Cara Mudah Membuat Landscape di Aplikasi Microsoft Word

Cara Mudah Membuat Landscape di Aplikasi Microsoft Word – Pada aplikasi Microsoft Word ada dua jenis halaman yang berfungsi untuk penulisan, yaitu halaman potrait dan halaman landscape. Halaman potrait sendiri merupakan halaman default yang ketika kamu membuka aplikasi Microsoft Word, maka akan muncul pertama kali.

Halaman potrait adalah halaman yang berdiri, sedangkan halaman landscape adalah halaman yang menyamping atau melebar. Untuk dapat membuat halaman Landscape di aplikasi Word sebenarnya tidak sulit sama sekali. Pada menunya sendiri sudah tersedia toolbar bagian Layout, namun jika kamu masih merasa bingung maka kamu bisa mengikuti cara di bawah ini.

Cara Membuat Halaman Landscape di Microsoft Word

Cara untuk membuat format halaman word ini dari potrait menjadi landscape atau sebaliknya, sejatinya terbilang sangat mudah. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Pilih Menu Page Layout

Langkah pertama adalah buka Microsoft Word di perangkat PC kamu. Lalu lihat di bagian toolbar, pada menu yang bernama Page Layout dan pilih menu tersebut.

2. Klik Orientasi

Setelah klik menu Page Layout, nantinya akan ada beberapa pilihan menu lain yang termasuk di dalamnya adalah Page Layout. Untuk mengubah halaman menjadi landscape, maka silahkan kamu klik pada Orientasi.

3. Pilih Landscape

Berikutnya pilih Landscape. Setelah itu, maka halaman pada meja kerja word kamu akan berubah menjadi miring, yang sebelumnya adalah berdiri atau potrait.

BACA JUGA:  Cara Reset HP Xiaomi Dengan Mudah

Cara Membuat Landscape hanya di Halaman Tertentu

Pada beberapa keperluan tertentu, ada sebagian orang yang menginginkan halaman tertentu saja pada dokumen Word yang menggunakan landscape.

Misalnya, semua halaman portrait kecuali satu halaman yang hanya menggunakan orientasi landscape. Untuk membuat halaman potrait atau landsacape pada halaman tertentu memang akan sulit dilakukan, namun bukan berarti tidak bisa.

Hal ini mungkin banyak orang melakukannya karena memang sekarang fitur dari aplikais Microsoft Word sudah semakin lengkap dan canggih yang dapat menyesuaikan dengan keinginan para penggunanya. 

Disini saya akan asumsikan bahwa kamu sudah memiliki beberapa lembar Microsoft Word yang telah berisi teks dengan orientasi halaman potrait. Langsung saja, silahkan simak tutorial lengkapnya di bawah ini.

Langkah-langkah untuk membuat halaman tertentu pada aplikasi Microsoft Word untuk menjadi landscape maupun potrait adalah sebagai berikut.

1. Lakukan Blok Beberapa Teks

Buka dokumen Word yang ingin kamu buat halaman tertentunya untuk menjadi potrait/landscape saja. Lalu silahkan kamu blok atau seleksi beberapa kata pada halaman tersebut.

2. Buat Custom Margins

Langkah selanjutnya, setelah berhasil melakukan blok teks tersebut, maka kamu buat custom margins. caranya adalah klik menu Page Layout > Margin > Custom Margins.

3. Pilih Orientasi Landscape

Pada bagian dialog Page Setup, kamu bisa lakukan pengaturan di bagian Orientation (pilih landscape) dan Apply to (pilih selected text). Lalu setelah itu tekan OK.

Jika sudah kamu lakukan, maka halaman tersebut akan berubah dari potrait menjadi landscape, sedangkan halaman yang lain akan tetap menjadi halaman potrait.

Jadi selain digunakan secara terpisah, ternyata orientasi atau posisi kerta landscape dan potrait juga bisa digunakan untuk bersama-sama seperti yang sudah kami praktikkan tadi.

BACA JUGA:  Cara Melihat Email Facebook Yang lupa Milik Pribadi Ataupun Email Facebook Milik Orang Lain

Demikianlah tutorial singkat yang bisa kami bagikan kepada kamu mengenai bagaimana cara untuk membuat orientasi landscape pada halaman tertentu di aplikais Microsoft Word. Semoga apa yang kami bagaikan ini bisa bermanfaat dan membantu untuk kamu.

Cara ini juga bisa kamu gunakan ketika kamu hanya menginginkan sebagian halaman saja untuk menggunakan orientasi potrait.