Cara Mempercepat dan meningkatkan Koneksi Jaringan Internet Di Provider Indosat Ooredoo

Cara mempercepat internet Indosat Ooredoo. Dalam dunia yang penuh dengan percepatan seperti saat ini. Koneksi jaringan sangat diperlukan guna mengoptimalkan kualitas kecepatan internet. Berbagai cara dilakukan oleh sebagian orang untuk mendapatkan kualitas terbaik dari koneksi sebuah internet.

Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai kecepatan koneksi internet  khusus nya bagi para pengguna Indosat Ooredoo, disini saya akan membahas tutorial lengkap tentang bagaimana cara untuk meningkatkan koneksi internet Indosat Ooredoo.

Meningkatkan Kecepatan Internet Indosat

Indosat bukan lah provider abal – abal terbukti saya sendiri pun dulu bisa menikmati kecepatan internet hingga 2Mbps (20Mbps), kecepatan tersebut sudah bisa dibilang relatif cepat. Lalu bagaimana sekarang?

Kalau kita bicara standard rata-rata kecepatan wifi itu berada di kisaran angka antara 9 sampai 10,5Mbps. Dengan demikian kecepatan konteksi internet dari Indosat berada setara dengan kecepatan wifi yaitu dengan kecepatan di angka 10Mbps, waw kayaknya saya udah gak perlu pakai wifi lagi nih yang cukup menguras kantong di setiap bulan nya sehingga saya bisa berhemat untuk kebutuhan yang lain. Tapi tidak hanya cukup sampai di situ aja lho, kecepatan ini pun masih bisa di tingkatkan lagi. Wah wah bukan kaleng-kaleng ternyata, tanpa berlama-lama yuk kita simak beberapa tipsnya sebagai berikut :

1. Setting Jaringan Indosat Anda ke 4G

Jaringan 4G memiliki perbedaan kecepatan yang cukup signifikan, hal ini tentu nya sangat berpengaruh dalam kualiatas kecepatan koneksi internet. Jika anda masih menggunakan jaringan 3G di provider Indosat anda, segeralah mengganti/mengatur setting jaringan anda untuk mengubah terlebih dahulu akses jaringan 3G anda ke posisi 4G Only. Berikut caranya :

Cek pengaturannya di Settings > Jaringan Seluler.

Abrakadabra jika pengaturan berahasil berubah ke 4G anda sudah bisa menikmati, koneksi internet Indosat yang lebih cepat, namun bagi yang belum tercover jaringan 4G anda hanya perlu mengembalikan setting jaringan nya kembali seperti sebelumnya. emmh menarik bukan silahkan mencoba.

2. Lokasi Sinyal yang Bagus

Nah kalau cara yang satunya ini tergolong lebih simple karena anda hanya perlu menentukan lokasi di mana sinyal indosat di peroleh dengan baik, Anda tidak perlu khawatir karena jaringan Indosat cukup tercoverage dengan baik. Jadi yang perlu di perhatikan untuk hal ini adalah pastikan lokasi anda tidak terhalang banyak tembok atau bangunan. Karena biasa nya tempat semacam itu bisa mempengaruhi jangkauan sinyal yang akan anda peroleh.

3. Refresh Jaringan

Sederhana sih eits tapi jangan dianggap sepele sesuatu yang sederhana, ternyata beberapa masih belum mengetahui bahwa me-refresh jaringan itu bisa mempercepat koneksi internet, termasuk pada Indosat. Emmmh yang ini harus banget di coba nih. Selain me-refresh ternyata secara otomatis akan membuat perangkat berganti IP. Wah wah kalau yang ini ternyata baru tahu saya juga, dan biasa nya setelah IP terganti koneksi akan mendapatkan kecepatan yang lebih stabil dan cepat di bandingkan sebelumnya. Ah buruan deh langsung ambil smartphone auto refresh deh ini.

Bagi yang belum mengetahui bagaimana cara merefresh jaringan, berikut langkah – langkah nya :

Cara refresh-nya:

  1. Anda hanya perlu melakukan disconnect dan connect internetnya kembali
  2. Anda juga bisa melakukannya dengan cara menyalakan mode pesawat selama beberapa detik, kemudian mematikannya kembali.

4. Ganti APN Indosat Anda

Di setiap provider pengaturan APN memiliki pengaturan yang berbeda-beda cara nya, namun APN atau yang berfungsi sebagai point acces ini di percaya mampu membuat koneksi internet semakin cepat dan stabil terutama di tempat-tempat yang terbilang cukup bagus. Nah untuk pengguna Indosat perlu memperhatikan beberapa catatan yaitu dengan memastikan setting APN indosat anda sudah bisa diterapkan di jaringan 3G & 4G anda.

5. Ganti ke Perangkat yang Lebih Bagus

Nah kalau langkah yang satu ini perlu dipertimbangkan matang-matang deh kaya nya, kenapa? Karena pada dasarnya setiap perangkat itu memiliki kemampuan menangkap sinya yang berbeda-beda.

Misalnya:

  1. Perangkat A dapat sinyal 3.
  2. Sedangkan perangkat B dapat sinyal 5.

Mana yang lebih bagus? Perangkat B dong pastinya.

Kecepatan internet 10MBps di awal tadi, saya dapat ketika menggunakan perangkat modem WiFi (MiFi), di mana perangkat ini punya kualitas penangkapan sinyal yang relatif baik.

Kesimpulan

Sebelum mengakhiri tips ini sedikit saya akan mengulas kembali beberapa point dari pembahasan kita ini, yaitu :

  1. Kita harus bisa memastikan pengaturan yang sudah diatur dengan baik, agar koneksi bisa berjalan maksimal dan juga
  2. jenis perangkat yang kita gunakan harus yang terbaik guna menunjang kecepatan dan stabilitas koneksi internet indosat yang kita gunakan.

Demikian sedikit tips dari saya, tentang bagaimana tas caranya untuk mempercepat koneksi internet Indosat. Jika Anda punya tips lainnya untuk cara mempercepat koneksi Indosat Ooredoo, Anda bisa mengirimkannya melalui komentar di bawah.

Semoga bermanfaat.