Cara Share Lokasi Menggunakan Fitur WhatsApp Live Location

Cara share lokasi menggunakan fitur WhatsApp adalah sangat mudah dilakukan. Ya, Anda bisa berbagi lokasi Anda saat ini dengan pengguna WhatsApp lainnya secara instan dan mudah melalui chat.

Nama fitur di atas adalah WhatsApp live location. Bagi Anda pengguna layanan WhatsApp, kini tak perlu bingung lagi apabila ingin mengirimkan lokasi aktif Anda saat ini dengan teman atau keluarga yang hendak berkunjung!

Cara membagikan WhatsApp live location tidaklah rumit. Anda hanya perlu masuk ke menu tertentu di chat, kemudian memilih fitur ini. Lokasi Anda saat ini pun akan bisa diakses oleh orang yang Anda kirimi chat tersebut.

Selain dari bisa membagikan lokasi saat ini melalui chat, fitur real-time pun bisa turut diaktifkan oleh Anda di WhatsApp untuk membatasi waktu akses lokasi Anda kepada orang yang menerima chat. Adanya fitur ini memungkinkan bagi para pengguna WhatsApp untuk bisa mengatur langsung chat yang berisi lokasi yang dibagikan mereka.

RajaBackLink.com

Setelah batas waktu yang ditentukan Anda habis dan orang yang menerima chat itu masih belum membuka pesannya, maka chat yang berisi lokasi Anda saat ini itu secara otomatis kadaluarsa sehingga tidak akan bisa dibuka.

Bukankah fitur WhatsApp live location ini akan sangat membantu Anda mengamankan data? Ya, akses menuju lokasi Anda secara otomatis akan dilindungi oleh sistem WhatsApp dan si penerima pesan yang masih belum membuka chat Anda itu tidak akan bisa mengakses lokasi yang telah dikirimkan.

Fitur WhatsApp live location bisa digunakan oleh Anda pada chat personal maupun chat grup. Aturan dari keduanya adalah sama ketika fitur ini diaktifkan dan digunakan oleh Anda.

Apabila batas waktu yang dibuat pada live location Anda telah berakhir, maka lokasi tersebut sudah tidak bisa diakses oleh orang yang menerima chat Anda. Namun, kondisi itu dikecualikan bagi orang yang telah menerima live location Anda dan membukanya. Mereka masih bisa mengakses alamat tersebut di ponsel mereka.

Orang yang Anda bagikan live location dan telah membukanya, akan terus bisa melihat lokasi yang telah dibagikan sebagai gambar mini statis. Kemudian, orang tersebut bisa mengetuk gambar itu dan melihat lokasi terakhir Anda yang telah diperbarui. Hal ini akan terus berlangsung sampai jangka waktu yang ditentukan habis.

Anda sudah penasaran bagaimana cara menggunakan share lokasi melalui fitur WhatsApp live location? Tak usah khawatir, di bawah ini akan diulas langsung bagaimana caranya!

Berikut adalah cara share lokasi di WhatsApp menggunakan fitur live location.

A. Cara Mengaktifkan Share WhatsApp Live Location

Ikuti langkah-langkah di bawah dan Anda bisa langsung mempraktikkan cara share lokasi menggunakan WhatsApp live location:

  1. Aktifkan izin lokasi untuk WhatsApp di menu “Pengaturan” yang berada di ponsel Anda
  2. Masuk ke bagian “Aplikasi & pemberitahuan”
  3. Klik “Lanjutan”
  4. Klik “Izin aplikasi”
  5. Klik “Lokasi” dan nyalakan tombol “WhatsApp” di sana.

Sebagai langkah alternatif, Anda juga bisa mengaktifkan fitur WhatsApp live location pada smartphone Anda dengan cara di bawah ini:

  1. Buka menu “Pengaturan” ponsel Anda
  2. Pilih “Aplikasi & pemberitahuan”
  3. Pilih “WhatsApp”
  4. Klik “Izin” dan aktifkan “Lokasi”. 

B. Cara Menggunakan Share WhatsApp Live Location

Selanjutnya, kita akan mempraktikkan langsung bagaimana cara menggunakan fitur WhatsApp live location pada smartphone Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi WhatsApp pada smartphone Anda
  2. Buatlah chat untuk individu atau grup
  3. Ketuk 'Lampirkan'
  4. Ketuk 'Lokasi'
  5. Ketuk 'Bagikan lokasi langsung'
  6. Pilih durasi waktu share live location Anda. Akses ke lokasi Anda akan otomatis ditutup saat jangka waktu yang telah ditentukan habis
  7. Secara opsional, silakan diisi kolom 'Keterangan'
  8. Ketuk 'Kirim'.

Chat yang berisi live location Anda saat ini telah dikirimkan. Akses lokasi Anda saat ini akan otomatis terus diperbarui di chat yang telah dikirimkan tersebut. Setiap orang yang menerima chat tersebut akan selalu bisa mengakses dimana posisi tepat Anda selama jangka waktu yang Anda tentukan belum habis.

Apabila yang bersangkutan membuka chat dari Anda ini ketika jangka waktunya sudah habis, maka ia sudah tidak bisa membuka akses live location Anda tersebut melalui pesan ini. Ia baru akan bisa mengakses live location Anda tatkala Anda mengirimkan pesan ulang.

C. Cara Menonaktifkan Share WhatsApp Live Location

Apabila Anda ingin menonaktifkan fitur share WhatsApp live location ketika pesan telah dikirimkan, maka silakan diikuti langkah-langkah di bawah ini. Terkait hal ini, terdapat dua opsi yang bisa dipilih sesuai kebutuhan Anda.

1. Menghentikan Fitur WhatsApp Live Location di Chat Individu atau Grup Tertentu

Apabila Anda ingin menghentikan fitur WhatsApp live location di pesan yang telah Anda kirimkan untuk chat individu atau grup tertentu, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka chat individu atau grup yang ingin Anda hentikan fitur live location Anda
  • Ketuk chat tersebut
  • Ketuk 'Berhenti berbagi'
  • Ketuk 'Hentikan'.

2. Menghentikan Fitur WhatsApp Live Location di Semua Chat Individu dan Grup

Apabila Anda ingin menghentikan fitur WhatsApp live location di semua pesan yang telah Anda kirimkan untuk chat individu dan grup, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Ketuk tanda 'tiga titik'
  • Ketuk 'Setelan'
  • Ketuk 'Akun'
  • Ketuk 'Privasi'
  • Ketuk 'Lokasi terkini'
  • Ketuk 'Hentikan berbagi'
  • Ketuk 'Berhenti'.

Demikian, pembahasan mengenai bagaimana cara menggunakan fitur WhatsApp live location mulai dari cara mengaktifkannya, menggunakannya, hingga menonaktifkannya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Sampai jumpa!

 

***

Sumber Foto: Pixabay @pixel2013