Cara Mengembalikan File Yang Terformat

Cara Mengembalikan File Yang Ke-Format – Bagaimana rasanya Bila data yang tersimpan milikmu tidak sengaja terformat ketika waktu instal ulang atau sebab hal lain? Baik dalam flashdisk, SD card, hardisk dan yang lainnya. Tentunya sangat kecewa dan bagaimana cara mengembalikannya.  Kali ini saya akan memberikan contoh dengan lengkap cara mengembalikan file yang keformat dan cara yang dapat kamu coba :

Cara Mengembalikan Data yang Terformat

1. Cara Mengembalikan Data yang Terformat dengan Recuva

Pertama yaitu menggunakan aplikasi Recuva. Cara ini dapat buat mengembalikan data dari flashdisk atau SD Card. Bila kamu memakai Android alangkah baiknya memakai cara mengembalikan file terhapus pada Android. langsung aja berikut cara mengembalikan data yg terformat via recuva :

  1. Pertama, pastikan sudah mendownload aplikasi Recuva.
  2. Selanjutnya buka aplikasi Recuva dan klik menu “Next”.
  3. Lalu, muncul menu baru dan pilih jenis data yang ingin di recovery. Sedangkan untuk mengembalikan semua file pilih menu “All Files”.
  4. Berikutnya pilih lokasi data yang hilang. Untuk mengembalikan file hilang pada flashdisk atau SD Card pilih menu “In a Spesific Lacation”.
  5. Lalu pilih “Browse” dan temukan lokasi data yang hilang.
  6. Selanjutnya, pilih menu “Next” dan menunggu proses selesai.
  7. Setelah itu masuk menu yang menanyakan file yang akan di recovery, dan pilih tempat untuk mengembalikan filenya.
  8. Selesai.

Untuk yang memakai SD Card tidak usah menyambungkan HP ke komputer, hanya memakai Card Reader. Bertujuan untuk mempercepat pemrosesan data.

2. Aplikasi EaseUS Data Recovery Wizard

Cara mengembalikan data yg terformat seperti semula berikutnya yaitu menggunakan aplikasi EaseUS Data Recovery Wizard. dengan aplikasi ini kalian menggunakan praktis dapat memulihkan arsip yg hilang pada PC tau laptop. Namun juga dipergunakan sebagai perangkat eksternal seperti di flashdisk dan lainnya. Selain memiliki mode dua mode scanning yang fleksibel, aplikasi ini punya kelebihan kalian dapat memilih file yg perlu dipulihkan, untuk menghindari file recovery yang tidak diinginkan. tidak hanya itu saja, aplikasi ini mampu memulihkan lebih 1000 tipe format data baik berupa format audio, video, graphics, arsip email, dokumen, dan format lainnya.

3. Aplikasi CardRecovery

CardRecovery ialah aplikasi recovery yang digunakan pada SO Windows 98 ke atas. software ini cocok untuk mengembalikan data format JPG, RAW dan media video, audio. tetapi sayangnya software ini tidak bisa mengembalikan file dokumen, file RAR serta juga berbgai file yang digunakan di aktifitas sehari-hari. seperti file Photoshop dan PNG juga tidak didukung sang aplikasi ini. Jadi gunakanlah software ini untuk mengembalikan file media saja, terutama di memori kamera digital yang telah terformat. Cara penggunaannya sangat mudahcukup tentukan lokasi arsip yang terhapus serta pula dimana arsip akan dipindahkan atau dikembalikan. Maka secara otomatis progam agan melakukan pencarian. Lamanya proses pencarian tergantung ukuran memori dan dapat preview lebih dahulu untuk gambar format JPG

4. Disk Drill

Disk Drill ialah Software yang mampu mengembalikan data yang menghilang atau terhapus di flashdisk, hardisk, iPods, dan perangkat penyimpanan lainnya. Kelebihan dari aplikasi ini kalian dapat melakukan terjeda pada saat proses pengembalian data dan kemudian resume kembali. Selain iu, Disk Drill  juga akan menyortir data yang akan dikembalikan berdasarkan ukuran dan juga tanggal. Jika kalian tertarik dengan aplikasi ini maka bisa digunakan pada Sistem Operasi Windows 10, 8, 7, XP, Mac OS X dan juga Vista.

 

Itulah beberapa cara mengembalikan data yang terformat di flashdisk, di Android, di sd card, hardisk dan lainnya seperti semula. Semoga Bermanfaat dan Selamat Mencoba.