Aplikasi Screen Recorder Laptop Terbaik dan Gratis

Pada saat ingin merekam layar maupun juga screen recording tidak termasuk rumit dilakukan. Pada merekam layar, Anda menggunakan teknologi khusus yang disebut pula dengan screen recorder. 

Bila Anda mau sekaligus untuk merekam audio, Anda membutuhkan screen recorder dengan memiliki kemampuan merekam audio. Kemudian Aplikasi screen recorder yang ada pada laptop tentu bisa merekam keseluruhan maupun juga sebagian layar. Rekaman yang ada pada layar bisa mencakup seluruh. Hal itu mulai dari gerakan kursor maupun juga pengetikan.

Rekomendasi Aplikasi untuk Screen Recorder

Terdapat banyak pilihan daripada aplikasi screen recorder, hal itu hanya perlu disesuaikan berdasarkan keperluan Anda. Berikut adalah list aplikasi screen recorder laptop termasuk yang terbaik dan juga gratis yang dapat Anda pilih.

OBS Studio

OBS yang memiliki kepanjangan Open Broadcaster Software merupakan aplikasi screen recorder yang ada pada laptop gratis yang menyuguhkan perekaman maupun juga streaming pada definisi tinggi tidak ada batasan. Aplikasi ini bisa dipakai pada laptop maupun juga komputer dan tentu saja memungkinkan Anda dalam memilih di area layar yang mau ditangkap maupun merekam pada seluruh layar.

RajaBackLink.com

Aplikasi berupa screen recorder OBS Studio mempunyai tombol pintas yang nantinya bisa disesuaikan guna membantu dalam mengontrol perekaman. Mixer audio juga nantinya akan tersedia dalam menghasilkan video dengan memiliki suara jernih hingga lancar. 

OBS Studio tentu saja menjadi suatu pendukung dari streaming secara langsung pada Twitch maupun juga YouTube, yakni dalam menyimpan proyek kemudian kembali lagi nanti, maupun dalam menyandikan rekaman Anda pada format FLV hingga menyimpannya di memori.

TinyTake

TinyTake adalah suatu aplikasi screen recorder laptop secara gratis, ringan kemudian juga mudah dipakai. Aplikasi ini mempunyai fitur dalam merekam layar, kemudian bisa membuat anotasi, hingga dapat membagikannya pada media sosial. TinyTake mempunyai tampilan sederhana kemudian juga ada fitur yang lengkap. Anda juga bisa untuk menambahkan grafik pada drive lokal dalam membuat anotasi file.

Screencast-O-Matic

Screencast-O-Matic merupakan aplikasi screen recorder yang terdapat pada laptop dengan online. Hal itu tentu mendukung webcam hingga perekaman layar. Walaupun aplikasi belum bisa memungkinkan dalam merekam pada kualitas yang termasuk tinggi, aplikasi ini mempunyai opsi dalam merekam yakni pada ukuran 800×600, 640×480 hingga pengertian standar lainnya.

Ukuran yang terdapat pada video yang telah termasuk kecil menjadikan aplikasi screen recorder ini termasuk ideal dalam merekam hingga mengunggah rekaman layar dengan lebih cepat. Fitur Screencast-O-Matic juga akan menolong para pengguna yakni untuk memperbesar, kemudian menggambar, hingga bisa menambahkan overlay yang terdapat pada file video.

Sesudah Anda selesai untuk merekam layar, Anda bisa membagikan rekaman yakni ke YouTube tidak perlu dalam mendownload aplikasi tambahan. Pada dasarnya screencast-O-Matic juga mempunyai fitur tambahan seperti halnya fitur edit audio untuk bagian komputer hingga sinkronisasi pada rekaman dengan memiliki cuplikan video.

Free Cam

Free Cam adalah merupakan suatu aplikasi screen recorder yang terdapat pada laptop yang termasuk sederhana dengan adanya editor audio maupun juga video bawaan. Tampilan yang antarmuka Free Cam tentunya menarik hingga intuitif, maka dari itu bisa menjadikan rekaman layar dengan lebih mudah.

Walaupun aplikasi screen recorder ini termasuk gratis, tentu hasil rekaman video pastinya tak perlu ada watermark sehingga akan bebas iklan. Anda bisa pula dalam merekam suara hingga menghasilkan suatu rekaman layar dengan memiliki resolusi tinggi. Para pemakai bisa dalam menyimpan video yakni untuk WMV maupun juga mengunggahnya secara langsung yakni pada YouTube.

Free Cam juga menghadirkan fitur dalam menghapus fragmen yang terdapat video yang taka diinginkan dengan lebih mudah, kemudian untuk menghilangkan kebisingan yang ada pada latar belakang, kemudian juga berbagai pilihan efek yang terdapat pada audio dalam membuat rekaman layar supaya lebih baik.

DVDVideoSoft Free and Screen Video to Recorder

DVDVideoSoft Free and Screen Video to Recorder merupakan suatu aplikasi screen recorder dengan menggunakan fitur lengkap. Namun, tetap ringan. Aplikasi ini memang sengaja dirancang dalam merekam percakapan Skype tidak ada batasan, maka dari itu berguna dalam wawancara Skype hingga panggilan konferensi online.

Fitur lain yakni dari aplikasi screen recorder laptop ini adalah editor gambar dasar yang termasuk mudah dan sangat menolong untuk memperoleh rekaman layar yang baik. Ada sejumlah mode berbeda dalam merekam layar maupun video, sehingga bisa memberikan hasil pada rekaman yang terbaik.

Bagi para pemula, DVDVideoSoft Free and Screen to Video Recorder menawarkan petunjuk yakni di situs web, maka para pemakai tidak akan lagi kebingungan. Aplikasi screen recorder tersebut juga ada dalam 10 bahasa dengan memiliki format output rekaman maupun juga tangkapan layar pada MP4, JPEG, BMP, TGA, PNG, dan GIF.

AceThinker

AceThinker merupakan suatu aplikasi screen recorder pada laptop yang berbasis web yang tentunya akan mudah diatur maupun saat digunakan. Anda bisa memakainya dalam merekam bagian yang terdapat pada layar tertentu maupun juga seluruh layar. Hal itu menjadikan pengeditan dengan lebih real-time, maupun merekam audio pada mikrofon dengan cara bersamaan.

Aplikasi screen recorder itu akan memungkinkan para pemakai dalam mengonversi hingga menyimpan rekaman yang ada pada layar di seluruh format. Baik itu MOV, MP4, dan API. Anda juga bisa dalam memakai AceThinker dengan langsung mengupload rekaman layar yakni pada Google Drive, Dropbox, maupun juga YouTube.

Seluruh fitur ini ada dengan versi gratis. AceThinker juga mempunyai fitur dalam membuat jadwal maupun juga merekam layar dengan cara otomatis. Fitur itu bermanfaat saat Anda belum memiliki internet.

ShareX

ShareX merupakan aplikasi screen recorder laptop yang termasuk bebas iklan dengan adanya open source yang menyuguhkan fitur kustom secara lengkap. ShareX memang sebagian besar ditargetkan dalam profesional, maka para pemula tentu mungkin akan kebingungan. Sebab, tampilan yang termasuk rumit maupun juga alat hingga editor canggih.

Aplikasi perekam yang ada pada layar ini tentu mampu dalam merekam layar dengan penuh, window, freehand, monitor, region, dan scrolling. Para pemakai dapat juga memakai hotkey untuk tombol pintas guna navigasi tentu yang lebih mudah hingga lebih cepat.

ShareX juga akan mensupport banyak dari media sosial dalam berbagi link pada rekaman layar. Anda bisa untu mengimpor video, kemudian juga musik,bahkan bisa foto yang ada, kemudian bisa juga menambahkan watermark secara khusus hingga efek warna.

CamStudio 

CamStudio merupakan pilihan untuk aplikasi screen recorder laptop yang memang baik untuk para pemula. Tampilan untuk CamStudio sederhana hingga fiturnya minimal. Aplikasi tersebut juga termasuk ringan hingga bisa membuat video dengan format AVI yang kemudian bisa dikonversi pada SWF.

Untuk profesional, CamStudio tidak menjadi pilihan yang baik. Sebab, fiturnya terbatas hingga tidak mempunyai dukungan secara teknis. Akan tetapi, untuk pemula yang mau menjadikan video screen-in-screen pada file yang berukuran kecil, CamStudio tentunya bisa dipilih. Aplikasi yang berupa screen recorder ini juga menawarkan opsi kualitas sesudah merekam pada layar.

Itulah rekomendasi pada aplikasi screen recorder di laptop yang bisa Anda pilih berdasarkan kebutuhan Anda.

Sumber gambar: pexels free images