Cara Mengganti Akun Gmail di Perangkat Android

Buat kamu pengguna android, akun gmail atau google pada ponselmu pasti punya peranan penting dan punya beragam kegunaan yang sangat diperlukan dalam setiap aktivitas perangkat ponselmu.

Diantara sekian banyak peran dan kegunaan tersebut, salah satu yang memiliiki peranan penting adalah aplikasi Play Store yang disediakan oleh google. Play Store memberikan akses kemudahan untuk kamu bisa mengunduh berbagai aplikasi penting di ponselmu, seperti aplikasi game, messanger, menonton film hingga aplikasi untuk membaca buku maupun berita pun disediakan oleh Play Store.

Tapi, bagaimana jika kamu harus berganti di ponsel yang baru? Apakah akun gmail atau googlemu dibiarkan begitu saja?

Pastinya jika kamu harus beralih ke ponsel barumu, kamu harus menghapus akun gmail atau google tersebut. Nah, lalu bagaimana cara menghapus akun gmail atau google yang ada di perangkat ponselmu?

RajaBackLink.com

Berikut adalah beberapa macam langkah-langkah yang perlu kamu perhatikan untuk menghapus akun google atau gmail pada perangkat ponsel lamamu.

Cara pertama

Dalam langkah-langkah di cara pertama ini, akan memudahkan kamu untuk bisa menghapus atau mengubah akun google yang ada di perangkat ponselmu tanpa harus mereset semua sistem ponselmu.

Langsung saja, berikut cara pertama yang perlu kamu perhatikan.

  1. Kamu bisa masuk ke menu “setting” yang ada di dalam perangkat ponselmu.
  2. Kemudian, kamu bisa mencari menu google pada tampilan setting tersebut.
  3. Klik akun google atau gmail yang ingin kamu hapus.
  4. Disitu akan muncul pop up yang berisi pilihan email yang sedang login di dalam perangkat ponselmu, lalu pilih “kelola akun di perangkat ini”
  5. Pilih lagi akun google atau gmail yang akan kamu hapus.
  6. Tekan tombol “Hapus Akun” di bagian tampilan paling bawah.
  7. Jika sudah, maka akun google atau gmail yang ada di perangkat ponselmu secara otomatis akan terhapus. 

Nah, mudah bukan untuk bisa menghapus atau mengganti akun google yang ada di perangkat ponselmu? Sekarang kamu bisa coba melakukan cara pertama di atas ya.

Selain cara pertama di atas, ada juga cara kedua yang lebih mudah untuk menghapus akun google atau gmailmu di perangkat ponselmu secara permanent.

Cara kedua

Setelah mengetahui cara pertama tadi, kamu juga bisa menggunakan cara kedua yang tidak kalah mudahnya. Namun cara kedua ini hanya bisa dilakukan untuk menghapus akun gmail atau google saja tidak bisa untuk mengganti akun.

Berikut cara kedua untuk mengganti akun google atau gmail yang perlu kamu perhatikan.

  1. Sama seperti cara pertama, silakan kamu buka ke tampilan menu “setting” yang ada di dalam perangkat ponselmu.
  2. Kemudian pilih menu “aplication manager” yang ada pada tampilan setting tersebut.
  3. Di dalam menu tersebut, cari aplikasi google dan tekan menu google tersebut.
  4. Pada tampilan aplikasi google, tekan tombol “clear data”.
  5. Setelah menekan tombol “clear data” apabila muncul pop up yang berisi tampilan atau tulisan “All information you've saved in this application will be deleted permanently” maka tekan tombol “OK”
  6. Jika sudah, maka secara otomatis akun google atau gmail yang ada di perangkat ponselmu akan terhapus.
  7. Apabila kamu ingin login kembali menggunakan akun lain, kamu bisa membukanya di aplikasi gmail.

Itu tadi merupakan dua cara yang mudah untuk bisa kamu pahami dan kamu lakukan jika ingin menghapus akun google atau gmail yang ada pada perangkat ponselmu. Sehingga kamu tidak perlu was-was lagi meninggalkan akun google atau gmail di perangkat ponsel lamamu.

Jadi, bagaimana kedua cara di atas menurutmu? Mudah kan?

Semoga bermanfaat ya.