Shopee Express Standard: 4 Pilihan Layanan Kirim Paket Shopee Cepat dan Aman

Telah banyak bermunculan dan berkembang berbagai platform belanja secara online yang menjangkau seluruh Indonesia. Salah satu contohnya adalah Shopee.

Aplikasi Shopee diluncurkan di Singapura pada 2015 dan telah menjangkau berbagai negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Keunikan dari Shopee adalah sering diadakannya berbagai promo menarik kepada penggunanya. Tak cukup sampai di sana, Shopee juga mendirikan layanan ekspedisinya guna menjaga kenyamanan para penggunanya dan diberi nama Shopee Express. Berikut adalah penjelasan mengenai cara menggunakan layanan Shopee Express.

Layanan Ekspedisi Shopee Express di Aplikasi Shopee

Pengguna situs belanja online pasti sering khawatir tentang keamanan barang yang dipesannya dan tidak sedikit dari mereka yang protes apabila terjadi kasus barang yang dibeli tidak sampai di tujuan ataupun malah sampai dalam kondisi kemasan rusak.

RajaBackLink.com

Untuk bisa mengantisipasi dan menindaklanjuti kasus tersebut, maka Shopee mendirikan layanan ekspedisinya sendiri bernama Shopee Express. Mereka juga menyatakan bahwa proses pengiriman barang akan lebih cepat sampai dan lebih aman apabila menggunakan jasa ekspedisi ini.

Shopee Express menawarkan beberapa jenis layanan pengiriman, yaitu sebagai berikut.

1. Shopee Express Standard

Shopee Express Standard merupakan jenis layanan pengiriman paket dari Shopee dengan estimasi pengirimannya adalah standar. Artinya, waktu pengiriman tidaklah begitu cepat, namun tidak juga terlalu lama.

Apabila Anda ingin melakukan pelacakan paket sudah ada di mana, Anda bisa memeriksanya langsung di aplikasi Shoppee. Di platform pembelian barang tersebut akan ada status “sedang dikirim” dan lain-lain yang bisa dilihat secara detail lokasi keberadaan paket itu ketika diklik. Terdapat juga di sana keterangan estimasi paket kapan dijadwalkan tiba di tempat tujuan.

2. Express Sameday

Jenis layanan pengiriman paket Shopee berikutnya adalah bernama Express Sameday.

Pengiriman paket berjenis ini adalah lebih cepat dibandingkan dengan yang standar, sehingga barang bisa dikirimkan ke tempat tujuan lebih cepat dari biasanya. Bahkan, bisa jadi dikirimkan pada hari yang sama dengan waktu pengemasan paket oleh penjual.

Anda juga bisa melakukan pengecekan lokasi paket terkini di aplikasi Shopee sebagaimana cara yang telah dijelaskan di nomor 1.

3. Shopee Express Instant

Sesuai dengan namanya yaitu Shopee Express Instant, jenis layanan pengiriman paket yang satu ini adalah sangat cepat apabila dibandingkan dengan dua layanan sebelumnya.

Shopee Express Instant menentukan peraturan bagi penjual yang memilih layanan ini yaitu maksimal tiga jam barang telah siap dibungkus dari waktu pick up.

Oleh karenanya, barang yang Anda beli tentunya akan sampai semakin cepat ke tempat tujuan jika dibandingkan dengan cara standard ataupun sameday.

4. Warehouse Shopee

Jenis layanan pengiriman paket Shopee berikutnya adalah Warehouse Shopee atau biasa diartikan sebagai “Gudang Shopee”.

Seluruh barang yang dijual oleh penjual Shopee akan masuk ke gudang Shopee yang menjadi transit lokasi pengiriman barang.

Di Warehouse Shopee akan terjadi pemilahan paket secara besar-besaran sesuai dengan lokasi tujuan paket tersebut.

Waktu pengiriman barang di Warehouse Shopee biasanya telah dijadwalkan sedemikian rupa dan setelahnya akan diberitahukan kepada penjual bagaimana status terkini terkait barangnya. Pengiriman barang tersebut harus dilakukan oleh tim ekspedisi Shopee sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Hal ini penting diperhatikan guna proses pengiriman barang tersebut lancar dan tidak terhambat oleh faktor lain.

Jadwal Pengiriman Paket via Shopee Express

Kapan barang akan sampai adalah pertanyaan yang umum dan dimiliki oleh setiap orang yang berbelanja secara online. Tentunya, pertanyaan yang sama pun akan ditujukan ke layanan ekspedisi dari Shopee yaitu Shopee Express.

Kecepatan sampainya barang ke lokasi yang diminta oleh pembeli akan dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah jadwal pengiriman paket dari ekspedisi yang dipilih.

Apabila penjual dan pembeli adalah berada di wilayah Jabodetabek dan proses pembayarannya dilakukan di hari kerja sebelum pukul tiga sore, maka pengiriman paket via Shopee Express akan dikirimkan hari yang sama sehingga barang bisa sampai lebih cepat.

Bagi Anda yang tinggal di luar Jabodetabek, maka proses pengiriman paket yang menggunakan ekspedisi Shopee Express akan memerlukan waktu 24 jam dari proses pembayaran dilakukan.

Tanda paket Anda sedang dalam proses pengiriman adalah munculnya nomor resi di platform pembelian barang tersebut pada aplikasi Shopee. Namun apabila nomor resi belum muncul, maka barang tersebut belum dikirimkan.

 

***

Sumber Foto: Tangkapan Layar Aplikasi Shopee di Google Playstore