Situs Download Film Subtitle Indonesia

Ada kabar gembira nih buat kalian yang suka nonton film khususnya film-film yang berbahasa asing contohnya saja film drama korea. Hal pertama yang dilakukan kalian cari adalah pasti subtitle bahasa Indonesia dari film-film itu. Apalagi jika kalian hanya menguasai bahasa Indonesia saja, tentu tidak menyenangkan dan seru karena maksud dari percakapan para pemain di dalam film tidak dipahami oeh kalian.

Tapi tenang saja, di zaman milenial sekarang ini sudah banyak pilihan situs download subtitle berbahasa Indonesia di Internet yang tersedia. Jadi setelah mendownload film asing itu dan film tersebut tidak lengkap dengan subtitle Indonesia, maka kalian bisa mendownload sendiri subtitle nya dari situs-situs subtitle tersebut.

Nah, apa saja sih situs download subtitle Indonesia gratis dan terlengkap? Kami akan memberikan recomend untuk situs download film subtitle Indonesia mari di simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

A. Daftar Situs Download Subtitle Indonesia Gratis dan Terlengkap

Perlu kalian ketahui bahwa situs-situs download subtitle di bawah ini tidak hanya menyediakan file .srt untuk subtitle bahasa Indonesia saja loh. Namun, bagi kalian yang sedang belajar bahasa Inggris dengan cara menonton film berbahasa Inggris, situs-situs ini juga menyediakan subtitle berbahasa Inggris. Bahkan tidak hanya itu, di situs-situs subtitle ini kalian juga bisa mengunduh subtitle film dengan berbagai bahasa lain.

Berikut ini daftar subtitle indonesia yang kami rekomendasikan :

1. Subscene

Situs pertama kali yang kami rekomendasikan adalah Subscene yang tentunya sudah tidak asing lagi bagi para penggemar film-film luar negeri adalah Subscene. Pasalnya, situs ini adalah merupakan salah satu situs tempat download subtitle gratis berbagai bahasa termasuk Bahasa Indonesia dengan koleksi subtitle yang lengkap dan gratis. Selain itu yang membuat situs ini cukup banyak digemari adalah karena cara download subtitle di Subscene ini sangatlah mudah. Jika kalian butuh subtitle Indonesia untuk film hollywood, bollywood ataupun drama Korea (Drakor), maka kalian tinggal akses situs Subscene kemudian ketik judul film di kolom pencarian subtitle dan file .srt dari film-film tersebut pun sudah bisa dapat diunduh. Jadi, bagi kalian yang mau menggunakan situs Subscene ini jangan lupa ya aktifkan vpn terlebih dahulu ya.

2. SubtitlesDL

Selanjutnya jika kalian tidak menemukan subtitle berbahasa Indonesia di Subscene, solusi terbaik yang bisa kalian coba adalah mencari subtitle Bahasa Indonesia di situs SubtitlesDL. SubtitlesDL ini tidak kalah jauh berbeda ddengan Subscene, situs ini juga mempunyai koleksi subtitle yang cukup lengkap. SubtitlesDL mempunyai antarmuka yang lebih sederhana sehingga kalian bisa dengan mudah mencari daftar film yang akan kalian cari subtitle nya. Selain itu, situs ini juga menyajikan berbagai informasi penting seperti siapa penulisnya, siapa directornya, kapan dirilis, genre hingga durasi masing-masing film.

3. Opensubtitles

Opensubtitle ini terkenal sebagai penyedia subtitle dengan database film yang sangat lengkap. Bahkan kalau kalian suka menonton film-film yang baru dirilis, maka subtitle ini biasanya langsung tersedia di situs ini. Dari segi fitur Opensubtitle juga tidak terlalu menyulitkan user sangatlah mudah digunakan. Selain itu, caranya tinggal mengetikkan judul film di kolom pencarian subtitle, di kolom pencarian tersedia juga fitur filter agar lebih mudah mencari subtitle berdasarkan bahasa. Kelebihan dari situs download subtitle Bahasa Indonesia ini adalah adanya forum khusus yang bisa kallian jadikan tempat berbagi informasi seputar film-film terbaru.

4. Subtitle Seeker

Subtitle Seeker ini adalah situs yang menyediakan subtitle Indonesia dalam film dan serial TV bahasa Inggris sehingga bisa menjadi alternatif selanjutnya bagi kalian para penyuka film asing. Meskipun tampilan situsnya sangat sederhana, tetapi di sini juga tersedia subtitle Indonesia dari berbagai judul film dan serial TV favorit yang bisa kalian unduh secara gratis. Sebelum mendownload subtitle ini, Subtitle Seeker juga memungkin Anda untuk membaca deskripsi dari masing-masing judul film terlebih dahulu.

5. iSubtitles

Situs download subtitle yang sering kami temukan untuk tempat berburu subtitle Indonesia  adalah iSubtitles. Sangat rekomendasi sekali karena situs ini merupakan salah satu alternatif yang terbaik karena memiliki koleksi subtitle film-film terbaru. Meskipun dari segi tampilan situsnya mungkin terlihat kurang menarik, tetapi iSubtitles juga menyajikan beberapa informasi detail dari film-film yang tersedia seperti tanggal rilis film, skor IMDB, jumlah subtitle yang tersedia, hingga negara asal film.

6. Podnapisi

Podnapisi adalah salah satu yang kami rekomendasikan situs download subtitle terbaik. Setelah masuk atau membuka situsnya, kalian pasti puas karena selain tersusun rapi webnya juga bersih, koleksi subtitle yang disediakan juga cukup lengkap. User Interface web ini juga cukup mudah untuk digunakan dengan beberapa menu di bagian atas. Untuk lebih memudahkan pengguna dalam mencari subtitle, Podnapisi menyediakan fitur pencarian subtitle berdasarkan genre, episode, dan tahun pembuatan film.

7. Island Fansubs

Drama Korea atau yang disebutnya drakor saat ini menjadi salah satu jenis film yang digemari oleh banyak kaum anak muda di Indonesia. Jika kalian salah satunya, Island Fansubs bisa jadi situs download subtitle Indonesia di mana kalian bisa mendapatkan subtitle bahasa Indonesia dari film-film drakor dan serial Asia kesayangan kalian. Situs ini menyajikan subtitle dari beragam judul film drama korea populer mulai dari yang lama hingga drama-drama korea terbaru.

8. Subdl

Selanjutnya adalah rekomendasi situs tempat mencari subtitle Indonesia adalah Subdl. Situs ini merupakan salah satu yang terbaik dari yang lainnya jika anda belum menemukan subtitle yang sesuai pada situs-situs sebelumnya. Subdl mempunyai koleksi subtitle yang cukup banyak mulai dari subtitle Bahasa Indonesia hingga Bahasa Inggris. Meskipun belum bisa dikatakan lengkap, akan tetapi situs ini mempunyai kelebihan karena menyediakan subtitle film-film terbaru.

9. Bollynook

Selain film Drama Korea, hingga saat ini terkenal dengan film India atau yang disebutnya dengan sebutan film Bollywood juga masih digemari penikmat film di tanah air khususnya di kalangan ibu-ibu. Nah cara untuk mendapatkan subtitle Indonesia dari film-film India kesukaannya, kalian bisa mengakses situs download subtitle Indonesia untuk khusus film India yaitu namanya Bollynook. Situs ini menyediakan subtitle Indonesia dari barbagai judul film India mulai dari yang lama hingga film-film India baru dirilis. Selain mengunduh subtitle, kalau kalian memiliki bakat membuat subtitle maka Anda juga bisa mengupload subtitle karya kalian sendiri di situs ini.

10. Elsubtitle

Elsubtitle adalah sebuah web mesin pencari khusus subtitle film. Meskipun tidak selengkap subtitle milik situs-situs sebelumnya, Elsubtitle bisa kalian jadikan salah satu alternatif tempat untuk download subtitle Indonesia terbaik. Kelebihan dari Elsubtitle ini adalah bisa mencari subtitle film-film terfavorit, di situs ini juga bisa mengunggah subtitle buatan sendiri. Dari segi tampilan situs ini agak sedikit membingungkan. Selain itu, di halaman depan situs Elsubtitle ini banyak sekali iklan yang bagi kami cukup mengganggu.

11. Subs4free

Subs4free dari dulu populer di kalangan para pencinta film berbahasa asing. Jadi tidak heran lagi karena di subs4free banyak sekali stok subtitle yang bisa Anda download secara gratis. Yang menarik dari situs ini adalah Anda bisa membaca review dari masing-masing film yang akan Anda download subtitle nya.

12. Moviesubtitles

Situs yang satu ini menyediakan beragam subtitle film dengan fitur pencarian yang cukup unik dan berbeda. Selain bisa menuliskan judul film di kolom pencarian subtitle, Anda juga bisa mencari subtitle dengan cara mengetik huruf pertama dari judul film. Tampilan dari situs Moviesubtitles ini cukup sederhana dan aksesnya sangat cepat. Selain subtitle, situs ini juga menyediakan fitur pencarian daftar film, paket codec, dan pemutar film.

13. SubTitles & DivX World

Tidak hanya untuk mengunduh subtitle, di situs ini Anda juga bisa mendaftar dan login akun sehingga mendapatkan akses untuk buat permintaan agar dibuatkan subtitle bahasa asing tertentu. Selain itu juga, pengguna dimungkinkan untuk berbagi daftar film yang sudah mereka tonton dengan pengguna yang lain. Mengenai koleksi atau database subtitle situs ini juga tidak kalah keren dari situs-situs download subtitle lain karena punya koleksi subtitle yang cukup lengkap baik subtitle film hingga subtitle serial TV.

14. Subtitles.hr

Subtitles.hr adalah rekomendasi situs download subtitle Indonesia terbaik di tahun ini. Dengan tampilan situs yang rapi, interaktif dan atraktif, Anda pastinya dapat dengan mudah mencari subtitle film-film favorit Anda di sini. Di halaman depan situs web Anda akan langsung disediakan deretan angka dan huruf yang dapat diklik yang akan membawa Anda ke halaman download subtitle film. Daftar subtitle yang muncul hanya huruf awal judulnya saja akan sesuai dengan huruf yang tadi Anda klik. Selain itu, untuk memudahkan pencarian subtitle berdasarkan bahasa tertentu, misalnya Indonesia, situs Substitles.hr juga dilengkapi dengan fitur filter bahasa yang berada di sebelah kolom pencarian subtitle. 

B. Tips Menyatukan Subtitle dan Film Agar Beriringan

Tidak heran lagi jika setelah mendownload subtitle film, ternyata saat diputar filmnya file subtitle tidak terbaca oleh pemutar video. Selain itu, tidak heran juga waktu munculnya subtitle tidak berbarengan dengan durasi film sehingga terkesan buruk. Nah untuk mengatasi hal tesebut, di bawah ini ada beberapa tips agar file subtitle yang sudah Anda download di atas dapat terbaca dan berbarengan dengan durasi filmnya.

a. Tips menggabung film dan subtitle dengan langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Langkah pertama yaitu sebelum Andaa mengunduh subtitle pastikan terlebih dahulu versi cocok dengan versi film yang sudah Anda download. Contohnya saja jika Anda mempunyai film dalam versi BluRay, maka pastikan subtitle yang Anda download adalah versi BluRay juga.
  2. Selanjutnya, ekstrak file subtitle dan menyatukan file .srt nya bersama file film dalam satu folder.
  3. Terakhir, pemutar video biasanya akan lebih mudah mendeteksi file subtitle jika nama file subtitle sama dengan nama file filmnya. Oleh karena itu, jangan lupa untuk merename file subtitle menggunakan nama yang sama persis dengan nama file film.

Demikianlah pembahasan dari saya mengenai situs download film subtitle Indonesia. Semoga dengan adanya artikel ini dapat mambantu kalian dan dapat bermanfaat menjadi tambahan referensi untuk menemukan situs download subtitle terbaik. Selamat mencoba, Terimakasih.