Cara Melacak Hp yang Hilang dalam Keadaan Mati

Melacak hp yang hilang dalam keadaan mati memang membingungkan bagi banyak orang. Ketika hp yang hilang tidak sedang aktif, maka data keberadaannya akan sulit dilacak.

Melacak hp yang hilang akan membutuhkan bantuan dari menara pemancar sinyal. Menara pemancar sinyal akan selalu mengumpulkan dan menangkap berbagai aktivitas hp di sekitarnya sehingga bisa diketahui keberadaan lokasi hp tertentu dari aktivitas internetnya.

Namun, ketika hp yang hilang itu dalam kondisi mati, maka menara pemancar di sekitarnya tidak akan merekam lokasi keberadaannya. Hal ini menyebabkan deteksi komunikasi dari hp tersebut pun akan terputus sementara dengan menara pemancar sinyal.

Kondisi di atas bukanlah hal yang mustahil untuk dipecahkan. Apabila Anda telah mengetahui bagaimana cara melacak hp yang hilang dalam keadaan mati, maka Anda tetap dapat menemukan hp yang hilang itu.

Beruntunglah bagi Anda pengguna ponsel Android ataupun iOS. Apabila dua tipe hp itu hilang, maka Anda akan tetap bisa melacak keberadaannya bahkan dalam kondisi hp itu mati.

Hp tipe Android ataupun iOS bisa dilacak keberadaannya bahkan tanpa menggunakan koneksi data. Hingga saat ini telah bermunculan sejumlah aplikasi pemetaan yang bisa dimanfaatkan di ponsel Anda karena kemampuannya yang bisa melacak lokasi ponsel bahkan tanpa koneksi internet. 

Anda harus tahu fakta yang satu ini bahwa sistem GPS pada smartphone Anda itu bekerja dalam dua cara yang berbeda. Pertama, kinerja GPS itu bisa berkaitan tentang proses pengumpulan data dari suatu topik yang sering Anda akses di hp Anda.

Hasilnya, topik yang telah dikumpulkan oleh GPS itu akhirnya akan muncul dan menjadi bahan rekomendasi pilihan bagi Anda saat melakukan browsing ataupun bermedia sosial.

Kedua, kinerja GPS adalah berkaitan untuk menentukan lokasi keberadaan suatu hp. Ketika ponsel Anda memiliki koneksi data atau Wifi, maka perangkat Anda tersebut akan bisa menggunakan Assisted GPS atau GPS.

Fungsi GPS inilah yang biasa digunakan dalam aktivitas sehari-hari untuk bisa menentukan dimana lokasi akses perangkat Anda.

Selain itu, jaringan Wifi yang telah dikenali oleh GPS pada hp Anda akan tersimpan otomatis di perangkat Anda ini. Data inilah yang selanjutnya bisa dimanfaatkan oleh Anda ketika melacak hp tersebut apabila hilang.

Tak perlu berlama-lama, berikut adalah cara melacak hp yang hilang dalam keadaan mati yang dilansir dari iNews.id dari Gadget Now pada Rabu, 1 September 2021. Silakan disimak baik-baik penjelasannya!

1. Cara Melacak Handphone iPhone Anda yang Hilang dalam Keadaan Mati

Anda akan bisa menemukan Hp iPhone Anda yang hilang dengan menggunakan fitur Bluetooth location Apple.

Bluetooth location Apple merupakan sebuah fitur yang dihadirkan oleh Apple untuk menemukan Hp iPhone Anda yang hilang. Apabila hp iPhone Anda yang hilang itu ternyata sudah dalam keadaan mati baterainya atau tidak tersambung dengan internet, maka Anda akan tetap bisa menemukan lokasi hp iPhone itu dengan menggunakan fitur ini.

Fitur Bluetooth location Apple dapat membantu Anda dalam menemukan smartphone iPhone yang hilang, apabila padanya telah ter-install aplikasi iCloud dan Find my. Lokasi iPhone tersebut pun akan langsung bisa dilacak berdasarkan riwayat lokasi terakhirnya yang telah tersimpan di iCloud.

Agar Anda faham dan mengetahui lebih lanjut bagaimana kinerja dari aplikasi Apple ini, silakan cek iPhone Anda terlebih dahulu sudahkah ter-install atau belum dua aplikasi di atas.

Jika belum ter-install, silakan Anda install di iPhone Anda. Ikuti setelahnya panduan yang diberian aplikasi. Setelahnya, Anda akan faham kinerja dari dua aplikasi tersebut.

2. Cara Melacak Hp yang hilang dalam Keadaan Mati dengan Menggunakan Google Maps

Untuk cara yang kedua ini, bisa digunakan oleh siapa pun pengguna smartphone baik berbasis Android ataupun iOS dari Apple.

Anda bisa menemukan hp yang hilang dengan menggunakan aplikasi Google Maps dan Find My Device. Namun, Anda perlu menginstal terlebih dahulu kedua aplikasi tersebut di hp Anda sebelum hilang. 

Saat smartphone Anda hilang, silakan Anda langsung login ke akun Google yang terhubung ke ponsel yang hilang itu. Anda bisa mengaksesnya dengan menggunakan komputer ataupun perangkat lainnya.

Setelah itu, silakan Anda masuk ke aplikasi Google Maps kemudian klik menu. Klik lebih lanjut opsi “Your Timeline”.

Setelahnya, silakan Anda masukkan tanggal untuk memeriksa riwayat lokasi perangkat Anda yang hilang itu. Anda akan ditampilkan berbagai macam tempat yang terlacak dari ponsel yang hilang tersebut.

Segera lakukan tindakan, apabila lokasi sudah terlacak. Anda bisa mendapatkan kembali hp yang hilang Anda segera!

Demikian, pembahasan mengenai cara melacak hp yang hilang dalam keadaan mati untuk tipe smartphone. Anda sekarang telah mengetahui bagaimana cara melacak hp Android ataupun iPhone Anda yang hilang!

***

Sumber Foto: Pixabay @zerotake