mouse kita gerakkin.

Dikarenakan mouse sering terlihat, tidak ada salahnya jika kita mengubah tampilan cursor agar lebih menarik. Kita memilih cursor bawaan dari  Windows atau download dari internet.

Cara mengubah mouse cursor dalam Windows, ikuti langkah dibawah ini :

  1. Pertama, klik kanan pada desktop atau layar utama Windows lalu pilih Personalize.
  2. Setelah itu, Kamu akan masuk ke pengaturan tampilan Windows dan menemukan beberapa menu, klik Themes seperti pada gambar di bawah ini.
  3. Setelah klik themes, Kamu akan melihat beberapa pengaturan seperti background, colour, sounds, dan mouse cursor. Kalian klik Mouse cursor.
  4. Selanjutnya, akan terbuka jendela kecil Mouse Properties. pindah ke tab Pointers. lalu klik Scheme dan pilih cursor yang Kamu inginkan.
  5. Selesai dan liat tampilan windows tang sudah berbeda.

Selain menggunakan cursor bawaan dari Windows, juga bisa menambahkan cursor yang didownload. Jadi kalian download dulu tipe cursornya di Google, setelah itu klik Browse dan cari cursor yang Kamu download tadi.

2. Mengubah Tema Windows

Tema ialah sebuah fitur bawaan dari Windows yang digunakan untuk memperindah tampilan. Dengan mengubah tema, keseluruhan tampilan Windows akan berubah menyesuaikan dengan tema. Disini kalian bisa memilih tema yang udah disediakan ataupun mendownload tema lainnya yang tersedia di Microsoft Store ataupun Google.

Berikut ini kami akan memberitahukan cara mengubah tema di Windows 10 dan Windows 7 :

a. Windows 10

Pada Windows 10 ini Anda lebih mudah menemukan tema yang menarik karena di Microsoft Store telah tersedia banyak tema yang bisa Anda pilih.

Berikut cara mengubah tema Windows 10 :

  1. Pertama, klik kanan pada layar utama Windows, pilih Personalize.
  2. Setelah itu, klik Themes. Tema ini sudah tersedia dan kalin bisa menggunakannya sesuai selera. Jika tema nya kurang cocok, Kamu bisa download di Microsoft Store, dengan klik Get More Themes in Microsoft Store.
  3. Setelah Microsoft Store terbuka, cari tema Windows 10 yang Kalian inginkan. Kamu bisa memilih tema banyak sekaligus untuk didownload ke penyimpanan laptop Kamu agar suatu saat jika Kamu mau ganti tema tinggal mencari aja, tidak perlu repot mendownload lagi.
  4. Untuk mendownloadnya, klik salah satu tema yang Kamu inginkan. Jika sudah masuk halaman download, klik Get untuk memulai unduhan dan tunggu proses sampai selesai.
  5. Selanjutnya, Kamu tinggal aktifkan tema yang sudah kamu download.

Untuk cara mengubah tema di Windows 8 hampir sama dengan Windows 10, jadi tinggal ikuti sesuai petunjuk diatas. Selain menggunakan tampilan tema default, Kamu juga bisa mengubah sesuai dengan keinginan Kalian dengan mengubah desktop background, windows color, bahkan mouse cursor sekalipun.

b. Windows 7

Pada Windows 7 ini tidak ada Microsoft Store. Jadi, ketika ingin menggunakan tema lain, Kamu wajib mendownloadnya di Google.

Berikut cara mengubah tema Windows 7:

  1. Pertama, kalian klik kanan pada layar utama Windows lalu pilih Personalize.
  2. Setelah itu, akan terlihat beberapa tema bawaan dari Windows 7 seperti Windows 7 Default, Architecture, Characters, dan lainnya. Silahkan pilih tema yang Kamu inginkan.
  3. Lalu Jika ingin download tema yang lain, silahkan Kalian download manual di Google atau bisa mencari di Windows 7 Themes.
  4. Jika sudah Kamu download tema nya, jika file nya dalam bentuk zip silahkan kalian ekstrak terlebih dahulu. Jika sudah, silahkan salin file tema tersebut ke C:/Windows/Resources/Themes.
  5. Terakhir, silahkan Kamu ubah tema Windows 7 yang baru Kamu download dengan klik kanan pada layar utama Windows lalu pilih Personalize. Silahkan pilih tema yang Kamu download tadi sesuai selera.
  6. Selesai.

3. Merubah Warna Start dan Taskbar Windows

Taskbar Windows dan Start ialah 2 elemen yang sering dijumpai ketika kita menggunakan laptop. Berikut ini kami akan memberitahukan cara mengubah warna taksbar di Windows 10 dan Windows 7 :

a. Windows 10

  1. Pertama, klik kanan pada layar utama Windows lalu pilih Personalize.
  2. Setelah itu, klik Colors. Kamu akan disediakan banyak sekali warna yang tersedia, silahkan pilih warna yang Kamu inginkan untuk digunakan pada start dan taskbar windows.
  3. Selesai, Kamu akan melihat warna taskbar dan start di Windows 10 Kamu telah berubah.

Selain warna yang sudah disediakan, Kamu juga bisa menambahkan warna sendiri dengan kode hexa. Bagi yang belum tau kode hexa silahkan kalian cari di Google. Setelah itu, Kamu masuk pada pengaturan seperti di atas, scroll ke bawah dan klik Custom Color, lalu masukkan kode warna tadi.

b. Windows 7

  1. Pertama, klik kanan pada layar utama Windows lalu pilih Personalize.
  2. Setelah itu, akan terlihat beberapa menu seperti desktop background, window color, sounds, dan screen saver. Silahkan klik Window Color dan pilih warna yang ingin Kamu gunakan.
  3. Selesai, warna Windows Kamu sudah berubah.

Dalam Windows 7 ini Kamu tidak dapat menambahkan warna selain yang disediakan seperti di Windows 10. Kamu hanya bisa menggunakan warna yang disediakan oleh Microsoft.

4. Cara Mengubah Windows 7 ke Windows 10

Untuk kalian yang baru mengunduh Windows 7, mungkin Kamu akan terpesona ketika melihat tampilan Windows 10. Tapi tenang saja, Kamu bisa kok mengubah tampilan Windows 7 menjadi seperti Windows 10. Jadi Kamu tidak perlu melakukan install ulang. Yang paling banyak digunakan dalam langkah ini adalah skin pack. Jadi, didalam Windows 7 itu punya berbagai ragam macam skin pack yang bisa digunakan sama Kamu, salah satunya dengan tampilan Windows 10 ini.

Untuk merubah dari Windows 7 ke Windows 10, caranya mudah sangat, berikut ini caranya :

  1. Pertama, silahkan download dahulu skin pack Windows 10 Transformation.
  2. Sehabis didownload, silahkan buka skin tersebut.
  3. Setelah itu silahkan lakukan instalasi dengan mengikuti petunjuk yang sudah diberikan, tinggal Next terus Install saja.
  4. Selesai.

Nah, setelah itu Kamu akan melihat tampilan Windows 7 Anda berubah menjadi seperti Windows 10.

Demikianlah pembahasan dari saya mengenai Cara Mengubah Tampilan Windows Menarik. Semoga dengan adanya artikel ini dapat mambantu kalian dan dapat bermanfaat. Selamat mencoba, Terimakasih.