Cara Mengunci Aplikasi di HP Android

Bagaimana Cara Mengunci Aplikasi, dengan dan tanpa aplikasi? Artikel ini membahas cara mengunci aplikasi di HP penting untuk Anda ketahui. Hal ini bertujuan untuk menjaga keamanan dan privasi yang tersimpan pada HP Android anda. Pasalnya, saat ini banyak sekali orang yang sering penasaran dengan privasi orang lain, termasuk pada HP Android. Sebagian besar orang akan penasaran dengan chat, foto galeri, dan lain sebagainya.

Ada beberapa alasan pengguna HP android menginginkan untuk mengunci beberapa aplikasi tertentu. Salah satunya karena masalah privasi pada aplikasi tertentu yang ada di HP pengguna agar tidak diketahui oleh orang lain.

Menjaga privasi memang suatu hal yang penting, karena beberapa aplikasi memang membutuhkan keamanan agar tidak disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Walaupun kita sudah menggunakan aplikasi pengunci layar, namun terkadang hal itu belum cukup.

Seperti halnya WhatsApp, BBM, Instagram, lalu beberapa koleksi foto pribadi yang ada di galeri, ditambah lagi beberapa aplikasi yang anda anggap penting. Untuk itu cara mengunci aplikasi ini perlu anda terapkan.

Anda dapat mengunci aplikasi pada android dengan menggunakan aplikasi atupun tanpa aplikasi. Kedua cara ini akan dibahas tuntas.

Mengunci Aplikasi di HP dengan Aplikasi

Tips pertama yang dapat anda lakukan untuk mengunci aplikasi pada smartphone adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi tambahan. Cara ini dapat berlaku pada semua tipe maupun merk smartphone.

Sebenarnya terdapat aplikasi pihak ketiga yang dapat anda gunakan untuk mengunci aplikasi pada Android, antara lain App Lock, 360 Security, dan lain sebagainya yang dapat anda pilih sesuai dengan keinginan.

Berikut ini beberapa langkah yang dapat anda lakukan, antara lain:

  1. Download dan install aplikasi yang akan anda gunakan melalui Google Play Store.
  2. Apabila telah berhasil terinstall, maka buka aplikasi tersebut untuk melakukan settingan.
  3. Setelah terbuka, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuat pola keamanan sebagai kode kunci aplikasnya. Buat pola yang hanya dapat anda buka sendiri, tanpa mudah diterka oleh orang lain.
  4. Selanjutnya ulangi pembuatan pola untuk mengkonfirmasi.
  5. Langkah berikutnya mengenai cara mengunci aplikasi di HP dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga adalah memasukkan alamat email yang aktif. Hal ini bertujuan untuk dapat mempermudah menerima kode konfirmasi apabila suatu saat anda lupa dengan pola yang anda buat.
  6. Kemudian akan tampil beberapa aplikasi yang terdapat pada smartphone dan yang akan anda kunci.
  7. Cara mengunci aplikasi di ponsel yang telah anda pilih adalah dengan melakukan sentuh atau tap pada nama aplikasi yang terdapat dalam daftar.
  8. Langkah berikutnya akan muncul izin aplikasi, pastikan anda memberikan hak akses untuk aplikasi guna mengunci yang telah anda pilih.
  9. Jika muncul logo gembok berwarna hijau, aplikasi yang telah anda pilih telah terkunci secara aman dan hanya anda yang dapat membukanya.
  10. Proses selesai, anda dapat keluar dari aplikasi.
BACA JUGA:  Cara Reset HP Xiaomi Dengan Mudah

Cara Mengunci Aplikasi di Android Tanpa Aplikasi

Untuk dapat mengunci aplikasi yang terdapat dalam smartpone, dapat anda lakukan tanpa harus menggunakan aplikasi ketiga. Namun perlu anda ketahui, cara ini hanya berlaku apabila ponsel Android anda telah memperoleh bekalan fitur pengunci aplikasi.

Berikut ini langkah-langkah untuk mengunci aplikasi di HP tanpa menggunakan aplikasi ketiga, antara lain:

  1. Langkah pertama, pergi ke menu Pengaturan
  2. Selanjutnya scroll ke bawah serta cari Pangaturan Tambahan
  3. Kemudian klik Privasi
  4. Langkah berikutnya, tap pada menu pilihan Lock Individual Apps serta choose App to Lock.
  5. Untuk dapat mengunci salah satu aplikasi yang anda inginkan, maka anda harus membuat pola terlebih dahulu. Pola tersebut sebagai password dari Lock App yang anda gunakan.
  6. Apabila pola telah berhasil terbuat, maka anda tinggal memilih aplikasi mana yang akan anda privasi. Dengan demikian, aplikasi telah berhasil anda kunci.

Selain menggunakan pengunci aplikasi, anda juga bisa menerapkan beberapa tips ini untuk melindungi privasi.

  1. Hanya pinjamkan perangkat ke orang yang anda kenal baik.
  2. Jangan simpan berkas-berkas penting dan pribadi di tempat yang mudah ditemukan.
  3. Pastikan perangkat selalu berdekatan dengan anda.
  4. Jangan simpan kata sandi penting di smartphone.

Cukup mudah bukan cara mengunci aplikasi di HP Android di atas?