Cara Install Game PSP di HP Android

Di Era Industri 4 poin 0 kini Kita dapat bermain game PSP di HP android dengan bantuan emulator PPSSPP. Ini akan lebih praktis dibandingkan kita harus membeli console PSP sendiri. Di dalam arus perkembangan dunia game, Terlihat bahwa game PSP tidak pernah usai oleh waktu. Ingin tahu bagaimana caranya? Saat ini emulator PPSSPP yang bisa dibilang sudah cukup stabil untuk memainkan banyak game PSP. Kita mendapatkan baik emulator maupun rom game secara mudah dan gratis di browser.

Masih banyak yang belum tahu bagaimana cara untuk memainkan game PSP di android dan masih bingung ketika mencobanya mengalami lag dan tidak lancar. Apa aja sih syarat spesifikasi HP kita dapat bermain game PSP? Kami akan membahas tentang Cara Install Game PSP di HP Android.

A. Cara Install Game PSP di Android

Untuk spesifikasi memiliki RAM 1GB dan untuk besar ruang penyimpanan tergantung dari game yang dimainkan. Daripada penasaran, yuk langsung saja simak Langkahnya berikut ini :

1. Install PPSSPP

Pertama Unduh dan install emulator PPSSPP di playstore atau situs resminya.

RajaBackLink.com

2. Unduh ISO Game

Kalian dapat mencari ROM game yang mau dimainkan melalui situs web download gratis seperti www.freeroms.com, www.coolrom.com, dll.

3. Ekstrak File

ROM game yang kalian unduh akan berbentuk file zip atau rar, kalian dapat ekstrak file tersebut.

4. Masukan Game

Kalian harus mengekstraknya terlebih dahulu agar formatnya .ISO ataupun .CSO, Cara memasukan game ke ppsspp ialah sebagai berikut :

  1. Pertama, Buka “PPSSPP”
  2. Lalu, Klik Game lalu Klik icon “+”
  3. Memasukan file di tempat game disimpan, lalu pilih file ISO untuk dimasukan dan Silahkan Mainkan Game

Setelah semuanya sudah siap, silahkan Kalian buka aplikasi emulator PPSSPP nya, kemudian Kalian cari dimana menyimpan ROM game itu dan klik. Tunggu proses loadingnya sampai masuk ke dalam game dan sekarang kalian langsung memainkan game.

5. Konfigurasi Game

Jika terjadi lag ataupn yang lainnya, silahkan Kalian ke “setting” yang ada di PPSSPP dan ubah pengaturan yang ada disana. Setiap HP mempunyai setting yang berbeda silahkan Kalian coba sendiri.

B. Cara Bermain Game PSP di HP Android

Kali ini akan saya berikan tutorial cara bermain game PSP di HP android dengan menggunakan emulator PPSSPP, berikut ini caranya:

  1. Pertama, unduh dan install terlebih dahulu emulator PSP di PlayStore atau situs resminya.
  2. Lalu, Unduh game PSP untuk dijalankan di Emulator PSP. Disini Kamu dapat memilih game favorit.
  3. Setelah itu langsung extrack file game yang sudah Kamu unduh.
  4. Lalu balik lagi ke Emulator, pilih tab Game dan cari tempat file yang formatnya .ISO yang sudah di extrack tadi.

Catatan:

Tidak semua HP Android lancar untuk menjalankan emulator ini biasanya HP akan mengalami lag saat bermain game PSP di HP android, karena RAM yang terlalu kecil. Disarankan untuk menjalankan game yang ringan jika game lain terasa berat.

C. Syarat Spesifikasi Minimal

Untuk Kalian dapat lancar bermain game PSP di HP android menggunakan emulator ppsspp maka diperlukan Syarat Spesifikasi Minimal agar mengatasi ppsspp keluar sendiri. Berikut ini Syarat Spesifikasi Minimal:

  1. RAM : 1Gb
  2. Sisa Penyimpanan Memori : 3Gb
  3. OS Versi : Android 4.0+

PPSP memiliki banyak game yang bisa dimaikan, umumnya semua game berbentuk format .ISO agar psp dapat terinstall dan berjalan dengan baik. Demikian pembahasan tentang Cara Install Game PSP di HP Android. Semoga dapat bermanfaat dengan tutorial diatas. Jika ada kesulitan, silahkan bertanya di kolom komentar. Selamat bermain game PSP di HP Android.