Aplikasi Cetak Foto Gratis di Laptop

Kemajuan teknologi membuat segala sesuatu bisa kita lakukan dengan mudah, seperti contohnya ketika kita akan mencetak foto, hanya bermodalkan kamera digital dan printer saat ini kita sudah bisa mencetak foto secara mandiri menggunakan aplikasi cetak foto secara online.

Aplikasi cetak foto merupakan software bantuan untuk memudahkan dalam mencetak foto. Dapat diaplikasikan pada PC atau laptop, sehingga bisa dilakukan secara lebih praktis dan tidak memakan banyak waktu. Selain itu, proses cetak fotonya bisa kita tentukan sendiri ukuran foto yang diinginkan. Baik pas photo 2×3, 3×3, 3×4, 4×6 dan berbagai ukuran lain dalam satu lembar kertas. Maka dari itu, aplikasi ini cukup penting untuk kita miliki. 

Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi cetak foto terbaik:

1. Adobe Photoshop Elements

Adobe Photoshop Elements berfungsi memudahkan pengguna dalam mengedit dan mencetak foto. Fitur yang tersemat pun terbilang lengkap dengan interface yang sederhana. Pengguna juga dapat memilih resolusi foto sehingga mampu menghasilkan kualitas fotonya yang terbaik. 

Adobe Photoshop Elements bisa Anda jalankan baik menggunakan Windows maupun Mac. Tetapi, harga yang ditawarkan terbilang mahal.

2. Apple iPhoto

Bagi pengguna laptop atau komputer buatan Apple, silakan coba aplikasi cetak foto bernama iPhoto. Aplikasi ini harus Anda beli terlebih dahulu di App Store karena tidak terpasang secara default.

Kelebihan iPhoto yaitu Anda dapat mengatur foto di dalam flipbooks dan menampilkan resolusi terbaik supaya hasil cetakan terlihat bagus. Disetiap fitur yang disajikan tentu akan sangat bermanfaat bagi Anda. 

3. Picasa

Aplikasi cetak foto selanjutnya yaitu Picasa. Aplikasi ini hanya digunakan pada perangkat berplatform Windows dan dapat Anda peroleh secara gratis.

Picasa juga memiliki keunggulan berupa kemudahan dalam mengoperasikannya, baik mengedit atau mengelola foto. Selain itu, hasil foto yang telah diedit dapat Anda simpan pada album pribadi dan dapat dilihat orang lain secara online.

4. PhotoScape

Sebelum bisa digunakan untuk mencetak foto, aplikasi PhotoScape dulunya hanyalah aplikasi edit foto. 

Aplikasi ini mampu mencetak foto sesuai dengan resolusi dan pilihan kertas yang hendak Anda gunakan. Disarankan untuk edit foto Anda terlebih dahulu sebelum mencetaknya untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

5. Paint.NET

Sama seperti Picasa, Paint.Net hanya dapat digunakan pada perangkat dengan sistem operasi Windows saja. Adapun fitur yang disajikan dari aplikasi ini terbilang memuaskan.

Salah satunya yaitu fitur undo tidak terbatas. Adanya fitur ini, Anda dapat mengoreksi hasil edit apabila belum sempurna atau tepat. Anda juga dapat mencetak dengan baik dengan menggunakan kertas matte atau glossy.

6. PIXLR

PIXLR merupakan solusi yang tepat, jika Anda membutuhkan aplikasi yang kompatibel dengan semua perangkat. Pasalnya, PIXLR dapat digunakan pada Windows atau Mac, dan dapat dijalankan secara online maupun offline.

Terlebih, aplikasi ini menyajikan fitur yang terbilang simpel dan praktis. 

7. Ulead PhotoImpact

Berikutnya, terdapat aplikasi cetak foto yang bernama Ulead PhotoImpact.

Aplikasi ini cocok digunakan para profesional karena memiliki fitur hal edit sebelum dicetak. Apliaksi Ulead PhotoImpact juga dapat membuat kartu ucapan yang disertai foto Anda. Nantinya, hasil foto yang dicetak akan terlihat lebih bagus dan berkualitas.

8. ArcSoft

ArcSoft digadang mampu mencetak foto dengan ukuran 2×3, 3×4, 4×6, dan 1R, 2R, 3R, 4R, 5R, 6R, 8R, hingga 8R+. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki tampilan antarmuka yang terbilang mudah untuk dipahami.

Langkah-langkah penggunaannya, cukup pilih foto yang hendak Anda cetak, lalu pilih layout untuk hasil cetakannya, kemudian langsung print.

9. IrfanView

Aplikasi IrfanView tidak bisa dijalankan pada perangkat Mac, karena IrfanView ini hanya dapat dijalankan pada perangkat berbasis Windows.

Aplikasi ini juga dapat Anda gunakan secara pribadi, misalnya saat hendak memanipulasi foto keluarga. Melakukan editing sederhana dapat Anda lakukan dengan bermodalkan aplikasi ini.

Satu lagi, saat hendak mencetak foto yang telah edit menggunakan IrfanView, pastikan tinta pada printer terisi cukup untuk mencetak.

10. GIMP

GIMP dikenal juga dengan GNU Image Manipulation Program. Dalam segi fungsi, aplikasi ini terbilang mirip dengan Adobe Photoshop dalam kinerja dan fiturnya.

11. PhotoELF Printing

PhotoELF Printing memang aplikasi untuk mencetak foto, sudah jelas dari namanya. 

Untuk mencetak foto, cukup pilih layout yang hendak Anda gunakan, selanjutnya masukkan foto pada layout dan cetak. Aplikasi ini juga didesain dengan sederhana dan mudah saat digunakan.

Demikianlah 11 aplikasi cetak foto terbaik yang dapat digunakan pada perangkat Windows atau Mac. Disarankan untuk mengedit foto terlebih dahulu sebelum dicetak.

Mengapa demikian? Karena proses editing dapat meningkatkan resolusi atau meminimalisir kekurangan pada foto. Pilihlah aplikasi sesuai kebutuhan Anda.