Cara Screenshot di Laptop Termudah

Salah satu fitur yang sudah Anda kenal pada smartphone adalah fitur untuk melakukan tangkapan layar atau sering kita sebut dengan istilah “screenshot”. Tahukah Anda bahwa fitur ini juga bisa dilakukan di laptop?

Semua pengguna smartphone pasti sudah mengetahui bagaimana cara untuk mengaktifkan dan menggunakan fitur “screenshot”. Tetapi, bagaimana jika itu dilakukan pada laptop? Masih banyak hingga saat ini para pengguna laptop yang belum mengetahui bagaimana cara untuk men-screenshot layar laptop.

Beda merek laptop, maka akan berbeda juga cara untuk screenshot layarnya. Agar Anda mengetahui bagaimana cara screenshot layar laptop, berikut adalah penjelasannya mulai dari laptop Asus, laptop Acer, laptop HP, laptop Lenovo, laptop yang dipasangi Windows 7, dan laptop yang dipasangi Windows 10. 

A. Cara Screenshot Termudah di Laptop Asus

Seiring meningkatnya kebutuhan masyarakat mengenai teknologi, maka berbagai perusahaan teknologi pun bersaing dalam melakukan inovasi untuk menghasilkan produk-produk yang dibutuhkan. Di antara produk yang mengalami berbagai inovasi adalah laptop.

Berbagai perusahaan laptop di dunia menanamkan fitur-fitur terbaiknya pada laptop yang dikeluarkannya. Hal ini pun dilakukan oleh perusahaan laptop asal Taiwan, yaitu Asus.

Pamor dari laptop Asus semakin naik dari waktu ke waktu karena berbagai terobosan yang telah dilakukan. Di antara terobosan yang dihadirkan pada laptop Asus adalah terdapatnya fitur screenshot layar. 

Screenshot layar laptop banyak dibutuhkan oleh pengguna laptop saat ini. Dengan banyaknya pelaksanaan seminar secara online atau webinar, kehadiran fitur tersebut adalah sangat membantu mereka.

Para pengguna laptop bisa langsung mendokumentasikan gambar, tayangan slide, ataupun memotret orang secara langsung saat virtual meeting sedang berlangsung. Terbatasnya ruang pencatatan informasi dan media interaksi selama diskusi berlangsung, sudah tidak menjadi permasalahan karena kehadiran fitur screenshot di laptop.

Di bawah ini adalah beberapa cara screenshot termudah di laptop Asus yang bisa Anda lakukan.

1. Kombinasi Tombol Keyboard: Windows + PrtSc

Cara pertama untuk screenshot di laptop Asus adalah dengan menggunakan keyboard laptop Anda. Anda bisa mengombinasikan tombol ikon Windows + PrtSc.

Sebenarnya, dengan menekan tombol PrtSc saja fitur screenshot sudah aktif dan langsung dijalankan. Namun, apabila Anda menggunakan tombol kombinasi Windows dan PrtSc, maka hasil screenshot adalah terjamin akan tersimpan di laptop Anda.

Anda hanya perlu menekan kedua tombol itu secara bersamaan. Kemudian, layar laptop Anda akan berkedip sebagai tanda screenshot sedang dilakukan. Setelah itu, hasil screenshot akan tersimpan otomatis di laptop Anda.

2. Kombinasi Tombol Keyboard: Fn + PrtSc

Kombinasi tombol keyboard berikutnya yang bisa Anda gunakan untuk screenshot adalah Fn + PrtSc. Cara ini merupakan cara manual dalam melakukan screenshot hingga proses penyimpanannya.

Anda bisa langsung menggunakan cara ini adalah dengan menekan secara bersamaan tombol keyboard Fn dan PrtSc. Setelahnya, silakan Anda buka aplikasi pendukung apa pun yang bisa edit gambar. Sebagai contoh, ada Paint, Photoshop, atau bahkan bisa menggunakan Microsoft Word.

Ketika Anda membuka aplikasi pendukung tersebut, silakan Anda tekan tombol Paste yang terdapat di layar atau bisa menggunakan keyboard Anda dengan menekan tombol Ctrl dan V secara bersamaan.

Kemudian, hasil screenshot Anda akan muncul di aplikasi tersebut. Setelahnya, Anda bisa langsung menyimpannya dengan cara menekan ikon save di layar atau kombinasi tombol keyboard Ctrl dan S (tekanlah secara bersamaan kedua tombol ini). 

B. Cara Screenshot Termudah di Laptop Acer

Acer merupakan salah satu perusahaan di bidang teknologi yang turut menghadirkan fitur screenshot pada produk laptop yang dikeluarkannya. Perusahaan teknologi asal Cina ini menghadirkan layanan terbaik untuk penggunanya dengan cara melengkapi keyboard laptopnya dengan fungsi screenshot.

Anda akan dengan mudah melakukan screenshot di laptop Acer dan bisa langsung menyimpannya dengan berbagai pilihan format penyimpanan. Format penyimpanan yang tersedia adalah mulai dari JPG, PNG dan GIF.

Selain cara itu, terdapat pula cara lainnya yang tak kalah mudah untuk dilakukan untuk menjalankan fitur screenshot di laptop Acer.

Berikut adalah penjelasan mengenai cara screenshot termudah di laptop Asus yang tak boleh Anda lewatkan.

1. Kombinasi Tombol Keyboard: Windows + PrtSc

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk melakukan screenshot di laptop Acer adalah dengan menggunakan kombinasi tombol keyboard Windows + PrtSc.

Anda hanya perlu menekan secara bersamaan dua tombol tersebut di keyboard laptop Acer Anda. Dengan menggunakan cara ini, maka hasil screenshot akan tersimpan secara otomatis di laptop Anda.

Anda bisa langsung mengecek hasil screenshot tersebut di Local Disk C. Silakan Anda buka Local Disk C, kemudian pilih folder user.

Selanjutnya, silakan pilih folder username, lalu folder pictures, dan folder screenshots. Tampilan screenshot yang telah Anda ambil akan tersusun di sana.

2. Menggunakan Aplikasi Snipping Tool

Snipping Tool adalah aplikasi untuk screenshot yang disediakan oleh Microsoft. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda akan dapat melakukan screenshot secara lebih nyaman dan fleksibel.

Snipping Tool memiliki fungsi untuk menyimpan hasil screenshot laptop secara langsung, tanpa harus membuka terlebih dahulu aplikasi pendukung lainnya untuk menyimpan.

Cara screenshot menggunakan Snipping Tool dapat dilakukan dengan cara membuka terlebih dahulu aplikasi ini. Setelahnya, silakan dipilih bentuk dari screenshot yang Anda inginkan. Aplikasi lain pada laptop Anda akan meredup setelah hal ini dilakukan.

Pada saat ini, silakan Anda memilih atau menyeret halaman yang Anda inginkan untuk screenshot. Setelahnya, halaman itu akan secara otomatis terpotret.

Setelah itu, apabila Anda menginginkan untuk mengedit hasil screenshot tersebut, silakan Anda gunakan fitur editing yang tersedia di aplikasi Snipping Tool. Setelah selesai, Anda bisa langsung menyimpan hasil gambar tersebut dengan menekan kombinasi tombol keyboard Ctrl dan (tekanlah secara bersamaan).

3. Menggunakan Aplikasi Snapgit

Cara terakhir yang bisa Anda pilih untuk screenshot di laptop Acer adalah dengan menggunakan Snapgit.

Snapgit merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan capture picture di video. Agar bisa mulai menjalankan aplikasi ini, silakan Anda unduh terlebih dahulu di laptop Acer Anda.

Setelah selesai mengunduh, silakan Anda masuki aplikasi ini dan klik ikon tangkap layar yang terdapat di sana.

Pilihlah oleh Anda layar atau halaman yang ingin dilakukan screenshot. Setelahnya, silakan tekan tombol kamera yang ada di layar. Tombol ini berfungsi untuk melakukan screenshot dan menyimpan langsung hasil screenshot Anda.

C. Cara Screenshot Termudah di Laptop HP

Tak kalah canggih dari laptop sebelumnya, pengguna laptop HP pun bisa menggunakan fitur screenshot di laptop mereka.

Berikut adalah cara screenshot termudah di laptop HP yang bisa Anda lakukan kapan dan di mana saja.

1. Menggunakan Tombol Keyboard: PrtSc

Screenshot dapat Anda lakukan di laptop HP secara cepat dengan hanya perlu satu tombol saja yang berada di keyboard laptop Anda, yaitu tombol PrtSc.

Tombol PrtSc biasanya terletak di keyboard laptop pada bagian kanan atas. Pada beberapa tipe laptop HP, posisi tombol ini terletak berbeda. Namun, Anda bisa segera mengetahuinya dengan cara menemukan tulisan PrtSc di tombol keyboard Anda.

Untuk bisa segera memulai screenshot dengan menggunakan cara yang pertama ini, silakan Anda tentukan terlebih dahulu layar tampilan mana yang akan di-screenshot.

Selanjutnya, silakan Anda tekan tombol keyboard PrtSc untuk menangkap tampilan layar tersebut. Agar Anda dapat menyimpan hasil screenshot, silakan Anda buka aplikasi editing apa pun setelahnya.

Salah satu aplikasi pendukung yang berfungsi sebagai editing gambar adalah Paint. Aplikasi pendukung ini disertakan pada setiap laptop HP. Karenanya, Anda tidak perlu lagi menguduhnya saat akan digunakan.

Sebagai contoh, disini kita akan menggunakan aplikasi Paint. Silakan dibuka aplikasi ini terlebih dahulu oleh Anda, lalu tekan ikon paste yang tersedia di layar atau menggunakan tombol kombinasi keyboard Ctrl + V. Hasil screenshot Anda akan tayang di aplikasi ini.

Setelahnya, Anda bisa langsung menyimpan hasil screenshot dan menentukan sendiri apa format gambar yang diinginkan. Silakan Anda pilih fitur “save as” untuk menentukan format gambar seperti apa yang akan digunakan.

Selain Anda bisa menyimpan hasil screenshot di folder yang tersedia, Anda juga bisa memilih dan menentukan sendiri di tempat lain penyimpannya. Anda bisa membuat folder baru ataupun menyimpan hasil screenshot di tempat lain pada laptop Anda.

2. Kombinasi Tombol Keyboard: Windows + G

Berbeda dengan kompetitor yang lain, HP menghadirkan fitur screenshot di laptopnya dengan menekan kombinasi tombol keyboard Windows dan G secara bersamaan.

Setelahnya, menu dari game bar akan muncul otomatis dan Anda bisa memilih fitur capture. Silakan Anda pilih ikon kamera untuk melakukan screenshot.

Hasil screenshot akan berada di folder galery. Untuk melihat hasilnya, Anda juga bisa dengan melakukannya dengan cara memilih opsi Open File Location yang biasanya terletak di pojok kanan bawah.

Selain berfungsi sebagai screenshot, Windows + G pun bisa digunakan untuk merekam video yang sedang tayang di layar laptop.

Dengan menggunakan kombinasi Windows + G, Anda juga bisa membagikan hasil screenshot di media sosial Twitter dan menyimpannya ke dalam clipboard. 

3. Kombinasi Tombol Keyboard: Windows + Volume Down

Cara ketiga yang bisa Anda lakukan untuk melakukan screenshot di laptop HP Anda adalah dengan menggunakan tombol kombinasi yang lainnya. Tombol kombinasi tersebut yaitu Windows Volume Down.

Anda bisa menggunakan cara ini dengan memilih terlebih dahulu, tampilan layar mana yang ingin di-screenshot. Setelahnya, silakan pijit secara bersamaan tombol keyboard Windows dan Volume Down.

Hasil screenshot akan otomatis tersimpan di folder screenshoot yang dibuatkan secara otomatis oleh sistem di laptop Anda. Namun, sayangnya fitur ini hanya tersedia pada laptop HP yang menggunakan Windows Surface.

D. Cara Screenshot Termudah di Laptop Lenovo

Lenovo juga tidak mau kalah untuk menghadirkan fitur screenshot pada produk laptop yang dikeluarkannya. Caranya adalah tidak jauh berbeda dengan cara screenshoot di laptop lainnya.

Berikut adalah cara screenshot termudah di laptop Lenovo yang bisa Anda gunakan.

1. Menggunakan Tombol Keyboard: PrtSc

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk melakukan screenshot di laptop Lenovo yaitu menekan tombol PrtSc yang terdapat di keyboard laptop Anda.

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk mengunakan cara yang pertama ini adalah menentukan terlebih dahulu layar tampilan mana yang ingin di-screenshot.

Setelahnya, silakan pijit tombol PrtSc yang terletak biasanya pada keyboard Lenovo di pojok kanan atas. Setelahnya, silakan dibuka satu aplikasi editing gambar apa pun yang dipasang di laptop. Sebagai contoh, di sini kita juga akan menggunakan aplikasi Paint.

Silakan dibuka aplikasi Paint yang terpasang di laptop Lenovo Anda. Aplikasi ini disertakan pada setiap laptop Lenovo sebagai aplikasi bawaan.

Setelahnya, silakan lakukan paste atau tekan kombinasi tombol keyboard Ctrl + V. Tampilan screenshot akan muncul di aplikasi Paint Anda.

Apabila Anda menginginkan untuk mengedit terlebih dahulu hasil screenshot tersebut, silakan Anda edit menggunakan fitur editing yang tersedia di sana. Setelah selesai, silakan Anda simpan hasil gambar tersebut dengan cara menekan tombol kombinasi keyboard Ctrl + S.

Anda bisa memilih dengan bebas format penyimpanan mana pun yang Anda inginkan. Selain itu, lokasi penyimpanan hasil screenshot pun bisa Anda tentukan dengan bebas di laptop Lenovo Anda.

2. Menggunakan Aplikasi Snipping Tool

Untuk menggunakan cara yang kedua ini, silakan Anda tentukan terlebih dahulu layar tampilan mana yang akan di-screenshot.

Setelahnya, silakan Anda cari dan buka aplikasi Snipping Tool yang terdapat di laptop Lenovo Anda. Setelah aplikasi terbuka, silakan tekan tombol New yang ada di sana.

Lakukanlah screenshot, kemudian simpan hasilnya pada folder yang Anda inginkan. Kelebihan dari aplikasi Snipping Tool adalah Anda bisa menentukan secara bebas mode screenshot mana yang Anda inginkan.

E. Cara Screenshot Termudah di Laptop Windows 7

Berikut adalah cara screenshot termudah untuk setiap laptop yang dipasangi Windows 7. Terdapat sedikit perbedaan pada masing-masing merek laptop, namun secara umum adalah sama.

Agar Anda memahaminya, silakan disimak baik-baik penjelasannya di bawah ini.

1. Cara Screenshot Seluruh Layar

Anda bisa langsung menjalankan fitur screenshot seluruh layar dengan cara menekan tombol keyboard PrtSc atau PrntScrn. Tombol ini biasanya hadir pada berbagai laptop mana pun di ujung kanan keyboard laptopnya.

Sebelum Anda menekan tombol PrtSc atau PrntScrn, silakan Anda pastikan terlebih dahulu mana tampilan layar yang ingin Anda screenshot.

Setelahnya, silakan pijit tombol tersebut dan bukalah satu aplikasi editing foto mana pun yang terpasang di laptop Anda, seperti Paint. Setelah aplikasi terbuka, silakan lakukan paste atau Ctrl + V untuk menempelkan hasil screenshot barusan.

Setelahnya, Anda bisa lakukan editing atau langsung menyimpan hasil screenshot tersebut di laptop Anda.

2. Cara Screenshot Layar Jendela Tertentu

Apabila Anda ingin melakukan screenshot hanya pada jendela tertentu, Anda bisa melakukannya dengan cara menekan kombinasi tombol keyboard Alt + PrntScrn.

Setelahnya, silakan Anda buka satu aplikasi editing mana pun yang terdapat di laptop Anda seperti pada penjelasan sebelumnya. Setelahnya, Anda bisa melakukan paste atau Ctrl + V, lalu mengedit atau langsung menyimpannya di laptop Anda.

3. Cara Screenshot Menggunakan Snipping Tool

Silakan Anda cari aplikasi Snipping Tool di laptop Anda dengan cara klik ikon start pada layar laptop Anda.

Setelah ketemu, silakan buka aplikasi Snipping Tool. Lalu, silakan Anda menuju ke layar yang ingin di-screenshot.

Setelah itu, Anda bisa langsung klik ikon Save Snip dan hasil screenshot pun akan tersimpan di laptop Anda.

F. Cara Screenshot Termudah di Laptop Windows 10

Selain bisa dilakukan pada berbagai laptop yang terpasang Windows 7, Anda pun bisa melakukan screenshot pada jenis laptop mana pun yang menggunakan sistem operasi Windows 10.

Berikut adalah cara untuk menggunakan fitur screenshot termudah pada laptop Windows 10:

  1. Silakan tentukan terlebih dahulu layar mana yang akan Anda screenshot.
  2. Tekan kombinasi tombol keyboard Alt + PrtScn/PrntScrn untuk melakukan screenshot.
  3. Setelahnya, bukalah aplikasi edit foto mana pun yang terdapat di laptop Anda, contohnya adalah Paint, Photoshop, Microsoft Word, dan lain-lain.
  4. Tekanlah kombinasi tombol keyboard Ctrl + V untuk menempelkan hasil screenshot barusan.
  5. Kemudian, tekan kombinasi tombol keyboard Ctrl + S untuk menyimpan hasil screenshot tersebut.
  6. Selesai, hasil screenshot telah tersimpan di laptop Windows 10 Anda.

G. Cara untuk Melihat Hasil Screenshot di Laptop

Apabila Anda melakukan screenshot dengan menggunakan tombol kombinasi seperti Alt + PrnSc, Windows + PrnSc, Fn + PrnSc, ataupun tombol kombinasi lainnya, maka Anda bisa langsung melihat hasil screenshot Anda pada aplikasi editing foto apa pun.

Salah satu aplikasi editing foto yang bisa Anda temukan dengan mudah pada laptop Anda adalah Paint. Setelahnya, Anda tinggal perlu melakukan paste atau tekan kombinasi tombol keyboard Ctrl + V. Setelahnya, Anda bisa langsung melihat hasil screenshot Anda.

Demikian, pembahasan mengenai cara screenshot termudah di berbagai jenis laptop, mulai dari laptop Asus, laptop Acer, laptop HP, laptop Lenovo, laptop yang dipasangi Windows 7, dan laptop yang dipasangi Windows 10. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Sampai jumpa pada pembahasan berikutnya!

 

***

Sumber Foto: Pixabay @Lalmch