Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect Wifi

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect Wifi. WiFi merupakan singkatan dari Wireless Fidelity. Nah, salah satu masalah di laptop yang sering terjadi yaitu laptop tidak bisa connect wifi. Kita semua tahu bahwa internet dan laptop itu sudah tidak bsa di pisahkan lagi, karena keunggulan dan kegunaan mereka yang begitu harmonis untuk saling melengkapi. Jadi udah tidak bisa lagi deh buat di pisah-pisahin, apa lagi jauh-jauh nanti kangen lho.

Lalu apa yang menjadi kendala tidak bisa terkoneksi dengan internet?

Masalah apa yang menyebabkan laptop tidak dapat terhubung ke dalam jaringan internet.?

Baiklah berikut uraian yang saya sajikan untuk mendeteksi apa yang salah pada laptop maupun wifi yang sedang anda gunakan, langsung saja kita akan mencoba untuk membahas satu persatu masalah yang timbul dan bagaimana cara mengatasinya, yuk.

Beberapa Indikasi Laptop Tidak Connect WiFi

Nah disini ada beberapa penyebab kenapa laptop tidak bisa bisa connect ke wifi. Tidak hanya 1 atau 2, tapi ada 8 penyebab tidak bisa nya laptop terkoneksi jaringan internet, simak keterangan berikut :

  1. Warna merah pada indikator wifi menandakan ada kerusakan hardware sehngga tidak bisa mendeteksi driver
  2. Wireless network tidak menyala, (harusnya berwarna hijau)
  3. Pastikan internetnya sudah terhubung.
  4. Faktor pengaturan ssh maupun proxy tidak tersetting dengan baik
  5. Driver ethernet control belum terinstall pada laptop, biasanya ketika telah dicek di device manager terdapat logo tanda tanya berwarna kuning.
  6. Salah dalam memasukan sandi wifi internet yang tersedia, cobalah untuk lebih memastikan nya sudah dengan benar.
  7. Meng-akses jaringinan yang salah, terkadang kita memasang pada wifi yang bersinyal tinggi namun justru tidak tersedia layanan koneksi internet dari wifi tersebut.
  8. Hilangkan mode pesawat, biasa nya pada os windows 8 keatas.
BACA JUGA:  Cara Flash HP Oppo Joy R1001

Jika kita sudah mengetahui indikator penyebab tidak terkoneksi nya laptop ke wifi, teman-teman tinggal meng-analisa sendiri deh mana yang menyejadi masalah untuk kendala laptop ataupun wifi teman-teman, biar bisa harmonis lagi hubungan antara laptop dan wifi nya. 

Solusi Laptop Bisa Connect WiFi

Cek terlebih dahulu pada notification area icons network/wifi di pojok kanan bawah pada tampilan desktop anda, apakah pada internet access terdapat lambang segitiga kuning dengan tanda seru?

Jika ada, maka anda tidak dapat terkoneksi dengan internet sebelum lambang tersebut menghilang. Langkah-langkah memperbaikinya sebagai berikut;

  1. Klik Start – lalu klik Control Panel – dan selanjutnya klik Network and Internet – Network and Sharing Center – Change Adapter Setting
  2. Klik properti pada Conection wireles
  3. Selanjutnya klik dua kali pada internet protocol version 4.
  4. Gulir dan klik  Obtain an IP address automatically dan Obtain DNS server address automatically.
  5. Kemudian tinggal klik ok, dan ok lagi.

BIasa nya langsung tersambung dan layanan wifi pun bisa digunakan dengan koneksi internet yang tersedia.

Namun jika masih belum bisa terhubung pada koneksi internet pastikan Anda melakukan setting pada driver network yang ada pada laptop anda. Cara nya pun cukup mudah, yaitu sebagai berikut :

  1. Pertama-tama Klik kanan My Computer/This PC untuk versi windows 8 – Klik Manage 
  2. Kemudian pilih Device Manager
  3. Selanjutnya klik network adapters, jika terdapat tanda tanya berwarna kuning, berarti terdapat masalah pada driver tersebut atau belum terinstall.

Demikian ulasan tentang cara untuk menangani masalah-masalah yang terjadi pada laptok yang tidak bisa terhubung dengan wifi. Semoga bisa membantu dan apa bila masih terjadi kendala di luar uraian diatas, segeralah untuk ke layanan service senter pelayan pada brand laptop anda. Teruma kasih dan selamat mencoba.