Cara Membersihkan Cache di Laptop

Apakah Kalian pernah mengalami laptop lemot? Jika iya, Kamu harus tahu cara membersihkan cache di laptop atau komputer. Cache ialah sekumpulan data yang tersimpan dari pemakaian perangkat. Cache berfungsi sebagai membuat perangkat menjadi lebih cepat dan responsif. Disisi lain data cache membuat harddisk menjadi cepat penuh. Untuk itu Kamu perlu membersihkannya.

A. Cara Membersihkan Cache Laptop

Membersihkan cache di laptop tidaklah susah, dan penting dilakukan saat Laptop Kamu sudah merasa lemot, lambat, hang dan lainnya. Walaupun sangat penting dan caranya tidak susah dilakukan, menghapus cache di laptop/pc masih banyak yang kurang tahu. Buat yang belum tahu juga, di sini akan saya bahas caranya. Untuk Windows 7, Windows 8, Windows 8.1 dan Windows 1.

1. Lewat Folder Temp

Nama lain dari file cache ialah file temporary (Sementara). Khusus di Windows, kita dapat menemukan file-file temporary di folder khusus, yaitu folder “Temp”. Folder temp ialah seluruh folder file cache tersimpan. File-file dari browser seperti cookies, history dan data yang lainnya ada di folder ini. Tahap pertama untuk membersihkan file cache ialah dengan menghapus seluruh file yang ada di folder ini. 

Langkah-Langkah :

  1. Pertama, buka program RUN. Caranya klik tombol 'WindowsR ” > Setelah itu ketik “Temp” > klik “OK”.
  2. Lalu akan muncul jendela baru. Kamu akan melihat beragam file dan folder disana. Klik “Ctrl + A” kemudian klik kanan “Delete” seluruh file.
  3. Setelah itu, buka program “Run” kemudian ketik “%temp%” lalu klik OK:
  4. Sama seperti sebelumnya, klik “Ctrl + A” lalu klik kanan “delete” seluruh isi dari folder %temp% tadi.
  5. Terakhir restart laptop Kamu.

2. Memakai Disk Cleanup

Disk Cleanup, ialah salah satu fitur Windows yang memiliki fungsi membersihkan seluruh junk files yang ada di drive tertentu. Setelah Kamu melakukan penghapusan file cache pada temporary, Kamu juga harus menggunakan Disk Cleanup ini. Karena pada dasarnya cachenya belum seluruhnya hilang.

Langkah-Langkah :

  1. Pertama, klik “Disk Cleanup”
  2. Lalu klik kanan drive sistem (C:), klik “Properties”
  3. Ceklis opsi clean yang diinginkan dan karena Kamu tadi menghapus data temp, jangan lupa untuk mencentang opsi dari “Recycle Bin”

Setelah Kamu klik “OK” , Tinggal menunggu saja proses pembersihannya. Jika sudah jangan lupa untuk restart ulang laptop Kamu. Selain di drive C:, dapat dilakukan juga cara ini untuk drive lainnya (contohnya : D: E:) supaya seluruh file cache yang ada dapat terhapus.

Catatan :

Bukan hanya junk files saja data-data yang lain seperti pada Windows, file-file dalam recyle bin, data-data internet dan lain-lain dapat dihilangkan menggunakan Disk Cleanup.

3. Memakai CCleaner

CCleaner ialah Aplikasi yang didesain khusus untuk mengoptimalisasi sistem agar dalam kinerja yang maksimal. CCleaner memiliki beragam macam fitur, seperti membersihkan Registry, Data browser, Uninstall file sampai menghapus game. Selain itu, Kamu juga dapat membersihkan cache di laptop dengan mudah.

Langkah-Langkah: 

  1. Pertama, Buka aplikasi CCleaner (Jika belum ada, install dahulu) masuk ke Menu Cleaner,
  2. lalu, Pilih opsi yang ingin dibersihkan, klik “Run Cleaner”
  3. Setelah itu tinggal menunggu prosesnya. Waktu lamanya tergantung dari banyaknya file cache Kamu tersimpan.
  4. Setelah selesai dibersihkan, restart laptop Kamu.

4. Aktifkan Storage Sense

Storage Sense untuk mengatur cache laptop akan dioptimalisasi secara otomatis oleh Windows. Setelah Kamu menghapus semua cache sesuai yang dijelaskan sebelumnya. Storage Sense ini hanya dapat di Windows 10 ya

  1. Pertama, Pada kolom search > Ketik “Storage Sense” > Lalu buka
  2. Pastikan pengaturan Storage Sense sudah aktif (On)
  3. Tutup jendela, lalu Restart Laptopnya

Dengan cara diatas, file cache di laptop Kamu sudah terhapus. Semoga bermanfaat dan Selamat Mencoba.