Cara Membuka Situs yang Diblokir tanpa Aplikasi

Ada kalanya saat masuk pada suatu situs tertentu, maka akan muncul tampilan pemberitahuan dari situs sudah diblokir. Sejumlah alasannya yakni kendali pemerintah yang belum mau warganya untuk akses. Sebab, berisi konten yang belum layak untuk diakses maupun juga berlawanan dengan Undang-undang yang berkaitan dengan Informasi maupun juga Transaksi Elektronik. 

Pemblokiran yang ada pada situs juga telah berfungsi dalam menjaga jaringan yang ada di internet yang ada di dalam negeri. Hal itu tentu tidak terdampak virus yang nantinya bisa membocorkan data untuk pengguna internet hingga membahayakan masyarakat.

Kemudian juga, sejumlah akses internet yang ada dari tempat umum seperti halnya sebuah kantor maupun juga jaringan publik lainnya juga akan bisa memblokir situs yang pada dasarnya bisa diakses memakai jaringan pribadi. 

Hal tersebut bisa saja terjadi akibat sejumlah tempat publik yang mau membatasi pemakaian internet bagi situs tertentu saja supaya tidak merugikan maupun juga melebihi batas pemakaian data yang telah disediakan.

RajaBackLink.com

Tips Membuka Situs Terblokir 

Memang ada ketika Anda mau mengakses situs itu sehingga butuh dalam mencari cara dalam membuka situs yang akan diblokir tidak dengan menggunakan aplikasi. Berikut merupakan metode yang memang paling umum, efektif, maupun juga legal dalam membuka situs yang nantinya diblokir.

Memakai VPN

Metode pertama yang merupakan langkah dalam membuka situs yang telh diblokir tidak dengan aplikasi ialah memakai virtual private network (VPN). Artinya, VPN merupakan alat yang telah terenkripsi dengan lalu lintas internet Anda dan bisa saja Anda memalsukan alamat yang ada pada protokol internet maupun IP. Maka tidak ada yang dapat memantau lokasi yang sebenarnya.

Hal itu juga menjadikan Anda dapat mengakses situs yang diblokir yakni dengan geografis, contohnya saja situs di Amerika Serikat yang belum bisa dikunjungi dari Indonesia. VPN tentu saja memungkinkan untuk Anda dalam mengubah alamat IP yang telah berlokasi di Indonesia dan dapat jadi lokasi di AS maka dapat mengakses situs itu.

Sekarang ini, VPN juga adalah langkah paling tenar dalam mengatasi web yang terkena dampak sensor. Alih-alih bisa dalam mengakses situs itu secara langsung, Anda dapat melakukannya lewat server VPN, yang itu bermaksud para penyedia layanan daripada internet maupun juga internet service provider (ISP) yang Anda gunakan tidak mendeteksi situs yang telah dikunjungi dan bisa tidak memblokirnya.

Keunggulan lain daripada VPN ini adalah kemudahan dalam menjadikan aktivitas daring maupun juga online Anda memang sepenuhnya anonim. Dengan langkah ini, pra penyedia layanan dari internet Anda belum bisa untuk melacak ketika Anda membuka situs yang memang telah terblokir maupun juga dibatasi pada negara maupun juga di jaringan yang digunakan.

Penggunaan untuk browser extension

Berikutnya langkah dalam membuka situs yang telah diblokir tidak dengan aplikasi ialah memakai ekstensi browser supaya bisa mengakses situs yang ada di web dengan lebih teratur. Ada banyak pilihannya, seperti halnya ProxMate, UltraSurf, Hola, dll. Guna mendapatkannya, hanya perlu untuk akses bagian extension yang ada pada browser Anda hingga pilih satu di antara yang sesuai dengan Anda.

Memakai Google Translate

Google Translate bisa digunakan supaya bisa menyembunyikan alamat situs yang ada pada web. Langkah yang satu ini memang tak selalu berhasil, akan tetapi memberikan alternatif sederhana agar memakai situs proxy maupun juga browser portable. Langkahnya ialah sebagai berikut:

  • Buka terlebih dahulu https://translate.google.com/ di browser Anda.
  • Ketik juga pada alamat situs yang terdapat di dalam kotak teks yang berada sebelah kiri.
  • Pilih juga bagian bahasa apa pun yang ada di kotak paling kanan.
  • Ada juga tampilan tautan yang berwarna biru yang bisa di klik di kotak Yang di bagian paling kanan.
  • Klik juga untuk bagian tautan itu.
  • Jelajahi pula situs itu.

Memakai Server DNS

Selanjutnya adalah cara yang cepat dalam membuka blokir situs memakai server DNS:

  • Temukan terlebih dahulu pengaturan pada jaringan yang terdapat pada Control Panel.
  • Jangan lupa untuk buka terlebih dahulu bagian pada Network maupun juga internet lalu jangan lupa untuk klik bagian Network dan juga Sharing Center.
  • Klik untuk bagian kanan yang terdapat pada connection hingga jangan lupa pilih Properties.
  • Pilih juga bagian Properties TCP/IPv4.
  • Pilih juga bagian seperti “Use to Following and DNS Servers.”
  • Masukkan juga bagian Server DNS Google dengan langkah manual (8.8.4.4, 8.8.8.8).
  • Klik di bagian OK guna menyimpan hingga keluar.
  • Anda sekarang memakai server DNS Google.
  • Situs yang telah diblokir dari para penyedia layanan internet tentunya Anda sekarang dapat untuk bisa dilihat.

Memakai alamat IP

Terdapat kemungkinan bahwa suatu situs yang diblokir merupakan uniform resource and locator (URL) bukan pula alamat IP. Bila itu masalahnya, tentu Anda bisa untuk membuka situs yang telah terblokir dengan memakai alamat IP-nya. Alamat IP berbentuk deretan angka.

Guna mengakses suatu situs memakai cara ini, lumayan temukan hingga salin IP pada browser Anda. Akan tetapi, bagaimana langkah menemukan alamat IP pada suatu situs web? Langkahnya adalah:

  • Pertama jangan lupa untuk memilih ikon seperti Windows + R.
  • Ketik juga bagian yang ada “cmd” hingga klik OK.
  • Tampilan pada command prompt tentunya akan muncul.
  • Tulis juga kata “ping” kemudian jangan lupa untuk diikuti dari situs web yang telah diblokir. Contohnya saja “ping untuk situsweb.com” jangan lupa untuk tekan Enter.
  • Akan muncul pula alamat IP yang terdapat dari web itu.
  • Salin dan jangan lupa untuk tempel alamat IP yang ada ke browser Anda.
  • Akan tetapi, perlu diingat langkah ini tidak akan bisa berfungsi bagi seluruh situs karena sejumlah layanan akan menyembunyikan untuk alamat IP mereka, dan juga yang lain memakai sejumlah alamat IP yang belum juga bisa diandalkan. Ada juga terdapat berbagai kemungkinan yang telah diblokir tidak cuma URL namun juga alamat IP.

Memakai Wayback Machine

Terakhir langkah dalam membuka situs yang diblokir tidak perlu menggunakan aplikasi adalah memakai Wayback Machine. Arsip yang terdapat digital ini menyimpan sejumlah versi situs yang sebelumnya hingga menyajikannya kepada pemakainya.

Pemakainya bisa memilih versi situs yang favorit sebelumnya yang ada, menyaksikan video, kemudian mendengarkan audio, yang sekarang ini belum tersedia namun telah disimpan dari Wayback Machine. Dengan demikian and juga perlu untuk memperhatikan hal tersebut supaya apa yang diinginkan akan berjalan dengan baik.

Itulah langkah dalam membuka situs yang memang akan diblokir tidak dengan aplikasi. Anda hanya perlu untuk mengikuti langkah-langkah sesuai dengan tingkat pemahaman dengan demikian tidak akan ada lagi yang bingung dan mengalami kendala tertentu. Apalagi cara-cara diatas lumayan mudah untuk diikuti. Tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam dengan sejumlah tips di atas sudah bisa membantu Anda dalam mengatasi tersebut.

Sumber gambar: pexels free images