Cara Mengubah (Convert) Format Video Online & Offline

Artikel ini membahas tentang Cara Mengubah (Convert) Format Video Online & Offline – Seperti yang kita tahu bahwa terdapat berbagai macam format video yang tersedia, saya pribadi lebih sering memutar video dengan format mp4 di komputer dan handphone. Sayangnya, tidak semua perangkat bisa mendukung format video yang sudah ada.

Misalnya saat saya download video dari youtube dengan format mp4, ternyata video tersebut tidak bisa dibuka di handphone adik saya karena tidak mendukung format mp4 melainkan hanya mendukung 3gp. Jadi mau tidak mau kita harus mengubah format video dari mp4 ke 3gp.

Selain contoh tersebut, alat perekam video juga akan mempengaruhi format video yang dihasilkan. Dan kami yakin banyak alat perekam yang mempunyai format berbeda dari yang lain.

Selain dari alat perekam seperti cam recorder, aplikasi perekam layar pc, bagi anda yang suka recording game dan tutorial juga berpengaruh.

Kita bisa mengubah format video menjadi format apapun yang kita inginkan dengan memanfaatkan software atau jika anda tidak ingin ribet melakukan download software maka kami juga sediakan cara mengubah format video tanpa software alias secara online.

Cara Mengubah Format Video Tanpa Software (Online)

Seperti yang kita tahu, video memiliki berbagai format. Mulai dari 3GP, MP4, MKV, AVI, dll. Saya kebetulan pernah menikmati format yang disebutkan sebelumnya. Sehingga muncul dalam kalimat di atas. Ternyata format itu bisa saling diubah dengan sesuatu yang disebut converter (software/aplikasi). Misalnya, MP4 ke 3GP atau MKV ke AVI, dan seterusnya.

Poin pertama ini tidak memerlukan software. Sehingga kita tidak perlu memasang software baru pada laptop atau PC Anda. Cukup siapkan hal ini saja. Saya yakin sudah ada di laptop Anda. Berikut yang perlu disiapkan:

  1. Koneksi internet.
  2. Browser (Google Chrome, Mozilla, Safari, dll.)
BACA JUGA:  Cara Flash HP Oppo Joy R1001

Langkah selanjutnya adalah dengan mengungjungi situs-situs online converter yang ada cukup banyak di internet dan untuk tahapan nya terbilang hampir semuanya sama. Yaitu dengan cara sebagai berikut:

  1. Pertama, silahkan kunjungi situs-situs online converter 
  2. Upload video yang akan di konvert.
  3. Pilih format yang di inginkan
  4. Klik Go setelah memilih format yang di inginkan
  5. Dan terakhir klik unduh/download.

Dan selamat video yang anda inginkan akan tersimpan otomatis di gallery perangkat anda.

Cara Mengubah Format Video dengan Software (Offline)

Aplikasi format factory memang sudah terkenal kegunaannya untuk mengganti format video, suara, gambar, maupun fitur lainnya seperti menggabungkan video dan suara.

Ukuran aplikasi ini juga tidak terlalu besar sehingga tidak akan terlalu memberatkan laptop atau komputer. Mari kita coba mengubah satu format video dari mp4 ke 3gp lagi.

Download aplikasi format factory  dan install terlebih dahulu jika kamu belum punya

Bagi Anda yang ingin mengubah format video secara offline dengan Format Factory, silahkan simak langkah di bawah ini:

  1. Pertama, silahkan unduh dan install 
  2. Jika sudah, langsung buka aplikasi tersebut. Klik pada Video lalu pilih format yang akan digunakan, dalam contoh ini saya ingin mengganti format video menjadi 3gp.
  3. Setelah Anda klik format video, Anda akan dialihkan ke jendela baru. Silahkan Tambahkan File video (lihat nomor 1), pada Folder Keluaran silahkan pilih folder untuk menyimpan video tersebut. Jika sudah, langsung klik Ok.
  4. Langkah terakhir, klik pada video tersebut lalu pilih Mulai. Silahkan tunggu proses sampai selesai, lamanya tergantung ukuran video Anda.
  5. Jika proses selesai, video akan tersimpan di folder yang Anda pilih sebelumnya.

Akhirnya tulisan mengenai cara mengubah format video sudah mencapai penghujung. Tunggu saya di tulisan berikutnya. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa