Cara Flash HP Oppo Joy R1001

Buat Kamu pengguna HP Oppo Joy R1001, Kamu kemungkinan mengalami penurunan performa dari HP Oppo seiring waktu pemakaian. Baik dari HP yang menjadi sering lemot, aplikasi tidak berjalan dengan lancar, adanya virus dan terjadinya bootloop (gagal booting). Jika HP Kamu sering mengalami lemot ataupun aplikasi yang tidak berjalan dengan lancar, Kamu cukup melakukan factory reset. Jika HP Kamu mengalami bootloop, satu-satunya cara yang bisa Kamu gunakan ialah dengan melakukan flashing. Pada pembahasan kali ini ada 2 cara flash oppo joy R1001, yang pertama menggunakan flashing menggunakan SP Flash Tool, dan yang kedua menggunakan flashing menggunakan SD card.

A. Cara Flash HP Oppo Joy R1001 menggunakan SP Flash Tool

1. Bahan yang digunakan untuk flash via SP Flash Tool

  1. Driver Oppo Joy R1001
  2. ROM Oppo Joy R1001
  3. SP Flash Tool v5144400

2. Cara Flash HP Oppo Joy R1001 menggunakan SP Flash Tool

  1. Pertsms, Ekstrak semua file.
  2. Lalu, “Unduh dan Install Driver Oppo Joy R1001”.
  3. Selanjutnya buks SP Flash Tool, Scatter loading silakan load file Oppo Joy R1001 yang sudah diunduh dan di ekstrak seperti gambar dibawah ini. 
  4. Kemudian klik “Download” untuk memulai proses Flash ROM Oppo Joy R1001, tekan tombol volume UP (volume Up tombol BOOT Flash Oppo Joy R1001) dan sambungkan Oppo Joy R1001 ke komputer menggunakan kabel USB. 
  5. Selanjutnya tunggu proses Flash Oppo Joy R1001 beberapa menit, Saat Flash Oppo Joy R1001 telah selesai akan muncul kotak dialog “Download OK” seperti gambar dibawah ini
  6. Selesai.

3. Permasalahan yang Terjadi Saat Flash Oppo Joy R1001 Menggunakan SP Flash Tool

Saat melakukan flashing pada HP Oppo Joy R1001 menggunakan SP Flash Tool pasti akan mengalami sedikit kendala sampai proses flashing tidak berjalan secara lancar. Permasalahannya ialah sebagai berikut:

  1. Saat klik tombol “download” muncul notifikasi error dan proses Flashing HP Oppo Joy R1001 tidak berjalan, cara mengatasinya dengan mengisi file “UBOOT” di “uboot.bin” dan “USER DATA” di “userdata_nvram_only.ext4”.
  2. Jika proses Flash HP Oppo Joy R1001 masih belum bisa dijalankan, ganti pilihan di kolom “Download Only” menjadi “Firmware Update” atau “Format ALL + Download” dan klik download untuk melanjutkan proses Flashing HP Oppo Joy R1001.
  3. Saat menyalakan HP Oppo Joy R1001 muncul “Encryption unsuccessful” silahkan klik “Reset phone”, dan tunggu beberapa saat proses reset Oppo Joy R1001 selesai.

B. Cara Flash HP Oppo Joy R1001 menggunakan SD Card

1. Bahan yang digunakan untuk flash menggunakan SD Card

  1. Firmware Oppo Joy R1001

2. Cara Flash HP Oppo Joy R1001 menggunakan SD Card

  1. Pertama, Ekstrak file .rar
  2. Lalu piih file .zip di dalam folder hasil ekstrak.
  3. Selanjutnya Copy file .zip tersebut ke SD card.
  4. Lalu Masukkan SD card ke HP.
  5. Matikan ponsel dan masuk ke mode recovery, Kamu tinggal menekan tombol “Power + Volume Down”  seperti pada gambar di bawah ini. 
  6. Untuk pilihan bahasa klik “English”.
  7. Sebelum melakukan Flash menggunakan SD card, lakukan “wipe data cache” terlebih dahulu dan ikuti langkah seperti gambar di bawah ini. 
  8. Kemudian pilih “wipe data and cache”. 
  9. Jika sudah selesai, langkah selanjutnya “Install from sd”. 
  10. Tunggu proses sampai selesai, kurang lebih durasi 5 menit.
  11. Jika proses sudah selesai, pilih reboot
  12. Flashing menggunakan SD card sudah selesai.

Diatas telah dijelaskan bagaimana Cara Menggunakan Flash HP Oppo Joy R1001 dengan cara flash menggunakan SP Flash Tool dan juga flash menggunakan SD card. Semoga dapat bermanfaat dan Selamat Mencoba.