Rekomendasi 20+ Game Offline Android Terbaik Gratis dan Berbayar

 Game menjadi kegiatan hiburan yang banyak digemari belakangan ini. Situasi pandemi membuat banyak orang memiliki banyak waktu di rumah, sehingga digunakan untuk kegiatan hiburan seperti bermain game, nonton film, dan lain-lain. Kemajuan teknologi juga menyebabkan semakin berkembangnya aplikasi game di internet. 

Game dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu game online dan game offline. Game online adalah game atau permainan yang bisa dimainkan ketika terdapat koneksi internet saja. Sementara itu, game offline adalah game yang bisa dimainkan tanpa koneksi internet. 

Sementara itu, terdapat pula dua jenis game yaitu game gratis dan berbayar. Game gratis adalah game yang tidak memerlukan biaya saat mendownloadnya, sedangkan game berbayar adalah game yang harus dibayar ketika Anda mendownloadnya. 

Game juga terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Beberapa tahun yang lalu, game semacam catur dan kartu sempat menjadi tren. Beberapa tahun kemudian, tren game berubah menjadi game ringan seperti Pow, Plant and Zombie, dan lain-lain. 

RajaBackLink.com

Sekarang ini tentu berkembang game-game baru, termasuk game offline. Meskipun eksistensi game online seperti Free Fire, Mobile Legends, dan PUBG terus berkembang, game offline juga terus mengalami perkembangan dan banyak diminati orang. Berikut merupakan rekomendasi 20 game offline terbaik dan seru:

Daftar Game Offline Android Terbaik Gratis

Berikut merupakan game offline yang dapat didownload di play store bagi pengguna Android, dan dapat dapat didownload di App Store bagi pengguna iPhone. 

Cover Fire: Offline Shooting Games

Rating: 4,5

Ukuran: 336 MB

Cover Fire: Offline Shooting Games merupakan game offline dengan konsep laga. Game ini bertemakan tembak menembak. Meskipun dapat digunakan tanpa internet atau offline, game ini tetap menyajikan grafis dengan kualitas terbaik atau High Definition (HD). Dalam game ini, Anda bisa mengumpulkan senjata untuk memulai permainan. 

 

Shadow of Death – Stickman Fighting -Game Offline

Rating: 4,7

Ukuran: 154 MB

Permainan ini dikembangkan oleh Bravestars Games. Game ini berkonsep tentang sebuah kerajaan yang terdapat di sebuah wilayah yang diberkati dewa bernama Tanah Aurora. Raja Luther merupakan seorang pemimpin di Tanah Aurora yang mempunyao ksatria bernama Max. Ksatria Max mempunyai kekuatan yang sangat luar biasa. 

 

Candy Crush

Rating: 4,6

Ukuran: 84 MB

Candy Crush merupakan game santai yang pernah menjadi tren beberapa tahun yang lalu. Game ini berhasil dimainkan lebih dari 5o juta orang. Bahkan game ini selalu berada di jajaran awal game-game offline. Cara bermain yang cukup mudah membuat game ini terus populer. Anda hanya perlu mengumpulkan minimal tiga permen. Anda juga membutuhkan strategi menaikkan level Anda. Permainan akan semakin susah seiring dengan tingginya level Anda. 

 

 

Kingdom Rush: Tower Defense Game

Rating: 4,7

Ukuran: 127 MB

Kingdom Rush adalah game fantasi yang membutuhkan strategi. Game bertema abad pertengahan ini mewajibkan pemainnya untuk mempertahankan menara. Akan terdapat empat menara dalam game ini, yaitu menara barak, penyihir, pemanah dan artileri. Anda harus mengatur strategi sebaik mungkin untuk melawan musuh dan mempertahankan manara. 

 

 

Infinity Loop

Rating: 4,7

Ukuran: 21 MB

Infinity Loop merupakan game teka teki yang mengharuskan Anda agar berpikir. Game ini akan menyediakan simbol-simbol untuk dipecahkan. Game ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menjernihkan pikiran namun tetap santai. 

 

 

Epic Conquest

Rating: 4,7

Ukuran: 137 MB

Game ini adalah game asli buatan Indonesia. Dalam game ini Anda akan memainkan karakter dalam latar fiksi. Anda dapat bertarung dan mmebunuh monster. Game ini masih tergolong game yang ringan dan sederhana. 

 

Panggilan FPS modern:Game FPS komando perang

Rating: 4,6

Ukuran: 74 MB

Game ini merupakan game pertarungan dengan permainan tembak menempak. Permainan ini membutuhkan konsentrasi dsan strategi untuk bertempur dan melawan musuh. 

 

Alto's Odyssey

Rating: 4,6

Ukuran: 72 MB

Alto's Odyssey merupakan versi terbaru dari game sebelumnya, yaitu Alto’s Adventure. Game petulangan ini menghadirkan Alto yang berpetualang di wilayah yang penuh misteri dan rahasia. Pemandangana alam seperti kuil dan bukit pasir akan sering Anda jumpai dalam game ini. 

 

 

City Island 5 – Tycoon Building Offline Sim Game

Rating: 4,6

Ukuran: 92 MB

City Island 5 adalah permainan offline tentang membangun kota yang sederhana. Dalam permainan ini Anda harus membangun banyak bangunan dan gedung agar dapat naik level. Melalui game ini diharapkan Anda mampu membangun kota metropolitan yang menakjubkan. Game ini tergolong game imajinasi. 

 

Monument Valley 2

Rating: 4,8

Ukuran: 252 MB

Berbeda dengan game-game sebelumnya, game ini tergolong game berbayar. Anda harus membayar Rp 75.000,00 gar bisa menikmati game ini. Permainan ini akan menyajikan karakter Rp yang menjelajahi sebuah labirin. Grafis yang jernih dan luar biasa akan ditampilkan selama permainan ini. 

 

 

Asphalt Nitro

Rating: 4,3

Ukuran: 46 MB

Game ini merupakan permainan bertemakan mobil yang bisa dimainkan tanpa internet. Permainan ini cukup sederhana dengan menampilkan berbagai jenis mobil yang bisa dimodifikasi. Terdapat pula balapan mobil dalam game ini. 

 

 

Plants vs. Zombies 2

Rating: 4,4

Ukuran: 670 MB

Plants vs. Zombies 2 merupakan permainan yang populer. Game ini sudah pernah didownload sebanyak 100 juta kali. Dalam game ini Anda berusaha melindungi tanaman agar tidak dimakan oleh zombie. Diperlukan strategi yang kuat untuk mengalahkan zombie-zombie tersebut. Apabila kalah, maka rumah Anda dalam game akan dimasuki oleh zombie. 

 

Minecraft: Pocket Edition

Minecraft adalah game offline yang bisa dimainkan di komputer dan HP. Dalam game ini Anda berusaha menciptakan dunia Anda dengan membangun bangunan, kota, dan lain-lain. 

 

Bloons TD 6

Bloons TD 6 adalah game klasik yang berusaha mempertahankan dan melindungi menara. Terdapat lima level peningkatan, pahlawan 19 menara, dan 20 peta dalam game ini. 

 

Crossy Road

Crossy Road adalah game santai, unik yang bertemakan ayam. Dalam game ini Anda akan berperan sebagai seekor ayam yang berjalan-jalan di sepanjang sungai, jalan, dengan berbagai rintangan yang dilaluinya. Terdapat sistem level dalam game ini. Anda dapat memainkan game ini secara offline atau tanpa internet. 

 

Dead Cells

Rating: 4,7

Ukuran: 404 MB

Dead Cells adalah permainan petualangan. Game ini tergolong offline atau tanpa koneksi internet. Akan tetapi, Anda akan dikenakan biaya Rp 49.900,00 apabila ingin mengakses semua level. Salah satu hal yang menonjol dari game ini adalah tampilan grafis yang menarik seperti halnya game Super Mario. 

 

Eternium

Rating: 4,8

Ukuran: 146 MB

Eternium adalah permainan fantasi dan petualangan. Karakter dalam game ini dapat mengeluarkan sihir, berlari, membunuh tokoh jahat, dan menjelajah ke dalam reruntuhan ruang bawah tanah. Permainan ini tergolong game offline yang bisa dimainkan tanpa internet. Akan tetapi, akan terdapat pembaruan dan tingkatan level yang mengharuskan untuk menggunakan koneksi internet. 

 

Tampilan grafis dalam game ini juga cukup mumpuni dan memukau. 

 

Friday the 13th

Rating: 4,1

Ukuran: 85 MB

Berbeda dengan game-game sebelumnya, game ini bertema horor dengan cerita yang dapat membuat orang penasaran. Anda akan memerankan peran Jason Voorhees dalam game ini. Game ini menyediakan banyak level bahkan sampai 100 level yang harus diselesaikan. 

Game ini juga tergolong game teka-teki. Anda diharuskan menghindari polisi, jebakan, ranjau, dan hal-hal lain yang dibumbui petualangan horor penuh misteri. Karena game ini juga dibumbui kekesaran game ini hanya boleh dimainkan oleh orang dewasa dan tidak diperbolehkan untuk anak-anak. 

 

Quizoid

Rating: 4,2

Ukuran: 5,4 MB

Quizoid adalah game sederhana yang menyediakan kuis. Permainan ini cukup mengasah otak. Game ini akan menawarkan sekitar 7000 pertanyaan dalam beberapa tingkatan. Game ini sangat cocok bagi orang yang suka berpikir, teka-teki, dan mengasah otak. Game ini tidak direkomendasikan bagi orang yang sedang tidak ingin berpikir. 

 

 

The Room: Old Sins

Rating: 4,9

Ukuran: 619 MB

Harga: RP 80.000,00

Game ini tergolong permainan bertema teka-teki, misteri. Game ini menyajikan cerita yang unik dan berbeda dengan game-game sebelumnya. Dalam game ini Anda harus memecahkan suatu teka-teki. Dalam permainan ini Anda diceritakan tinggal dalam sebuah rumah besar dan mewah yang penuh dengan teka-teki dan misteri. Anda diharuskan mencari jawaban dari teka-teki tersebut. Apabila Anda mampu menyelesaikan teka-teki tersebut, maka Anda dapat naik ke level yang lebih tinggi. 

Demikian merupakan rekomendasi 20 game offline terbaik dan seru. Berikut akan kami bagikan tips dalam bermain game-game di atas. 

Tips dalam Bermain Game

Pahami Genre Game

Sebelum bermain game, Anda harus memahami dulu apa genre game tersebut, misalkan teka-teki, petualangan, aksi, dan lain-lain. Sesuaikan genre game dengan karakter Anda. Apabila Anda tidak suka genre game tersebut, carilah game lain yang sesuai dengan keinginan Anda. 

 

Game Gratis atau Berbayar? 

Selanjutnya, yang perlu Anda perhatikan adalah biaya game. Anda harus mengetahui terlebih dahulu, game yang Anda mainkan tergolong game gratis atau berbayar. Apabila berbayar, maka Anda harus menyiapkan uang sesuai dengan biaya game tersebut. Hal ini penting, karena sebagian game juga gratis di awal, tetapi berbayar jika akan naik ke level yang lebih tinggi. Hal ini tentu akan merepotkan kita jika kita tidak mempunyai cukup uang. 

 

Atur Strategi 

Tips selanjutnya adalah mengatur strategi. Anda harus mengatur strategi Anda dengan matang agar bisa naik ke level yang lebih tinggi. Cara mengatur strategi adalah dengan banyak latihan, terutama untuk jenis game-game yang membutuhkan berpikir. Strategi yang baik akan mempermudah Anda naik ke level game yang lebih tinggi. Jadi, jangan lupa untuk mengatur strategi Anda ketika bermain game. 

 

Atur Waktu

Selain mengatur strategi, mengatur waktu juga penting untuk dilakukan. Anda harus bermain game di waktu-waktu santai bukan di sela-sela belajar atau bekerja. Ketika Anda bermain game di waktu belajar atau bekerja konsentrasi Anda akan terbagi menjadi dua dan membuat Anda menjadi tidak fokus. Maka dari itu, bermainlah game ketika pekerjaan Anda sudah selesai. 

 

Jangan Lupa Waktu

Poin ini sebenarnya bukan merupakan tips melainkan kewajiban saat bermain game. Ketika bermain game Anda harus dapat mengingat waktu, misalkan waktu untuk makan, tidur, istirahat, dan lain-lain. Meski terdengar sepele, namun waktu istirahat sangat penting bagi tubuh manusia. Saat ini banyak sekali fenomena anak yang bermain game sampai lupa waktu hingga akhirnya sakit. Untuk menghindari hal-hal semacam ini, kita perlu mengatur waktu kita dan dapat menempatkan waktu dengan tepat. 

Sumber Gambar: Pexels Free Images