Ukuran Foto Profil dan Sampul di Facebook

Berapa Ukuran Foto Profil dan Sampul di Facebook? Facebook adalah media sosial teramai di dunia. Ada ratusan juta pengguna yang online setiap harinya di media sosial yang identik dengan warna biru ini.

Setiap akun Facebook, pasti memiliki halaman profilnya tersendiri. Di halaman profil ini terpampang informasi tentang nama, tanggal lahir, tempat tinggal dan informasi lainnya.

Supaya profil kalian terlihat menarik, kalian bisa menambahkan foto profil dan juga foto sampul. Supaya hasilnya keren maksimal, ketahui dahulu berapa ukuran foto profil dan sampul Facebook terlebih dahulu.

Karena jika kalian menggunakan foto dengan ukuran yang salah, bisa-bisa foto jadi tertutupi, terpotong atau bahkan keliatan agak ngeblur.

RajaBackLink.com

Jadi bisa disimpulkan, hasilnya akan terlihat jelek dan tidak sesuai dengan ekspektasi awal yang kalian inginkan. Seperti yang diketahui, Facebook memiliki dua fitur utama yang terdapat di Wall kita. Yakni setting foto profil dan sampul. Walau tidak ada keharusan tertulis, bagi banyak orang mengupload dan memasang foto dibagian tersebut sangatlah wajib. Salah satu alasannya supaya akun jadi terlihat lebih rapih.

Nah, di sini saya ingin sedikit membahas ukuran foto profil dan ukuran sampul di Facebook yang paling sesuai. Ukuran Foto Profil Facebook, ukuran foto profil Facebook berubah-ubah skalanya tergantung dari perangkat yang dipakai.

Ukuran Foto Profil

Untuk ukuran foto profil Facebook sizenya tergantung dari perangkat yang sedang digunakan, sebenarnya bukan hanya foto profil melainkan foto sampul Facebook ukurannya juga sesuai dengan perangkat yang digunakan. Nah untuk detail ukuran foto profil Facebook seperti berikut ini:

  1. Untuk foto profil Facebook yang tampil pada komputer ukurannya 170 pixel x170 pixel.
  2. Untuk foto profil Facebook yang tampil pada smartphone/android ukurannya 128 pixel x 128 pixel.
  3. Khusus untuk foto profil Facebook pada generasi HP lama yang memiliki layar kecil, ukuran foto yang direkomendasikan adalah 50 pixel x 50 pixel.

Untuk size paling amannya Anda supaya bisa menyimpan foto dengan ukuran 180 pixel x 180 pixel, pastikan objek foto berada di tengah karena ini nanti akan di crop/potong Facebook saat dibuka dengan perangkat yang berbeda.

Foto sampul Halaman Anda

  1. Ditampilkan dengan lebar 820 piksel dan tinggi 312 piksel pada Halaman Anda di komputer, serta lebar 640 piksel dan tinggi 360 piksel di smartphone.
  2. Harus sedikitnya berukuran lebar 400 piksel dan tinggi 150 piksel.
  3. Dimuat paling cepat sebagai file sRGB JPG yang berukuran lebar 851 piksel, tinggi 315 piksel, dan kurang dari 100 kilobita.
Untuk foto profil dan foto sampul dengan logo atau teks, Anda bisa memperoleh hasil yang lebih baik menggunakan file PNG.
Ingat bahwa foto profil Halaman Anda di iklan dan postingan akan terpotong ke bentuk lingkaran, tetapi tetap berupa kotak yang sama saat orang mengunjungi Halaman Anda. Untuk mencuplik tampilan foto profil Halaman saat terpotong, silakan lihat contoh di bawah.

Cara Mengatur Ukurannya Dengan Photoshop

Untuk setting-nya, bisa menggunakan aplikasi apa saja yang memiliki fitur custom resolution pada foto. Salah satu yang biasa saya pakai adalah Photoshop, karena aplikasi ini memiliki fitur untuk menonaktifkan proporsi pada foto.

Caranya seperti ini:

Langkah 1: Buka dulu Adobe Photoshop > Klik Open > Lalu cari foto yang Anda inginkan.

Langkah 2: Lihat menu bagian atas > Klik Image > Image Size

Langkah 3: Setelah itu atur pengaturannya, sesuai panduan dari pembahasan sebelumnya.

Langkah 4: Terakhir silakan simpan fotonya. Caranya klik File > Save as > Kemudian pilih ekstensi sesuai kebutuhan.

Nah, selesainya Anda tinggal mengupload saja hasilnya ke akun Facebook Anda. Dijamin, foto akan menjadi lebih pas dan sesuai dengan yang diinginkan.

Akhir Kata

Sudah selesai informasi tentang ukuran foto profil dan sampul Facebook yang sedang kalian baca ini. Semoga bermanfaat, terimakasih sudah membaca.