Review Performa dan Kelebihan Suzuki Nex Crossover

Suzuki Nex Crossover seri motor yang dirilis oleh Suzuki dengan harga agak lebih mahal. Kisaran range daftar harga motor Suzuki harga motor saat ini untuk Suzuki Nex Crossover pada bulan Desember 2021 sekitar Rp 19,000,000, menurut situs resmi Suzuki..

Tetapi, ini sesuai dengan spesifikasi dan performa dari motor ini, karena Suzuki memberikan sentuhan sporty dan bentuk seperti motor offroad.

Seri motor dengan naked handle stang  ini memang menarik perhatian, karena tampilan yang lebih sporty. Lalu, sebagus apa performa dari Suzuki Nex Crossover? Apakah lebih irit dari seri lainnya? Simak penjelasannya berikut ini.

Suzuki Nex Crossover - suzuki.co.id

RajaBackLink.com

Mengenal Suzuki Nex Crossover

Suzuki Nex Crossover merupakan tipe Crossover dari Suzuki Nex. Yang membedakan keduanya antara lain adalah tampilannya yang lebih sporty dan lebih handal di segala medan. Karena ditarget untuk seri adventure, stang-nya didesain naked handle bar untuk posisi tangan yang lebih rilex.

Sudah banyak pengendara yang test drive motor ini di jalan offroad. Hasilnya, Suzuki Nex Crossover ini mampu dibawa melintasi jalan rusak berlumpur. Dengan suspensi yang empuk, menjadikan jok lebih nyaman meskipun dikendarai di jalan yang tidak mulus.

Performa Mesin Suzuki Nex Crossover

Suzuki Nex Crossover speknya hampir sama dengan pendahulunya, yaitu Suzuki Nex II yang menggunakan mesin tipe SOHC 115 cc dengan 1 silinder 2 Katup, serta menggunakan pendingin udara dan CVT. Mesin motor ini hanya memakai oli 650 cc.

Kemudian, terdapat mesin SEP terbaru / Suzuki Eco Performance. Dengan teknologi dan tipe mesin tersebut, motor keluaran Suzuki ini dapat mencapai power maksimum 6,7 Kw/ 9,1 PS di putaran 8.000 rpm. Sedangkan untuk torsi tertingginya yaitu 8,5 Nm pada putaran 6.000 rpm.

Rem yang digunakan adalah konfigurasi rem cakram pada bagian depan dan rem tromol pada bagian belakang. Motor ini menggunakan satu suspensi saja yaitu pada bagian belakang sebelah kiri. Suspensi ini meredam guncangan lebih baik dibandingkan dengan suspensi non-tabung.

Seri motor ini dibekali dengan fitur Suzuki Easy Start System  yang dapat membuat motor menjadi lebih gampang dinyalakan. Tinggal sekali pencet saja, dynamo akan berputar sampai mesin motor menyala.

Dari pertama menyala, mesin motor minim getaran karena menggunakan bore x stroke 51 mm x 55,2 mm. Untuk performanya di jalan yang lurus, motor ini lebih terasa halus karena kapasitas motor yang kecil.

Penggunaan ban semi offroad membuat motor ini lebih enak dipakai menikung dan berkendara di jalan yang kurang mulus. Ban depannya ukuran 80/90 ring 14, sedangkan ban belakangnya ukuran 90/90 ring 14.

Konsumsi Bahan Bakar Suzuki Nex Crossover

Suzuki Nex Crossover dapat dipacu sampai kecepatan maksimum 106 km/ jam yang dapat tercatat di speedometer, tetapi kalau jarak sebenarnya mencapai 99,4 km/ jam. Kapasitas tangki bahan bakarnya cukup besar dapat menampung, yakni hingga 3,6 liter bensin.

Saat dilakukan pengetesan, motor ini diisi dengan metode full to full, dan motor ini ternyata cukup irit dengan menghabiskan 1 liter bensin/ 44,5 km dengan catatan pembawaannya sering di gas. Kalau dikendarai dengan lebih kalem, diperkirakan akan lebih irit.

Kenapa bisa sangat irit bahan bakar? Karena dibantu oleh fuel injection yang sudah diatur dengan ECU. Pengaruh lainnya yaitu adanya mesin SEP (Suzuki Eco Performance) yang merupakan inovasi baru Suzuki.

Kelebihan Suzuki Nex Crossover

Menggunakan Naked Handlebar

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa untuk meringankan pengendara dalam menyetir dan mengendalikan motor, Suzuki Nex Crossover ini menggunakan stang naked handle. Dengan stang setir lebih ringan, ini akan lebih meningkatkan ergonomic.

Ground Clearance Tertinggi di Kelasnya

Jarak motor dengan tanah motor ini merupakan yang tertinggi di kelasnya yang mencapai 170 cm. Dengan ground clearance  yang tinggi, pembawaannya akan terasa lebih mantap dan gampang diseimbangkan.

Anda tidak perlu khawatir untuk membawanya adventure dengan GC setinggi ini. Apalagi jika hanya melawan polisi tidur.

Panel Speedometer Digital Instrument

Panel speedometer ini merupakan versi paling canggih diantara seri Nex yang lain. Panel ini memberikan informasi yang lebih jelas. Informasi yang terpasang antara lain kecepatan, kapasitas bahan bakar, jarak tempuh, indicator system FI, voltase baterai, indikator lampu, bahkan ada jamnya.

Tertarikkah Anda untuk memiliki Suzuki Nex Crossover dengan semua kelebihannya di atas? Performanya yang mumpuni, konsumsi bahan bakar yang lebih irit, dan bisa diajak berpetualang membuktikan bahwa kualitas motor ini lebih bagus daripada seri sebelumnya.