Cara Cek Resi JNE untuk Lacak Status Pengiriman Paket

Cara Cek Resi JNE untuk Lacak Status Pengiriman Paket – Banyak toko online/e-commerce besar dan kecil menggunakan jasa pengiriman JNE untuk mengantar barang yang Anda pesan. Selain jenis layanan paket Reguler (REG) anda juga bisa memilih layanan pengiriman Yakin Esok Sampai (YES).

Layanan YES adalah jenis pengiriman premium dimana pihak JNE menjanjikan paket sampai di tujuan pada keesokan harinya (maksimum sebelum tengah malam) termasuk pada hari Minggu dan libur nasional. Perlu diketahui, layanan premium ini tidak tersedia di semua kota.

Jika anda menginginkan ongkos kirim yang lebih murah, JNE juga menyediakan layanan OKE (Ongkos Kirim Ekonomis) ke berbagai kota di Indonesia.

E-commerce dan marketplace seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Mataharimall, Zalora, berrybenka, Elevenia, dan lain-lain, menyediakan pilihan JNE sebagai kurir pengiriman mereka.

JNE merupakan singkatan dari PT Jalur Nugraha Ekakurir. Perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan penyedia jasa pengiriman barang terbesar dengan jaringan terluas di Indonesia saat ini.

Ada beberapa cara untuk Cara Cek Resi JNE untuk Lacak Status Pengiriman Paket sebagai berikut :

1. Cara cek resi JNE melalui Situs Resmi

JNE mempunyai situs resmi yang beralamat di https://www.jne.co.id/, di mana kamu bisa melacak keberadaan paket kamu. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu kamu ikuti untuk melacak paket di situs resmi JNE:

  1. Buka https://www.jne.co.id/id/tracking/trace.
  2. Masukkan nomor resi (airwaybill/AWB) di kolom yang tersedia. Jika kamu ingin melacak banyak paket, kamu bisa memasukkan hingga 20 resi di kolom tersebut.
  3. Masukkan kode keamanan yang tertera. 
  4. Klik tombol ‘Search’.
BACA JUGA:  Cara Reset HP Xiaomi Dengan Mudah

Setelah itu, kamu akan bisa melihat tabel yang berisikan informasi tentang paket kamu. Berikut adalah informasi yang terpampang di tabel, serta penjelasannya: 

  1. No AWB, yaitu nomor airwaybill atau nomor resi yang kamu masukkan.
  2. Services, yaitu keterangan jenis layanan JNE yang kamu pilih. Misalnya, JNE YES/REG/OKE.
  3. Destination, yaitu alamat tujuan.
  4. Consignee, yaitu nama penerima barang yang tertera di paket.
  5. Date received, yaitu tanggal diterimanya barang.
  6. Receiver, yaitu nama penerima barang di alamat tujuan (Bisa sama dengan consignee atau penghuni serumah consignee). 
  7. Status, yaitu keadaan keberadaan paket kamu (apakah masih dalam proses pengiriman, sudah di kurir, atau sudah tiba di tempat tujuan).

Selain fitur pelacakan cek resi JNE, situs resmi ini juga mempunyai fitur untuk pengecekan tarif paket. Tentunya tarif akan berbeda tergantung dari jarak, wilayah yang dituju, serta besar dan/atau beratnya paket yang dikirim. 

2. Cara cek resi  melalui Aplikasi My JNE

Selain cek resi JNE lewat situs resmi dan situs online lainnya, kamu juga bisa lho cek lewat HP. Kamu cukup unduh aplikasi MyJNE di Google Play Store atau AppStore kamu.

Berikut adalah langkah yang kamu harus lalui untuk cek resi JNE via HP: 

  1. Unduh MyJNE.
  2. Masukkan e-mail kamu, kemudian buka e-mail dan klik link verifikasi. 
  3. Isi kolom data diri untuk profil kamu.
  4. Masukkan nomor resi di beranda (Home) dan klik tombol ‘Cek Resi’. 

Alternatifnya: Kamu juga bisa scan barcode yang ada di resi paket melalui fitur Scan yang ada di Home.

Setelah itu, tabel informasi yang sama dengan yang tertera di situs resmi akan muncul di layar HP kamu. Selain untuk lacak paket JNE kamu, aplikasi ini juga menyediakan fitur Cek Tarif untuk pengiriman paket, JNE terdekat, isi pulsa, isi ulang token listrik, hingga dompet digital.

BACA JUGA:  Cara Flash HP Oppo Joy R1001

3. Cara cek resi dengan mendatangi kantor JNE

Selain menggunakan cara online seperti yang sudah disebutkan di atas, kamu juga menggunakan cara offline untuk cek resi JNE. Caranya dengan datang langsung ke kantor JNE. 

Saat di kantor JNE, petugas akan menanyakan berapa nomor resi kiriman yang tercantum. Setelah diberi tahu nomor resi, petugas akan melacak, lalu memberitahukan status pengiriman paket tersebut.

Itulah cara cek resi JNE dengan mudah tanpa nama yang bisa kamu coba. Di era modern dengan segala kemudahan teknologi ini membuat kamu lebih mudah untuk cek status pengiriman barangmu.