Cara Mudah Mengembalikan Data yang Terformat atau Terhapus dari Harddisk

Cara mengembalikan data yang terformat dari harddisk atau flashdisk. Harddisk atau flashdisk merupakan media penyimpanan data-data penting seperti file presentasi, aplikasi, foto, video, tugas dan lain sebagainya. Harddisk atau flashdisk biasa digunakan oleh orang-orang seperti pekerja kantoran, mahasiswa dan pelajar. Tak jarang saat menggunakan harddisk atau flashdisk biasanya ada beberapa hal yang menjadi masalah. Seperti contohnya data terhapus atau hilang akibat virus, tidak sengaja terformat dan lain sebagainya. 

Tentu terasa sangat menyebalkan ketika hal itu terjadi dan Anda sedang membutuhkan data atau file yang sangat penting. Berbagai cara dilakukan, termasuk mencari tahu informasi tentang mengembalikan data yang terformat. 

Bagaimana cara mengembalikan data yang terformat agar kita bisa menggunakannya kembali?

Ada beberapa cara yang bisa Anda coba, langsung saja simak cara-caranya berikut ini. 

Cara Mengembalikan Data yang Terformat dengan Recuva

Cara ini digunakan untuk recovery data dari flashdisk atau SD Card. 

Untuk mengembalikan data yang terformat dengan recuva, lakukan hal dibawah ini:

  1. Pastikan Anda sudah mendownload aplikasi Recuva dan install pada perangkat Anda. 
  2. Jika sudah, buka Recuva dan pilih Next.
  3. Selanjutnya akan muncul tab baru dan pilih jenis data yang hendak direcovery. Untuk mengembalikan semua file, pilih All Files.
  4. Kemudian pilih lokasi pada data yang hilang. Untuk mengembalikan data yang hilang pada flashdisk atau SD card, pilih In a specific location.
  5. Lalu pilih Browse dan cari tempat data yang hilang.
  6. Setelah itu, pilih lokasi data yang hilang. Selanjutnya klik Next dan tunggu hingga proses selesai.
  7. Kemudian akan disajikan tab baru yang menanyakan file mana yang hendak direcovery, lalu pilih tempat untuk mengembalikan file.

Catatan: Khusus untuk SD card, cukup gunakan card reader dan tidak perlu hubungkan hp Android pada PC. Hal ini bertujuan untuk mempercepat proses pengembalian data.

Cara Mengembalikan Data yang Terformat menggunakan EaseUS Data Recovery Wizard Free

Cara berikutnya yaitu menggunakan software EaseUS Data Recovery Wizard Free. Software ini memudahkan Anda untuk memulihkan file yang hilang pada PC atau laptop. Selain itu bisa juga digunakan untuk perangkat eksternal seperti harddisk atau flashdisk.

Untuk mengembalikan data yang terformat menggunakan EaseUS Data Recovery Wizard Free, lakukan hal dibawah ini:

1. Download Software EaseUS Data Recovery Wizard Free

Silakan download terlebih dahulu software EaseUS Data Recovery Wizard Free kemudian install pada perangkat Anda. Setelah Anda download, buka Data Recovery Wizard. Semua jenis file bisa Anda tangani, tetapi pilihan ini hanya mengkhususkan target operasi. 

2. Pilih Lokasi Data

Terdapat 3 pilihan lokasi, yaitu Hard Disk Drives, Desktop, dan Libraries. Anda juga dapat memanfaatkan flashdisk sebagai pilihan tambahan lokasi.

3. Scan Lokasi yang Dipilih

Tahap ini, Anda harus menunggu beberapa saat saja sampai proses pencarian selesai.

4. Manfaatkan Fitur Deep Scan

Anda dapat memanfaatkan fitur Deep Scan setelah proses Scan selesai. Dengan begitu, proses pencarian akan dilakukan lebih dalam hingga per sektor harddisk.

Proses ini akan lebih banyak memakan waktu dibandingkan dengan Quick Scan.

5. Recovery file yang Diinginkan

Jika file sudah ditemukan, cek terlebih dahulu dengan preview untuk memastikan. Kemudian pilih tombol Recover yang berada pada pojok kanan bawah. Jangan lupa, centang file yang hendak Anda pulihkan atau digunakan kembali. 

Catatan Penting:

  1. SSD memiliki mekanisme berbeda, jika Anda mengaktifkan TRIM, maka setiap file yang terhapus tidak dapat direcovery.
  2. Untuk HDD terformat, alangkah lebih baik lepas HDD terlebih dahulu dan pasang pada komputer lain. Jangan install recovery toll di dalam HDD yang sama.
  3. Usahakan untuk recovery data secepat mungkin sesaat file telah terformat.
  4. Tidak semua file dapat diselamatkan seperti semula, kemungkinan terdapat file yang rusak.

Demikian beberapa cara mengembalikan data yang terformat atau terhapus dari harddisk, flashdisk dan SD card. Agar tidak terjadi kesalahan saat melakukan recovery data, perhatikan langkah-langkah penting yang harus dilakukan.