Cara Mengganti atau Mengubah Bahasa di Mozilla Firefox

Artikel ini membahas tentang cara mengganti bahasa di web browser Mozilla Firefox. Mozilla Firefox adalah salah satu browser yang paling populer dan cukup banyak digunakan. Sebagian pengguna mengalami kesulitan karena pada menu dan tombol pengaturan bahasanya masih menggunakan bahasa Inggris. Tentu saja bagi mereka yang tidak terlalu paham berbahasa Inggris ingin menggantinya ke dalam bahasa yang dikuasai. Akan tetapi banyak orang yang tidak mengetahui cara mengganti bahasa di Mozilla Firefox. 

Jika dibandingkan dengan menggynakan bahasa Inggris, tentunya akan lebih sulit untuk dimengerti jika dibandingkan dnegan menggunakan bahasa yang kita kuasai contohnya yaitu bahasa Indonesia. Akan jauh lebih mudah pada saat kita melakukan sesuatu menggunakan browser Mozilla Firfox. Mengganti bahasa di Firefox adalah pilihan yang sangat tepat.

Lalu bagaimana cara menggantinya? Ikutilah langkah-langkah dan penjelasannya berikut ini:

Tentang Pengaturan Bahasa di Browser

Pengaturan bahasa biasanya akan mengikuti sistem dan hal ini tidak hanya untuk browser Firefox saja, melainkan pada browser lainnya pun demikian. Bisa dilihat dari proses instalasi browser pertama kali. Saat awal proses, biasanya terdapat pilihan pengaturan basahanya. 

RajaBackLink.com

Kalau sistem kita menggunakan bahasa Inggris, maka bahasa pada browser akan mengikuti. Jika sistem menggunakan bahasa Indonesia, maka browser pun demikian.

Cara Merubah Bahasa di Mozilla Firefox

Caranya sangat mudah, berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengganti pengaturan bahasa di Mozilla Firefox:

Langkah 1. Pertama, silakan buka terlebih dulu browser Mozilla Firefox di komputer atau laptop Anda.

Langkah 2. Kemudian klik pada kolom URL, lalu ketik “about:preferences” dan tekan Enter.

Langkah 3. Silakan geser ke bawah. Cari pengaturan bahasa, kemudian klik tombol Set Alternative.

Langkah 4. Lanjut klik tombol Select Language to Add dan pilih Search for More Languages. Maka Anda bisa menemui berbagai pilihan bahasa di sana.

Langkah 5. Jika Anda sudah memilih pengaturan bahasa yang sesuai dengan keinginan, silakan klik tombol Add, lalu klik OK. Pastikan koneksi internet Anda stabil, karena biasanya ada proses penambahan data Bahasa.

Langkah 6. Jika sudah selesai, Anda bisa memulai ulang Firefox dengan cara klik tombol Apply and Restart.

Langkah 7. Dengan demikian, penggunaan bahasa pada Firefox Anda secara otomatis akan berubah menjadi bahasa yang sudah dipilih sebelumnya. 

Langkah Tambahan

Langkah ini yaitu melakukan clear cache. Tujuannya supaya pengaturan yang Anda ubah bisa diterapkan secara penuh di browser Anda.

Begini caranya:

  1. Klik tombol Ctrl + Shift + Del.
  2. Centang pada kolom Cache.
  3. Hilangkan centang pada kolom lainnya.
  4. Atur Time menjadi Everything.
  5. Klik OK.

Kemudian silakan lakukan restart lagi browser secara manual.

Ubah Bahasa Firefox Hp Android

Selain menggunakan Firefox di PC atau laptop, kita juga bisa menggunakan Firefox di HP dan akan melakukan hal yang sama untuk merubah tampilan bahasa yang diinginkan. Bberikut penjelasannya:

  1. Buka aplikasi Mozilla Firefox di hp Android.
  2. Klik tombol 3 titik vertikal biasanya berada di pojok kanan atas browser.
  3. Setelah itu buka Menu Pengaturan.
  4. Pilih opsi Umum (Beranda, bahasa, antrian tab).
  5. Pada kategori Umum Anda pilih opsi Bahasa (Ubah bahasa peramban Anda).
  6. Nah, untuk bahasa peramban Kamu buka opsi Bawaan Sistem.
  7. Terakhir pilih opsi bahasa yang akan digunakan misalnya saja Indonesia, Inggris, Rusia, atau lainnya.

Setelah itu secara otomatis pengaturan bahasa Firefox akan berubah menjadi bahasa Indonesia atau lainnya sesuai bahasa yang sudah dipilih. Anda bisa melakukan langkah-langkah yang sama jika ingin mengganti bahasa lagi.

 

Demikian langkah-langkah untuk mengubah pengaturan bahasa di browser Mozilla Firefox. Mudah bukan?

Semoga bermanfaat. Selamat mencoba dan semoga berhasil.