4 Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android paling Simpel

Pengguna smartphone Android mungkin tidak mengetahui cara menyembunyikan aplikasi, atas alasan tertentu pengguna ingin menyembunyikan aplikasi di Smartphone tanpa harus menghapusnya. Aplikasi pun dapat ditampilkan kembali sehingga pengguna tidak perlu menginstal aplikasi baru, karena tidak perlu dihapus.

Banyak pengguna smartphone Android mengetahui cara mengunduh dan menghapus aplikasi. Nyatanya jarang yang mengetahui kalau aplikasi di Android dapat disembunyikan. Menyembunyikan aplikasi yang telah diinstal dari Playstore di HP Android ternyata mudah. Aplikasi dapat digunakan kembali tak berulang kali mengunduh aplikasi baru, sehingga lebih hemat dan data waktu.

Pengguna bisa memanfaatkan beberapa cara menyembunyikan aplikasi smartphone Android dengan menggunakan pengaturan bawaan ponsel maupun menginstal aplikasi baru. Cara menyembunyikan aplikasi Android berikut dapat diterapkan untuk HP Samsung, Huawi, Xiaomi, dan lain sebagainya.

Cara menyembunyikan aplikasi di hp Samsung dan LG

HP Samsung maupun LG memiliki fitur yang dapat digunakan untuk menyembunyikan aplikasi tanpa harus menghapusnya. Adanya fitur ini maka pengguna bisa menggunakan kembali aplikasi sewaktu-waktu tanpa harus melakukan instalasi ulang.

RajaBackLink.com
  1. Silakan ketuk ruang kosong yang ada di layar handphone
  2. Di bagian kanan bawah, ketuk tombol untuk pengaturan layar beranda.
  3. Ke bawah pada bagian mulut tersebut dan ketuk “Sembunyikan aplikasi”
  4. Setelah muncul menu, silakan sembunyikan aplikasi, lalu ketuk “Terapkan”

Cara menyembunyikan aplikasi di ponsel Xiaomi

Ponsel yang dijalankan dengan MIUI (Ponsel Xiaomi Redmi) juga dilengkapi dengan fitur untuk menyembunyikan aplikasi tertentu. Privasi bisa cukup terjaga dengan adanya fitur untuk sembunyikan aplikasi ini. Tutorial sembunyikan aplikasi di hp Xiaomi hanya perlu beberapa tahap dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Silakan Buka aplikasi Keamanan bawaan ponsel
  2. Ketuk ikon untuk kunci Aplikasi
  3. Selanjutnya silakan pilih aplikasi yang akan disembunyikan.
  4. Cara menyembunyikan aplikasi di ponsel Huawei

Cara sembuyikan aplikasi di hp Huawei

Sayangnya cara ini hanya dapat digunakan untuk menyembunyikan aplikasi yang belum diunduh. Meski demikian apabila ingin menyampaikan aplikasi yang sudah digunakan, maka pengguna harus menghapus dan menginstal aplikasi baru, lalu aplikasi baru bisa disembunyikan.

  1. Buka aplikasi Pengaturan.
  2. Berikutnya buka Privasi dan Keamanan
  3. Pilih PrivateSpace, Lalu ikuti petunjuk untuk mengatur PrivateSpace.
  4. Selanjutnya silakan unduh aplikasi yang akan disembunyikan.

Menyembunyikan aplikasi di hp Android dengan aplikasi Nova Launcher

Pengguna ponsel Android yang tidak menemukan fitur menyembunyikan dia aplikasi bawaan bisa mengunduh aplikasi Nova Launcher. Nova Launcher dapat digunakan untuk menyembunyikan aplikasi HP dengan basis Android. Penggunaannya pun lebih simpel dibandingkan cara-cara lain dengan tutorial sebagai berikut.

  1. Silakan buka Google Play Store lalu cari Nova Launcher
  2. Atur peluncur aplikasi sebagai default
  3. Silakan Buka aplikasi pengaturan Nova Launcher
  4. Ketuk “Laci Aplikasi dan widget”.
  5. Pilih “Sembunyikan Aplikasi” di bawah grup laci.
  6. Selanjutnya silakan centang Kotak di samping aplikasi yang ingin disembunyikan.

Nova Launcher juga mampu digunakan untuk mengubah nama dan ikon suatu aplikasi. Mengubah nama dan icon adalah sebagai bentuk penyamaran yang cukup efektif. Cara ini dapat dilakukan meskipun hanya menggunakan Nova Launcher versi gratis. Berikut cara mengganti nama dan icon aplikasi.

  1. Silahkan buka laci aplikasi.
  2. Ketuk dan tahan lama aplikasi yang akan disamarkan.
  3. Pilih “Edit”.
  4. Rubah nama dan ikon sesuai dengan selera masing-masing sebagai bentuk penyimpanan aplikasi tersebut.

Meskipun ada beberapa cara menyembunyikan aplikasi si di HP Android namun cara-cara tersebut tidak benar-benar menutup privasi data. Pasalnya aplikasi tersebut masih bisa dicari di ponsel yang berbeda dengan penghapusan aplikasi. Meski demikian, cara sembunyikan aplikasi di hp Android ini cukup efektif menjaga privasi, terutama dari orang-orang yang gaptek soal ponsel dengan OS Android.