Cara Download Aplikasi Play Store di Laptop

Tidak hanya dapat diinstal di hp Android, namun kamu juga dapat download Play Store di laptop. Cara download aplikasi Playstore di perangkat komputer pun tidak rumit, kamu hanya cukup mengikuti beberapa tahap saja bahkan bisa dikatakan setiap orang yang memiliki laptop bisa mengunduh aplikasi Play Store.

Sebagian besar orang saat ini sudah memiliki ponsel pintar baik dengan OS Android. Keberadaan ponsel tersebut banyak membantu kehidupan manusia. Tidak hanya sebagai alat komunikasi namun ponsel Android juga digunakan untuk berbagai pekerjaan. Berbagai tugas hingga belanja yang bisa dikerjakan secara digital bisa diselesaikan dengan menggunakan Gadget seukuran saku tersebut.

Aplikasi berbasis Android dapat digunakan oleh pengguna gadget layaknya aplikasi komputer. Tak hanya bersifat hiburan namun beberapa aplikasi dapat digunakan untuk keperluan lain sesuai dengan kebutuhan penggunanya keperluan fotografi, media sosial, office, editing, dan lain sebagainya. Aplikasi-aplikasi tersebut umumnya diunduh di Play Store.

Play Store menyediakan berbagai aplikasi gratis yang dapat digunakan untuk berbagai tujuan seperti mencari ilmu pengetahuan, agama, tutorial, hingga tips-tips penting seolah bisa sekolah dan kerja dari rumah. Beberapa contoh diantaranya adalah aplikasi untuk . Apabila pengguna bisa lebih bijak, aplikasi Android juga mampu menghasilkan uang.

Sebelum mengunduh aplikasi yang ada di Play Store, pengguna harus login terlebih dahulu. Cara login ke aplikasi Playstore pun sangat mudah, yaitu hanya cukup dengan menggunakan gmail. Pengguna cukup masukkan email dan password di pengaturan akun atau pun di Play Store.

Apabila belum memiliki akun Gmail, pengguna bisa membuat akun terlebih dahulu melalui ponsel secara langsung. Setelah mengikuti beberapa tahap proses pembuatan akun Gmail, maka pengguna bisa menggunakannya untuk login ke aplikasi Play Store. Setelah itu Play Store dapat digunakan untuk berbagai keperluan unduh aplikasi, games, buku, dan film.

Cara Download Play Store di laptop

Menariknya ternyata aplikasi Play Store tidak hanya bisa digunakan di ponsel Android. Aplikasi ini juga dapat diinstal dan dibuka di laptop. Cara download aplikasi Play Store di laptop tentunya tidak bisa dilakukan serta merta. Pasalnya aplikasi Play Store khusus dibuat untuk OS Android.

Cara download Google Play di laptop diperlukan sebuah emulator. Emulator ini berguna menciptakan laptop olah-olah menjadi sebuah ponsel Android. Emulator dapat diunduh secara gratis di internet dan dapat diinstal dengan mudah. Jenis-jenis emulator pun ada banyak, beberapa di antaranya adalah NOX, Bluestacks, dan Andyroid.

Cara menggunakan emulator di laptop

Berikut ini tutorial cara unduh emulator sebagai langkah persiapan sebelum download Play Store di laptop. Berikut akan dicontohkan cara unduh hingga menjalankan Bluestacks di komputer. Silakan ikuti tutorial berikut ini langkah demi langkah.

  1. Silahkan download Bluestacks dan pastikan hanya mengunduh dengan file Bluestacks.exe.
  2. Buka Explorer lalu instal file .exe dan ikuti langkah-langkah di layar komputer.
  3. Setelah instalasi selesai, jalankan Bluestacks, silahkan masuk menggunakan ID Gmail.
  4. Unduh Play Store dari Bluestack, lalu instal jika belum tersedia di layar Bluestacks.

Proses download Play Store di laptop pun sudah selesai, karena telah berhasil diinstal di Bluestacks. Pengguna tak hanya bisa menjalankan Play Store di laptop, namun dengan adanya aplikasi Playstore yang tadi instal maka secara otomatis menggunakan bisa menginstal berbagai aplikasi yang umumnya digunakan di ponsel Android.

Akan tetapi apabila mengalami kendala dalam penggunaan Bluestacks, pengguna bisa mencoba emulator yang lain. Emulator OX dan Andyroid memiliki fungsi yang sama, sehingga dapat menjadi alternatif agar tetap bisa instal Play Store di Laptop.

Demikian tutorial Bagaimana cara download Play Store di laptop yang ternyata dapat dilakukan kan dengan cara mengunduh emulator terlebih dahulu. Penggunaan emulator bisa merasakan seolah ada OS Android di Laptop yang menggunakan OS Windows. Selanjutnya berbagai aplikasi Android dapat diunduh dan dijalankan melalui emulator tersebut.