Cara Mempercepat File Download di Perangkat Android

Artikel ini mengulas tentang 4 Cara Mudah Mempercepat File Download di Perangkat Android – Tidak dipungkiri bahwa kebutuhan internet sangat diperlukan oleh semua orang setiap harinya, baik itu untuk berkomukasi dengan orang terdekat, berbelaanja secara online, maupun untuk mengunduh file seperti gambar, video, lagu, atau file penting lainnya. Dengan adanya internet, semua kegiatan manusia akan terasa lebih mudah untuk dilakukan.

Jika berbincang tentang unduhan file, maka kamu juga ingin kegiatan unduh tersebut berjalan dengan cepat dan mudah dibuka. Namun untuk melakukan hal tersebut, terkadang ada saja kendala yang terjadi. Lantas bagaimana cara untuk mengatasinya?

Cara Mempercepat Download Khusus Untuk Pengguna Perangkat Android

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mempercepat proses download (khusus pengguna Android).

1. Dengan Menggunakan Dowload Manager Apk

Jika di komputer ada aplikasi bernama IDM, maka di ponsel juga ada yaitu ADM (Advanced Download Manager). Kamu bisa unduh aplikasi ADM ini di Google Play Store. Berdasarkan kegunaannya, jika kamu menggunakan aplikasi ini untuk mengunduh suatu file maka kecepatan download akan menjadi 2x lebih cepat.

Namun hal ini juga akan tergantung pada koneksi internet yang sedang kamu pakai saat itu. Karena, kinerja dari aplikasi Advanced Download Manager ini mampu memiliki kecepatan yang sangat stabil. Selain itu, ADM ini akan melakukan pengunduhan dalam beberapa thread dan dapat membuat file akan dipecah menjadi beberapa bagian untuk diunduh dalam satu waktu yang sama.

BACA JUGA:  Cara Melihat Email Facebook Yang lupa Milik Pribadi Ataupun Email Facebook Milik Orang Lain

Saat ini, aplikasi ADM dapat terintegrasi dengan baik di browser seperti Chome, namun jika ternyata masih belum terdeteksi, maka kamu masih bisa menggunakan fitur Browser yang telah disediakan oleh ADM dan terbukti sudah lebih efisien.

2. Dengan Menggunakan VPN

Secara umum VPN memiliki fungsi untuk mengamankan koneksi internet, namun di sisi lain VPN juga dapat digunakan untuk membuat koneksi internet menjadi stabil dan juga dapat membuka situs yang terblokir. Suatu situs terkadang membuat file hosting yang dapat membatasi kecepatan internet pada negara tertentu, maka dengan adanya VPN dapat membantu kamu untuk melepaskan pembatas tersebut. Banyak VPN yang sudah tersedia secara gratis di Google Play Store, salah satunya adalah Turbo VPN. 

 

3. Dengan Menggunakan Koneksi Jaringan yang Tepat

Sejatinya, kamu tidak harus menggunakan jaringan 4G jika jaringan 3G sudah lebih baik dan stabil daripada jaringan 4G. Namun jika kamu berlokasi di desa, maka jaringan tersebut masih belum tercover dengan baik sehingga lebih baik menggunakan jaringan 3G (WCDMA) saja.

Selain itu, jangan gunakan jaringan 2G (GSM) untuk mengunduh. Hal ini sebab kecepatan download yang dihasilkan dari jaringan tersebut akan lebih lambat dari jaringan yang lain. Lebih baik kamu gunakan jaringan 3G atau 4G jika kamu ada di perkotaan, meskipun jaringan 4G adalah jaringan yang paling tepat  untuk digunakan.

4. Hindari Mengunduh Banyak File Secara Bersamaan

Cara keempat ini adalah tips bagi kamu yang ingin mengunduh banyak file dalam satu hari. Sangat disarankan untuk tidak mengunduh secara langsung semua file tersebut, namun lebih baik unduh file secara satu per satu. Walaupun bagi sebagian orang cara ini adalah cara yang cukup lambat, namun dapat dipastikan bahwa hal ini akan membantu proses download menjadi lebih cepat dibandingkan dengan mengunduh file secara bersamaan dan memiliki jumlah file yang terbilang tidak sedikit. Sebab, hal itu akan membuat koneksi internet menjadi terbagi. Kecuali jika ukuran file yang kamu unduh memiliki ukurang yang tergolong kecil, maka kamu bisa mengunduhnya secara bersamaan. 

BACA JUGA:  Cara Flash HP Oppo Joy R1001