Terbukti! Inilah 4 Cara Melanjutkan Download IDM yang Gagal

Terbukti! Inilah 4 Cara Melanjutkan Download IDM yang Gagal – Terkadang proses download di IDM tidak selalu akan berjalan lancar. Proses tersebut juga terkadang akan terjadi hambatn, baik itu karena koneksi lemot ataupun download yang gagal sehingga membuat proses dari download pun tidak bisa dilanjutkan kembali.

Namun, ketika kamu sedang mengundug sebuah file yang memiliki format sebesar 4GB dsn prosesnya pun sudah berjalan selama 98%, kemudian secara tiba-tiba proses download berhenti begitu saja. Lalu apa yang kamu rasakan? Pasti rasa kesal pun timbul dengan sendirinya dan mengakibatkan mood menjadi berantakan. Tetapi kamu tidak perlu khawatir lagi, sebab pada ulasan kali ini saya akan memberikan informasi lengkap mengenai bagaimana cara untuk mengatasi masalah tersebut. Yuk simak lengkapnya di bawah ini! 

Cara Melanjutkan Download IDM yang Gagal

Bayangkan saja, ketika kamu sedang mengunduh custom ROM Clean Pie untuk J7 Pro yang kamu miliki. Kemudian terjadi masalah pada proses download tersebut, dan ternyata proses berhenti atau gagal secara tiba-tiba. Solusi terbaik yang bisa kamu gunakan adalah dengan mengganti URL download menggunakan yang baru, maka terjamin proses download bisa kamu lanjutkan dan file akan terunduh dengan sempurna tanpa adanya corrupt sedikitpun.

Bagi kamu yang sedang mengalami masalah ini, maka berikut adalah langkah-langkah yang harus kamu simak dan lakukan untuk mengatasinya :

1. Unduh Secara Ulang

Dengan cara mengunduh ulang ini, maka bukan berarti kamu harus mengunduh ulang file dari awal sampai akhir. Namun hal yang dimaksud adalah kamu hanya perlu mengambil URL download yang baru. Jadi kamu bisa langsung mengunduh ulang file yang gagal didownload tersebut. Namun kamu juga perlu mengetahui dan mengingat, bahwa file yang akan didownload harus sama persis dengan file sebelumnya. Hal ini karena URL yang diambil juga harus sama.

2. Menjedah Unduhan

Setelah proses download file sudah berjalan, kamu bisa langsung saja klik tombol Pause atau tunda. Hal ini karena ksmu tidak perlu mendownload file tersebut sampai selesai. Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, bahwa kamu hanya akan memerlukan URL saja.

3. Copy URL

Langkah selanjut yang harus kamu lakukan adalah copy URL download file baru. Setelah itu, silahkan kamu paste pada file download lama atau file yang tidak bisa dilanjutkan sebelumnya.

Jika masih merasa bingung, maka silahkan kamu simak dan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Langkah pertama, silahkan buka IDM yang ada di perangkat PC milik kamu.
  2. Setelah itu, lakukan double klik pada file yang baru saja kamu download dan Copy URL yang berada pada bagian kolom Alamat yang tersedia.
  3. Langkah selanjutnya, lakukan juga double klik pada file lama atau file yang tidak bisa dilanjutkan dan hapus semua URL pada kolom Alamat tersebut.
  4. Kemudian lakukan paste URL yang sudah dicopy pada langkah sebelumnya
  5. Jika sudah berhasil, maka silahkan kamu klik OK.

4. Melanjutkan Proses Download

Cara terakhir, kamu bisa lanjutkan download file yang sebelumnya gagal. Sampai di sini, kamu sudah berhasil melanjutkan download di IDM. 

Ketika kamu ingin mengunduh sebuah file besar, lebih baik gunakanlah koneksi internet yang cepat atau kamu juga bisa menggunakan jaringan WiFi. Dengan demikian, kamu pun tidak akan merasa khawatir mengenai gagal mengunduh file yang diinginkan. Demikianlah artikel yang dapat saya sampaikan pada ulasan kali ini, selamat mencoba!