Cara Membuat Aksara Bali di Komputer

Apakah Anda sudah mendengar ataupun mengetahui aksara Bali? Aksara Bali atau sering disebut juga dengan aksara Jawa, memiliki pelafalan bunyi Hanacaraka.

Aksara Bali diajarkan di Indonesia sejak jenjang pendidikan sekolah dasar sampai dengan sekolah menengah. Sudahkah Anda terima mata pelajaran ini? Biasanya jenis mata pelajaran ini masuk kepada muatan lokal atau disingkat dengan mulok.

Selain kita harus memerhatikan bagaimana pelafalan aksara Bali, kita juga diajarkan bagaimana cara penulisannya. Pada masa sekarang, menulis aksara Bali sudah bisa Anda lakukan di komputer.

Lalu, bagaimana cara menulis aksara Bali di komputer? Silakan Anda simak baik-baik penjelasannya di bawah ini. Ini dia, cara menulis aksara Bali di komputer.

RajaBackLink.com

Cara Menulis Aksara Bali di Komputer

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan saat ingin menulis aksara Bali di komputer. Terdapat dua cara yang dapat Anda pilih untuk bisa menulis aksara Bali di komputer.

Cara yang pertama adalah Anda menambahkan jenis tulisan/font pada komputer, yaitu jenis font b_simbar.ttf. Sedangkan, cara yang kedua adalah Anda menggunakan situs online yang bisa Anda gunakan untuk menulis aksara Bali.

1. Menambahkan Font Bali Simbar pada Komputer

Anda bisa menulis aksara Bali pada komputer Anda apabila jenis font Bali b_simbar telah ada pada Microsoft Word ataupun aplikasi mengetik Anda yang lainnya. Ini dia, langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan jenis font Bali b _simbar:

  1. Cara mendapatkan aksara Bali untuk komputer Anda bisa dimulai dengan jalan mengunduh font Bali b_simbar. Anda bisa mengunjungi laman download berikut ini untuk dapat memperolehnya secara langsung, tanpa perlu mencari manual ttf-nya di komputer, yaitu di https://surgatekno.com/file/b_simbar.zip.
  2. Font yang Anda download di laman tersebut adalah berbentuk Zip. Agar Anda bisa membukanya, silakan ekstrak file tersebut ketika Anda telah selesai men-download-nya. Jika Anda telah selesai mengeksraknya, maka Anda sudah bisa membukanya dan akan terdapat folder di dalamnya yang bertuliskan b_simbar.ttf. File inilah yang harus di-install pada komputer Anda agar bisa menulis aksara Bali.
  3. Untuk pemasangan atau peng-install-an file tersebut, silakan Anda klik kanan file b_simbar.ttf, kemudian silakan dipilih Install. Tunggu selama beberapa saat hingga proses peng-install-an tersebut dinyatakan selesai.
  4. Untuk memastikan apakah font tersebut sudah berhasil dipasang atau belum pada komputer, silakan Anda cek. Caranya adalah dengan Anda masuk ke menu StartControl PanelFont. Apabila peng-install-an telah berhasil dilakukan, maka Anda bisa menemukan di sana font dengan bertuliskan nama Bali Sumbar-B.
  5. Untuk tahapan selanjutnya, silakan Anda buka Microsoft Word di komputer tersebut.
  6. Apabila Anda sudah membuka Microsoft Word dan berada pada aplikasi tersebut, sekarang silakan Anda pilih di sana tab Home. Kemudian, silakan Anda cari font Bali Sumbar di sana. Apabila Anda telah menemukannya, silakan Anda klik font tersebut.
  7. Sekarang, Anda sudah bisa mulai mengetik menggunakan aksara Bali di Microsoft Word Anda.

Kemudian, bagaimana penggunaan aksara Bali dengan gantung-gantungan? Agar Anda ingin membuka gantungannya, berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Silakan Anda klik tombol Start.
  • Ketiklah “Character Map” ➤ kemudian jalankan.
  • Pada bagian Font, silakan Anda cari nama font “Bali Sumbar“.
  • Sekarang, silakan Anda pilih karakter mana yang akan Anda masukkan ke dalam Word Anda.
  • Selesai, Anda kini telah memasukkan karakter yang Anda inginkan pada Word Anda.

2. Menggunakan Situs Online

Anda bisa menggunakan situs online untuk bisa menulis aksara Bali. Pada cara yang kedua ini, Anda tidak perlu download font apapun, begitupula aplikasi. Cukup hanya dengan mengakses situs online ini dan Anda pun sudah bisa langsung menulis aksara Bali.

Ini dia, langkah-langkah menggunakan situs online agar Anda bisa menulis aksara Bali:

  1. Silakan Anda akses situs menulis aksara Bali di https://www.komangputra.com/aksara-bali.
  2. Kemudian, silakan Anda tuliskan teks yang ingin Anda ubah ke dalam aksara Bali pada kolom yang disediakan.
  3. Selanjutnya, silakan Anda klik Simpan.
  4. Setelahnya, secara otomatis teks yang Anda simpan tersebut akan berubah menjadi aksara Bali. Teks tersebut akan muncul dalam bentuk gambar.
  5. Selesai, Anda kini telah mendapatkan teks aksara Bali yang dibutuhkan.

Demikian, informasi untuk Anda mengenai bagaimana cara menulis aksara Bali di komputer ataupun melalui situs online. Anda kini telah mengetahuinya dan bisa langsung mempraktikkannya. Selamat mencoba!

 

***

Sumber Foto: Tangkapan layar YouTube @Saifulhabib Vlog