Cara Mengatasi Lupa Sandi Password Facebook

Lupa sandi Facebook adalah persoalan yang umum dialami pengguna. Lupa sandi FB bisa terjadi apabila lama tidak membuka media sosial yang dipelopori oleh Mark Zuckerberg tersebut. Pemilik akun Facebook tidak bisa menulis status, gambar, maupun video karena tak punya akses masuk ke akun Facebook yang dimiliki.

Pemilik akun Facebook tak perlu risau apabila mengalami persoalan lupa kata sandi Facebook. Ada fitur yang pemulihan kata sandi yang disediakan oleh FB agar pengguna bisa kembali login ke akun masing-masing. Ikuti langkah-langkah pemulihan bisa kembali login, sekaligus mendapatkan password yang baru.

Cara membuka FB lupa kata sandi

Lupa kata sandi Facebook dapat diatasi dengan beberapa langkah. Cara membuka FB lupa sandi adalah dengan reset password. Silahkan ikuti tahap-tahap pemulihan yang dilansir dari Pusat Bantuan resmi berikut ini.

  1. Silahkan buka laman facebook.com/login/identify dengan menggunakan ponsel atau laptop yang sebelumnya dipakai untuk login Facebook.
  2. Cari akun yang akan dipulihkan dengan ketik nama, nomor handphone, atau alamat email yang digunakan untuk mendaftar.
  3. Silahkan ikuti tahap-tahap mereset kata sandi di halaman tersebut.

Langkah-langkah reset lupa sandi Facebook

Kata sandi akun Facebook yang lupa dapat diatur ulang (reset). Jika proses reset ini berhasil, maka pengguna akan memperoleh password baru. Kata sandi tersebu dapat digunakan untuk masuk (login) ke akun FB. Ikuti tata cara reset lupa sandi Facebbook sebagai berikut:

  1. Silahkan pilih Lupa Kata Sandi?
  2. Ketik alamat email, nomor ponsel, dan nama lengkap atau nama pengguna sesuai dengan akun yang akan dipulihkan, lalu ketuk Cari.
  3. Ikuti tahap demi tahap pemulihan, maka pengguna bisa kembali login ke akun FB yang bersangkutan.

Cara mengatasi lupa email dan nomor ponsel

Apabila pengguna lupa dengan email dan nomor ponsel yang akan digunakan untuk pemulihan, maka masih ada solusi yang dapat dicoba oleh pengguna. Ada 3 hal penting yang dapat diperhatikan apabila ingin mendapatkan kata sandi baru melalui pemilihan via email maupun nomor ponsel.

1. Coba pakai email atau nomor ponsel lain untuk login

Caranya adalah dengan menggunakan email ataupun nomor ponsel lain. Cara ini bisa bisa dicoba dengan catatan sebelumnya pengguna telah menambahkan email dan nomor pada akun yang lupa. Tata cara mengetahui email dan nomor ponsel yang terhubung dengan akun FB yang hilang adalah dengan mengakses laman facebook.com/login/identify.

2. Melakukan pemulihan email

Setelah mengetahui alamat email yang digunakan untuk login Facebook, pengguna bisa login ke email yang yang digunakan. Apabila lupa dengan password email, perlu adanya pemulihan kata sandi email tersebut. Setelah urusan email tuntas, maka dapat digunakan untuk pemulihan akun FB agar bisa login Facebook lama.

3. Perhatikan format ponsel dengan benar

Soal perkara format nomor ponsel juga harus diperhatikan saat akan membuka Facebook lupa kata sandi. Selain harus memasukkan nomor ponsel dengan benar, pengguna harus ketik kode negara dengan tepat. Silahkan ketik 62 namun tanpa ada tambahan (+). Tak perlu menuliskan angka nol, melainkan cukup kode negara saja.

Masih ada satu tahpa yang harus diselesaikan saat akan melakukan reset kata sandi, pengguna akan diminta untuk memilih beberapa teman sebagai salah tahap pemulihan akun. Perlu ada kesesuaian antara foto teman dengan nama pengguna. Pastikan memilih teman dengan tepat sesuai dengan foto yang ditampilkan.

Demikian penjelasan mengenai cara atasi lupa sandi Facebook yang dapat dicoba oleh pengguna. Pengguna akan diminta untuk reset password akun FB yang lama. Pemulihan dapat dilakukan lewat nomor ponsel dan email yang digunakan untuk mendaftar akun Facebook sebelumnya.