Cara Daftar GoFood Melalui Ponsel

Bermunculannya perusahaan rintisan (start-up) pada bidang pesan-antar secara online seperti Gojek, semakin memudahkan untuk para pebisnis dalam mengembangkan usaha yang dimilikinya.

Aplikasi Gojek hingga saat ini telah menyediakan berbagai fitur menarik dan mudah digunakan. Salah satunya adalah terdapatnya platform khusus untuk pesan-antar makanan secara online yang diberi nama GoFood.

Hanya dengan melakukan pendaftaran dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan, Anda sudah bisa menjadi bagian dari pemilik bisnis kuliner di GoFood. Setelahnya, para pembeli dapat mengakses toko kuliner online Anda di GoFood dan melakukan pemesanan di sana.

Anda penasaran bagaimana cara mendaftar GoFood sebagai pedagang kuliner online? Tak usah khawatir, Anda hanya perlu mengikuti penjelasan di bawah ini.

RajaBackLink.com

Berikut adalah cara daftar GoFood melalui ponsel pintar.

Cara Daftar GoFood melalui Ponsel Pintar

Anda bisa berjualan kuliner di GoFood apabila telah terdaftar sebagai pedagang di aplikasi Gojek. Inilah cara mendaftarnya:

  1. Buka browser di smartphone Anda, lalu akseslah laman https://campaign.gobiz.co.id/daftar-gofood-perusahaan
  2. Setelah Anda sampai di laman tersebut, silakan dipilih jenis usaha yang ingin didaftarkan, apakah sifatnya restoran perorangan atau restoran perusahaan
  3. Baca teliti semua instruksi dan ketentuan pendaftaran yang ada di sana
  4. Pada jenis usaha perorangan, Anda akan dianjurkan untuk download aplikasi GoBiz untuk pendaftaran. Adapun untuk yang berjenis perusahaan atau badan hukum, maka Anda perlu melengkapi persyaratan tambahan dan setelah dinyatakan sukses terdaftar, maka jenis usaha ini akan dinyatakan sebagai mitra usaha GoFood kategori Perusahaan.

Persyaratan untuk Daftar Menjadi Mitra Usaha GoFood

Berikut adalah persyaratan yang mesti Anda siapkan untuk mendaftar menjadi mitra usaha GoFood kategori Perusahaan:

  1. Surat Izin Usaha
  2. Akta Pendirian Usaha
  3. Identitas Direktur Perusahaan yang Berlaku
  4. Alamat Surat Menyurat Perusahaan
  5. NPWP Perusahaan
  6. Foto halaman pertama Buku Tabungan atau halaman internet banking yang menunjukkan nama bank, nomor rekening, serta nama pemilik rekening tersebut
  7. Surat Pernyataan Otorisasi (Wajib melampirkan nama pemilik rekening “Tidak Sama Dengan” nama perusahaan sesuai Akte. Untuk template Surat Pernyataan Otorisasi dapat diunduh di laman website Gobiz).

Apabila Anda memilih daftar menjadi mitra usaha GoFood kategori perorangan, maka silakan disiapkan persyaratan di bawah ini yang akan dimasukkan di aplikasi GoBiz:

1. Data pemilik sesuai KTP

NIK, nama, tanggal lahir, alamat akan diisikan pada aplikasi GoBiz. Pastikan bahwa data diri yang diisikan dengan foto KTP adalah sesuai.

2. Rekening bank

Anda akan diarahkan untuk mengisi nama bank yang digunakan untuk pencairan dana usaha di GoFood berikut dengan nama pemilik rekening tersebut dan nomor rekeningnya.

3. Rincian data usaha

Untuk bagian ini, Anda hanya perlu mencantumkan nama usaha dan rincian data NPWP saja.

4. Informasi outlet usaha

Berisi alamat lengkap outlet usaha Anda, apa saja patokan yang bisa dijadikan petunjuk untuk mempermudah pembeli atau driver sampai ke outlet Anda, serta foto outlet Anda (luar ruangan dan dalam ruangan). Untuk lebih memudahkan, silakan dicantumkan link google map menuju lokasi outlet usaha Anda.

5. Pilih layanan pesan antar

Pastikan bahwa Anda memberi centang pada layanan/fitur seperti GoFood, GoPay, POS yang letaknya ada di bagian kanan layar.

Setelah semua persyaratan di atas Anda isikan pada form pendaftaran di aplikasi GoBiz, maka tim aplikasi Gojek akan melakukan verifikasi terkait data-data tersebut.

Waktu verifikasi yang dibutuhkan adalah kurang lebih dua hari kerja dan akan ada pemberitahuan kepada Anda ketika proses tersebut selesai.

Apabila data usaha yang Anda kirimkan disetujui namun butuh perbaikan, maka Anda akan diberi kesempatan untuk memperbaiki data tersebut maksimal sebanyak 3 kali dalam waktu 14 hari.

Apabila data pendaftaran tidak segera diperbaiki pada waktu yang ditentukan, maka pendaftaran Anda akan ditolak dan outlet Anda akan dihapus.

Berikut adalah beberapa kondisi terkait proses pendaftaran mitra usaha GoFood:

  • Jika data pendaftaran ditolak, maka alasannya akan turut dijelaskan dalam pemberitahuan yang dikirimkan ke Anda setelah proses verifikasi selesai.
  • Jika data pendaftaran telah disetujui oleh tim verifikasi, maka akan ada pemberitahuan kepada Anda yang berisi arahan untuk melanjutkan proses layanan aktivasi.
  • Pada proses aktivasi, Anda akan diminta untuk mengunggah produk makanan yang dijual, memberi deskripsinya, dan menentukan harga makanan tersebut.

Pada layanan Go Pay, biasanya akan memerlukan waktu selama 7 hari kerja untuk proses aktivasi. Adapun untuk fitur POS akan aktif secara langsung setelah akun Anda dinyatakan terverifikasi.

Pada layanan Go Food, Anda juga perlu melengkapi data secara lengkap dan benar. Proses layanan GoFood sendiri memakan waktu dua hari kerja.

Selesai proses aktivasi selesai, maka Anda sudah bisa menambahkan data profil restoran Anda, jam operasionalnya, dan daftar menu restoran yang Anda sajikan.

Demikian, pembahasan mengenai cara daftar GoFood melalui ponsel untuk menjadi mitra usahanya baik dalam kategori usaha perorangan maupun perusahaan (badan hukum). Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba!

 

*** 

Sumber Foto: Tangkapan Layar Aplikasi Gojek di Google Playstore