Inilah Daftar Aplikasi Whiteboard Terbaik di Komputer / PC

Selama masa pandemi Covid-19, hampir semua kegiatan tidak bisa dilakukan secara langsung termasuk kegiatan belajar mengajar yang dilakukan secara virtual. Dikarenakan pandemi tersebut banyak guru mengalami kesulitan, belajar dari rumah itu sulit dilakukan baik dalam memberikan materi dan juga memberikan nilai.

Selain itu School From Home tidak akan maksimal karena guru tidak bisa bertatapan langsung dengan peserta didiknya. Tapi guru tetap harus menyediakan infrastruktur agar bisa menyampaikan materi ke siswanya dengan baik. Salah satu infrastruktur tersebut adalah papan tulis.

Papan tulis memiliki peran yang sangat penting dalam proses belajar mengajar. Karena semua materi disampaikan akan lebih efektif jika melalui media papan tulis. Mungkin dulu papan tulis yang digunakan masih menggunakan kapur tulis, namun saat ini papan tulis sudah menggunakan boardmaker dan lebih dikenal sebagai whiteboard serta sudah sangat canggih karena tersedia dalam bentuk aplikasi.

5 Aplikasi Whiteboard Untuk PC Terbaik Yang Direkomendasikan

Pengganti papan tulis pada saat melakukan pembelajaran secara daring dapat digantikan dengan memanfaakan perangkat baik laptop ataupun PC. Karena melalui perangkat tersebut Anda akan menemukan aplikasi whiteboard terbaik untuk mengajar. 5 aplikasi whiteboard berikut ini paling direkomendasikan, di antaranya adalah:

RajaBackLink.com

1.        Aplikasi Zite Board

Aplikasi whiteboard untuk PC terbaik pertama adalah Zite Board. Bahkan Zite Board lebih dikenal sebagai situs web yang memiliki fungsi sebagai papan tulis. Tak hanya PC atau laptop saja dapat menggunakan situs ini bahkan perangkat Smartphone pun bisa menggunakannya.

Zite Board sudah didukung dengan berbagai fitur seperti video call, voice call, dan juga ekspor papan tulis menjadi bentuk file jpeg. Situs yang bisa kalian kunjungi adalah ziteboard.com.

2.        Aplikasi Google Canvas

Adalah aplikasi whiteboard for PC yang berbasis website di mana kalian cukup menggunakan aplikasi dari browser yang sudah didukung oleh HTML5 seperti Chrome ataupun Firefox. Kalian bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis melalui fitur yang ditawarkannya seperti pensil, pena, spidol, penghapus, palet warna dan juga kapur.

3.        Aplikasi Microsoft Whiteboard

Aplikasi selanjutnya yang bisa kalian gunakan sebagai pendidik adalah Microsoft Whiteboard yang bisa didownload dan juga digunakan secara gratis. Fitur yang disediakan seperti pena, palet, warna dan juga banyak lainnya. Bahkan sudah tersedia fitur untuk kolaborasi online di mana Anda bisa dengan teman untuk berada pada satu papan tulis secara online.

4.        Aplikasi Google Jamboard

Google Jamboard mempunyai user interface yang begitu sederhana bahkan penggunanya tidak akan mengalami kesulitan sedikit pun ketika menggunakannya. Melalui aplikasi ini, Anda bisa berbagi ide yang dimiliki secara real time agar terciptanya kreatifitas siswa selama masa pandemi. Sehingga peserta didik tetap mendapatkan pelajaran yang bisa bermanfaat apapun kondisi alam saat ini.

5.        Aplikasi OpenBoard

Melalui aplikasi OpenBoard, Anda bisa menggunakan lintas platformnya dari sistem operasi yang digunakan sejuta umat yaitu Windows, MaCos dan juga Linux. Pengguna juga bisa menulis dan juga menggambar memanfaatkan pensil dengan berbagai warna.

Bahkan OpenBoard juga sudah didukung berkolaborasi real time secara online dan juga sudah didukung layar ganda serta ekspor layar file yang berekstensi atau bentuk PDF.

Dengan kehadiran berbagai aplikasi whiteboard secara online, tentu tidak akan menyulitkan para pendidik untuk memberikan proses belajar mengajar walaupun dilakukan secara daring dikarenakan pandemi Covid-19. Para peserta didik tetap akan bisa mendapatkan pengajaran secara maksimal melalui kehadiran aplikasi whiteboard yang sudah tersedia di perangkat yang pendidik gunakan.