Cara Cek Ping Internet dari Command Prompt

Cek jumlah Ping dari koneksi internet Anda bisa dilakukan melalui Command Prompt. Sudahkah Anda mengetahui fakta ini?

Ya, Ping keberadaannya sering dikaitkan dengan kecepatan internet yang sedang berlangsung di suatu perangkat. Apabila angka Ping itu besarannya adalah di atas 100ms, maka biasanya semua aktivitas online yang dilakukan dalam perangkat tersebut akan lambat, tersendat atau lag.

Tentunya, hal tersebut akan mengganggu aktivitas internet Anda karena akses internet yang dimiliki sedang berada pada titik yang rendah. Proses lag akan terjadi pada setiap aplikasi yang Anda jalankan dalam kondisi ini.

Lantas, bagaimana cara untuk mengetahui berapa jumlah Ping yang sedang berlangsung pada perangkat Anda?

RajaBackLink.com

Melansir dari Tekno Liputan6, disebutkan bahwa cara untuk mengecek jumlah Ping yang ada pada koneksi internet Anda dapat dilakukan melalui Command Prompt.

Selengkapnya, yuk disimak baik-baik penjelasannya di bawah ini!

Sebelum Anda memulai langkah untuk mengecek jumlah Ping dari koneksi internet yang sedang digunakan, alangkah baiknya silakan Anda terlebih dahulu mengecek Ping koneksi dari router WiFi yang Anda gunakan.

Tak sulit kok untuk mengetahui berapa jumlah Ping yang terkoneksi dengan router WiFi Anda.

Pertama, Anda perlu mengetahui alamat IP dari router WiFi tersebut. Caranya, Anda cukup mengetik 'ipconfig/all' di Command Prompt. Setelahnya, silakan dicek bagian 'Default Gateway'.

Di sana akan muncul sejumlah data mengenai router WiFi Anda. Silakan Anda fokus ke bagian 'Times'.

Di sana ada angka yang muncul. Coba perhatikan dengan seksama berapa angka yang ditunjukkan!

Apabila angka yang ditunjukkan di sana adalah semakin kecil, maka dapat dipastikan bahwa internet Anda saat ini memiliki kecepatan yang cukup tinggi.

Setelah selesai mengecek Ping router WiFi Anda, kini Anda bisa cek jumlah Ping pada jaringan internet yang sedang digunakan!

Cara cek Ping internet adalah hampir sama seperti cara sebelumnya untuk cek Ping router WiFi Anda.

Silakan ketik di Command Prompt 'ping 8.8.8.8 –t'. Lalu, tekan 'Enter'.

Alamat di atas adalah DNS Google yang biasa digunakan dalam mengecek kecepatan koneksi internet dari suatu perangkat yang dijalankan. Selain angka itu, Anda juga dapat menggunakan alamat situs untuk cek jumlah Ping internet yang berlangsung.

Setelah Anda menekan 'Enter', maka akan segera muncul beberapa data di sana secara terus menerus.

Pada bagian 'Times', tentu di sana angkanya akan berubah-ubah. Coba sekarang perhatikan oleh Anda berapa angka yang ditunjukkan di sana!

Apabila ternyata angka yang ditampilkan di sana adalah semakin besar dan berada diatas 100ms, maka itu menunjukkan bahwa koneksi internet Anda adalah lambat. Angka yang stabil dari jaringan internet biasanya akan berada di kisaran angka 10-60ms.

Apabila hasil sementara dari pengecekan saat ini adalah menunjukkan koneksi internet Anda lambat, silakan Anda coba putuskan terlebih dahulu sambungan internet di perangkat Anda. Itu akan memberi waktu kesegaran bagi perangkat Anda untuk beristirahat dan akan memaksimalkan kinerjanya kembali saat digunakan.

Ambil juga waktu rehat tersebut untuk mengistirahatkan sementara tubuh dan pikiran Anda. Hasil dari kinerja yang baik adalah dilakukan dari kondisi tubuh dan pikiran yang prima! Ambil juga waktu tersebut untuk makan apabila sudah saatnya makan, atau Anda sudah merasa lapar.

Setelah perangkat akses internet Anda telah dirasa cukup untuk kini digunakan kembali, coba dihapus terlebih dahulu berbagai riwayat search yang telah tidak dibutuhkan di sana! Ini akan mempercepat pengaaksesan internet Anda saat digunakan.

Anda bisa coba juga pada kondisi ini untuk mengecek kembali berapa jumlah Ping pada sambungan internet Anda. Coba bandingkan hasilnya yang sekarang dengan sebelumnya, seperti apa perubahannya?

Anda kini telah mengetahui cara cek Ping internet Anda di perangkat yang digunakan. Kapan pun dan di mana pun Anda dapat mengeceknya secara bebas sekarang untuk mengetahui berapa kecepatan dari koneksi internet Anda pada perangkat yang digunakan.

 

***

Sumber Foto: Pixabay @geralt