5 Rekomendasi Usaha Sampingan, Cuma Modal Ponsel dan Kuota Internet

5 Rekomendasi Usaha Sampingan Modal Ponsel dan Internet – Meski sudah memiliki pekerjaan tetap, masih banyak orang yang mencari pekerjaan sampingan. Maklum saja jika hanya mengandalkan gaji setiap bulan, ada kalanya kebutuhan masih jauh lebih banyak dari yang didapat.

Seiring bertambahnya usia, tanggung jawab pun juga ikut bertambah. Belum lagi kalau udah menikah. Kebutuhan yang sebelumnya gak pernah jadi tanggung jawab kini jadi tanggungan sepenuhnya.

Apabila direnungkan kembali, ada fakta menarik dari karyawan kantoran bahwa mereka mungkin memiliki gaji kecil, tetapi nyatanya banyak dari mereka yang memiliki waktu luang yang besar. Sayangnya, sebagian besar dari mereka tidak memanfaatkan waktu luang tersebut dengan optimal dan mengubahnya menjadi uang.

Sebenarnya, dari waktu luang tersebut ada banyak kesempatan untuk menjalankan usaha sampingan yang bisa dijadikan sebagai penghasilan tambahan atau mungkin bisa menjadi rencana keuangan jangka panjang. Akan tetapi, tidak sedikit orang yang menjadikan waktu kerja mereka sebagai alasan tidak bisa menjalankan usaha sampingan tersebut.

Dengan memanfaatkan smartphone, berikut 5 Rekomendasi Usaha Sampingan, Cuma Modal Ponsel dan Kuota Internet :

1. Reseller atau Dropshiper Online

Buat kamu yang punya skill marketing yang tinggi tapi enggan berwirausaha karena nggak mau ribet atau nggak punya modal, bisa banget mencoba model bisnis dropshipper.

Sekilas dropshipper mirip dengan reseller yang menjual barang dari supplier ke pembeli. Bedanya bisnis dropship jauh lebih praktis dan fleksibel daripada reseller. Jika reseller mengharuskan membeli sejumlah barang dengan harga lebih murah, dropshipper tidaklah demikian.

Bisnis ini hampir tanpa modal karena kamu tak perlu menyetok barang dagangan, tak perlu menyewa gudang, tak usah juga membuat packaging, maupun menghitung ongkos kirim. Hanya mencari pembeli saja, lalu semua proses pengemasan hingga barang tiba di konsumen diurus oleh supplier. Dan semua bisa dilakukan hanya dengan ponsel dan koneksi internetmu.

Salah satu aplikasi kerja online yang menyediakan jasa dagang dropshipper adalah Tokopedia. Kamu bisa unduh aplikasinya dan mendaftar gratis.

2. Bumbu Siap Pakai

Pandemi virus Corona (COVID-19) membuat banyak orang lebih memilih masak di rumah ketimbang beli makanan jadi dari luar. Aktivitas belanja ke pasar tradisional juga berkurang karena kekhawatiran masyarakat akan penyebaran virus Corona (COVID-19). Hal itu pun dijadikan sebagai peluang berbisnis.

Peluang usaha bumbu dapur ini dinilai cukup bagus dan memiliki prospek yang cukup cerah. Usaha bumbu dapur yang satu ini menjadi pilihan karena cabai merupakan bahan terpenting yang wajib ada pada makanan. Banyaknya permintaan masyarakat akan bahan dapur yang satu ini menjadikan peluangnya cukup luas.

Dalam memasarkan bumbu masakan ini bisa dengan cara menitipkan pada toko – toko yang ada disekitar kita, dengan konsumen rumahan yang bisa dijangkau. Untuk konsumen industri bisa bekerjasama dengan para pengusaha kuliner seperti pada catering, restaurant, dan pengusaha camilan yang menggunakan bumbu perasa untuk produk yang dijalankannya. Untuk promosi lainnya untuk menjangkau konsumen lebih luas lagi maka perlu dengan cara memasang iklan di media elektronik, media cetak atau pun media sosial supaya target pasar menjadi lebih luas lagi.

3. Jasa Desain Grafis

Usaha sampingan ini cocok bagi karyawan yang bekerja di perusahaan desain grafis. Di sela-sela pekerjaan utama, Anda bisa menawarkan jasa ke rekanan yang anda kenal atau melalui beberapa marketplace. Jasa desain yang banyak dicari adalah kartu nama, logo, baju, maskot, poster, booth dan interior.

Beberapa markteplace penyedia jasa jual beli desain grafis ini adalah sribu.com dan projects.co.id, 99designs.com, elance.com, serta upwork.com (dulu bernama odesk.com). Bisnis ini tidak membutuhkan modal berarti, hanya cukup koneksi internet dan keterampilan yang harus anda tingkatkan selalu untuk menjaga kualitas jasa layanan Anda. Produk yang kreatif dan tepat waktu adalah kunci sukses bisnis ini.

4. Sewa Barang

Membuka usaha rental atau persewaan merupakan jenis usaha jasa yang paling mudah untuk dijalankan dan pasti menguntungkan. Peluang usaha yang cocok bagi orang pemalas dan pebisnis pemula yang belum melek dengan seluk beluk dunia wirausaha. Cara kerjanya sangat simpel. Tinggal membeli barang / peralatan lalu di sewakan pada pelanggan yang membutuhkan.

seperti kamera, mobil, perlengkapan camping, mainan anak, bahkan buku.

Resiko kerusakan dan kehilangan tinggi. Untuk menyiasati hal ini, pengelola jasa biasanya mensyaratkan jaminan berupa uang atau barang. Penyewa minimal diwajibkan meninggalkan kartu identitas (KTP) sebagai jaminan. Untuk rental barang mahal malah ada yang harus menyerahkan sertifikat tanah atau BPKB kendaraan. Jika tak hati-hati, bisa raib itu barang digelapkan oleh penyewa. Kasus paling banyak terjadi pada rental mobil

5. Jasa Pembuatan Blog atau Website

Tertarik menjalankan bisnis web developer? Seorang karyawan dan pegawai kantoran pasti ingin punya usaha sampingan untuk menambah penghasilan. Menurut saya, usaha sampingan yang cocok dengan seorang pegawai sebaiknya memenuhi kriteria ini; tidak menggangu jam kerja pekerjaan utama dan tidak perlu pergi jauh untuk mendapatkan order.

Salah satu profesi yang memenuhi kriteria yang disebutkan di atas adalah menjadi seorang web developer (pembuat website). Web developer yang dimaksud di sini adalah seseorang yang punya keahlian membuat website professional, bukan hanya sekedar membuat sebuah halaman web abal-abal. Menjalankan bisnis web developer adalah sebuah sarana menarik sebagai salah satu usaha sampingan bagi karyawan.

Tawarkan harga yang sesuai dengan tingkat kesulitan dalam membuat desain. Jangan lupa untuk mempromosikan jasa pembuatan desain blog dan website melalui media sosial atau memasangnya dalam situs-situs freelancer.

Nah, sekarang Anda sudah tahu macam-macam bisnis online lewat HP tanpa modal sepeserpun, bukan?

Setelah ini, pastikan Anda segera merintis bisnis impian dengan ponsel. Pilihlah bisnis yang terbukti memberikan keuntungan yang berlipat ganda. Tetap semangat..