Cara Mengganti Bahasa di Browser Mozilla Firefox

Artikel ini membahas tentang Cara Mengganti Bahasa di Browser Mozilla Firefox. Mozilla Firefox merupakan salah satu browser yang cukup banyak digunakan. Sebelum komputer sepopuler saat ini, browser ini sudah ada. Bahkan di smartphone pun kita bisa menemuinya.

Di Firefox ini, kita mungkin biasa menemui pengaturan bahasanya masih menggunakan bahasa Inggris. Akan tetapi, sebenarnya pengaturan ini bisa kita ubah, lho. Misalnya ke bahasa Indonesia, atau pengaturan bahasa lainnya.

Tentunya, dengan mengubah bahasa di Firefox akan sangat membantu, terutama bagi mereka yang kurang memahami bahasa asing. Ketika melakukan installasi, Mozilla Firefox akan menggunakan bahasa yang sama dengan sistem operasi. Jadi misalnya jika kamu menggunakan Windows dengan bahasa English (US), maka Firefox juga akan menggunakan bahasa yang sama.  Pengaturan bahasa umumnya akan mengikuti sistem. Sebenarnya ini tidak hanya untuk Firefox sih, melainkan pada browser lainnya pun begitu. Ini bisa kita lihat sewaktu dalam proses instalasi browser dulu. Biasanya sih ada opsi pengaturan bahasanya di awal-awal. Jika sistem kita pakai bahasa Inggris, maka browser akan menggunakan bahasa Inggris juga. Jika sistem pakai bahasa Indonesia, maka browser juga demikian. 

Artikel kali ini akan memberitahu kamu bagaimana cara mengganti bahasa pada browser Firefox. Dimana kamu bisa menggantinya menjadi bahasa lain seperti bahasa Indonesia.

RajaBackLink.com

Cara Mengganti Bahasa Di Browser Mozilla Firefox

Untuk Firefox, langkah-langkah untuk mengatur bahasanya bisa dibilang sangat mudah, lho. Saking mudahnya, dari dulu saya sendiri sudah sering sekali mengubah-ubah pengaturan ini. Seperti inilah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengganti pengaturan bahasa di Mozilla Firefox: 

  1. Buka dulu browser Mozilla Firefox.
  2. Silakan ketik alamat “about:preferences” di kolom URL
  3. Lanjut geser ke bawah, cari menu Language.
  4. Kemudian buka menu Set Alternatives.
  5. Klik pada opsi Select a Language to Add.
  6. Buka lagi pengaturan Search for more languages, kemudian cari bahasa yang diinginkan.
  7. Silakan restart Firefox.
  8. Selesai.

Cara Menambahkan Pilihan Bahasa Di Firefox

Jika di firefoxmu tidak terdapat pilihan bahasa lain sehingga hanya ada satu bahasa yang menyebabkan kamu tidak bisa mengubah bahasa firefox maka kamu perlu menambahkan pilihan bahasa terlebih dahulu.

  1. Pertama, buka browser Firefox.
  2. Setelah itu silahkan klik tombol tiga garis horizontal yang ada di pojok kanan atas layar lalu klik menu Preferences / Pengaturan.
  3. Kemudian gulir ke bawah dibagian Language / Bahasa lalu klik English / Indonesia dan pilih opsi Search for more languages / Pilih bahasa lain.
  4. Setelah itu klik Select more languages to add / Pilih bahasa baru untuk ditambah kemudian cari dan pilih bahasa baru yang ingin kamu tambahkan lalu klik tombol Add / Tambah dan klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.
  5. Langkah terakhir, klik tombol Apply and Restart / Terapkan dan Muat Ulang.
  6. Selesai.

Firefox versi terbaru memiliki kinerja yang lebih stabil dibanding versi lama. Apalagi ada fitur-fitur tambahan juga yang lebih keren pastinya.

Sedikit Langkah Tambahan

Untuk langkah tambahan ini sifatnya opsional saja. Bisa diikuti, bisa juga tidak.

Langkah yang saya maksud ini adalah clear cache. Tujuannya supaya pengaturan yang kita ubah bisa diterapkan secara penuh di browser Anda.

Caranya begini:

  1. Klik tombol Ctrl + Shift + Del.
  2. Centang pada kolom Cache.
  3. Hilangkan centang pada kolom lainnya.
  4. Atur Time menjadi Everything.
  5. Klik OK.

Kemudian silakan restart lagi browser secara manual. 

Akhir Kata

Begitulah langkah-langkah untuk mengubah pengaturan bahasa di browser Mozilla Firefox. Bagaimana? Mudah sekali bukan?. Demikian artikel yang kami buat tentang Cara Mengganti Bahasa Di Browser Mozilla Firefox. semoga bermanfaat dan tetap semangat.