3 Cara Memperbesar Ukuran PDF, Mudah dan Cepat!

Inilah 3 Cara yang biasa digunakan untuk Memperbesar Ukuran PDF, Mudah dan Cepat – Ukuran resolusi file PDF sangat berpengaruh pada kualitas tulisan dan gambar di dalamnya. Agar dokumen terbaca dengan jelas saat di-print, resolusi PDF harus tinggi, kalau file PDF yang ukuran resolusinya kecil pasti akan pecah dan buram bahkan saat dibaca di layar monitor laptop atau hp. Masalahnya, file PDF yang kita dapatkan dari internet atau sumber lain terkadang memiliki resolusi yang kecil, sehingga terlihat pecah dan buram saat dibaca. Untuk itulah kita harus memperbesar dulu ukuran resolusinya. Untungnya saat ini ada beberapa cara mudah yang bisa kita gunakan untuk memperbesar ukuran PDF.

PDF

Sebelum masuk ke dalam pembahasan mengenai langkah dan cara untuk menambah ukuran PDF. Kamu perlu tahu apa itu file PDF? Apa yang membedakannya dengan format dokumen yang lainnya?

Portable Document Format (PDF) adalah format file yang dikembangkan oleh Adobe pada 1990-an untuk menyajikan dokumen, termasuk format teks, dan gambar dengan cara yang nggak tergantung pada perangkat lunak aplikasi, perangkat keras, dan sistem operasi tertentu.

Berdasarkan bahasa PostScript, setiap file PDF merangkum deskripsi lengkap dari dokumen termasuk tata letak tetap, teks, font, grafik vektor, gambar , dan informasi lain yang diperlukan untuk menampilkannya.

Bahkan tipe format file PDF itu sudah distandarisasi sebagai ISO 32000 pada 2008 dan pihak Adobe nggak lagi memerlukan royalti untuk penerapannya.

Spesifikasi PDF juga menyediakan enkripsi dan tanda tangan digital, lampiran file, dan metadata untuk mendukung kebutuhan kerja dari pengguna yang memperlukan fitur ini.

Bahkan kamu juga bisa mengubah format PDF ke beberapa format file lain. 

BACA JUGA:  Cara Reset HP Xiaomi Dengan Mudah

Memperbesar Ukuran PDF

Berikut adalah ulasan mengenai memperbesar ukuran PDF :

Dengan PDFResizer.com

Layanan ini merupakan salah satu layanan yang bisa digunakan untuk mengubah ukuran PDF menjadi lebih besar atau lebih kecil. Pada dasarnya, terdapat tiga setelan utama, yakni 72dpi, 150ddpi, dan 300+dpi.

  1. Akses pdfresizer.com untuk langkah pertamanya.
  2. Temukan tombol berwarna hijau yang bertuliskan + tambah file. Klik tombol tersebut,dan pilih PDF yang akan diperbesar ukurannya.
  3. Anda bisa memilihnya dari berbagai sumber, mulai dari perangkat yang Anda gunakan atau layanan cloudstore yang Anda miliki.
  4. Setelah diunggah, pilih ukuran yang diinginkan.
  5. Setelah selesai, klik Unduh File, dan secara langsung file PDF tersebut akan terunduh pada ukuran yang sudah diperbesar sesuai dengan pengaturan tadi.

Layanan Pdfcandy.com

Sebenarnya cara yang digunakan mirip dengan cara memperbesar ukuran PDF di poin pertama tadi. Hanya saja layanan yang digunakan berbeda.

  1. Akses pdfcandy.com di browser yang Anda gunakan.
  2. Klik Add File dan pilih file PDF yang ingin diperbesar ukurannya.
  3. Setelah selesai klik Open dan tunggu proses upload yang singkat.
  4. Tentukan ukuran file yang diinginkan.
  5. Klik Resize setelah memastikan ukuran file sudah benar.
  6. Tunggu sejenak proses pengunduhan, dan file PDF bisa digunakan.

Menggunakan Adobe Photoshop

Cara pertama ini menggunakan perangkat lunak atau software dari Photoshop, geng. Jadi bukan hanya berguna untuk mengedit foto, memberi efek, hingga mengubah ulang ukuran gambar dan foto.

Photoshop bisa digunakan untuk menambah dan mengurangi ukuran file dari PDF loh. Caranya pun mirip seperti mengubah ukuran pada file dengan format JPG atau JPEG yakni dengan merubah resolusinya.

Selain itu pada pilihan format penyimpanannya, terdapat juga format penyimpanan dalam bentuk PDF sehingga kamu nggak perlu repot lagi untuk mengubah, langsung otomatis.

BACA JUGA:  Cara Flash HP Oppo Joy R1001

Agar makin nggak penasaran, berikut ini adalah cara dan langkah untuk menambah ukuran file PDF lewat aplikasi Photoshop. Simak baik-baik, ya.

  1. Buka Adobe Photoshop.
  2. Pilih file PDF yang akan diperbesar ukurannya.
  3. Isi angka ukuran di kolom resolusi, lalu klik tombol OK.
  4. Kalau sudah benar, pilih menu File > Save As.

Akhir Kata

Nah, itu tadi sejumlah cara yang bisa kamu gunakan untuk memperbesar ukuran PDF. Kamu bisa pilih lewat aplikasi Photoshop atau secara online. Semoga bermanfaat.