Cara Menghapus Akun Google Permanen

Netizen pasti sudah merasa tidak asing lagi dengan istilah yang satu ini yaitu “Goggle”. Mesin pencari yang satu ini memang sampai saat ini terus mengembangkan berbagai fitur menarik dan bermanfaat yang bisa mempermudah aktivitas para penggunanya.

Tak sebatas mesin pencari, Google juga menghadirkan berbagai fitur yang kegunaannya sangat dibutuhkan di masa perkembangan teknologi yang semakin cepat. Di antaranya yaitu fitur email, fitur peta, fitur dokumen, fitur meeting, dan lain-lain. Tak terbatas hanya itu, akun Google juga bisa digunakan untuk mendaftar dan mengakses berbagai akun media sosial.

Keunggulan dari memiliki akun Google adalah Anda bisa mengakses secara bebas layanan dari Google tanpa perlu lagi mesti mendaftar dari awal. Cukup Anda hubungkan layanan tersebut dengan akun Google Anda, maka Anda sudah bisa segera mengaksesnya tanpa perlu lagi berlama-lama mendaftar. Bukankah hal ini menarik? 

Meskipun menawarkan berbagai efisiensi dan banyak manfaat, ada juga sebagian orang yang ingin menghapus akun Google yang mereka miliki karena berbagai alasan. Lantas, bagaimana cara menghapus akun Goggle secara permanen?

RajaBackLink.com

Silakan disimak baik-baik penjelasannya di bawah ini! Berikut adalah ulasan mengenai bagaimana cara menghapus akun Google secara permanen.

 

Cara Menghapus Akun Google Secara Permanen

Cara untuk menghapus akun Google Anda secara permanen adalah tidak sulit. Silakan diikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Membuka Akun Google yang Ingin Dihapus

Langkah pertama yang mesti Anda lakukan adalah membuka akun Google Anda yang ingin dihapus melalui browser.

Anda bisa menggunakan browser Google Chrome pada smartphone, komputer, tablet, atau laptop agar prosesnya lebih cepat.

Setelah Anda membuka Google Chrome, pada halaman utamanya silaka. Anda bisa lihat pojok kanan atas. Biasanya, di sana ada lingkaran dengan foto profil akun Google Anda ataupun inisial dari akun Google tersebut. Hal ini bisa terjadi apabila Anda pernah memasukkan akun Google Anda pada waktu sebelumnya di browser ini.

Namun apabila belum pernah, silakan Anda masuk dulu ke akun Google Anda di browser Google Chrome dan ikuti kembali langkah di atas.

Silakan Anda klik ikon pada penjelasan di atas dan pilihlah menu yang bertuliskan “kelola akun Google Anda”.

2. Buka menu Data & Personalisasi

Apabila Anda ingin menghapus akun Google Anda di smartphone, silakan dibuka browser Google Chrome pada smartphone, lalu akseslah www.google.co.id dan pijit di pojok kanan atas logo bergambar manusia.

Silakan login di sana ke akun google Anda dengan memasukkan alamat e-mail dan password-nya.

Setelah berhasil masuk ke akun Google Anda yang ingin dihapus secara permanen, berikutnya adalah silakan masuk ke menu “Data & Personalisasi”. Di menu ini, Anda bisa melihat seluruh aktivitas internet dan non-internet yang Anda lakukan menggunakan akun Google tersebut dari akun tersebut.

3. Pilih Hapus Layanan atau Akun Anda

Untuk bisa menghapus akun Google Anda secara permanen, silakan pilih opsi “Hapus Layanan atau Akun Anda”.

Opsi tersebut akan muncul ketika Anda mengklik menu “Data & Personalisasi”, lalu klik “Download, hapus, atau buat rencana untuk data Anda”, dan pilih “Hapus layanan atau akun Anda”.

4. Hapus Akun Google

Setelah Anda mengklik “Hapus Akun Google Anda”, maka setelahnya akun Google dan dengan data-data lainnya seperti email, dokumen, dan foto yang terkait dengan akun Google tersebut akan hilang secara permanen.

Risiko Ketika Akun Google Dihapus Permanen

Dengan Anda memutuskan untuk menghapus akun Google secara permanen, maka Anda telah bersiap dengan risiko yang ditimbulkan.

Di antara risiko tersebut adalah Anda telah bersiap untuk layanan Google lainnya tidak akan bisa diakses lagi melalui akun Google tersebut.

Berikut adalah beberapa hal yang akan hilang ketika menghapus akun Google Anda secara permanen:

  1. Data-data dari layanan Google seperti Gmail, Google Dokumen, Google Kalender, dan layanan lainnya yang terhubung dengan akun Google tersebut akan hilang selamanya.
  2. Anda sudah tidak bisa lagi mengakses layanan Google seperti Gmail, Google Kalender, Google Drive, dan Google Playstore dengan menggunakan akun Google tersebut.
  3. Berbagai konten dan layanan berbayar yang telah dibeli dengan menggunakan akun Google tersebut seperti YouTube dan Google Playstore, maka akan tertutup aksesnya selamanya sehingga Anda perlu berlangganan lagi di awal apabila ingin menggunakan layanan tersebut.
  4. Semua data yang tersimpan di Google Drive akun Google tersebut akan otomatis menghilang dan tidak akan bisa dipulihkan.
  5. Berbagai kontak atau nomor handphone yang tersimpan di akun Google tersebut juga akan hilang secara permanen.
  6. Akses untuk mengunduh aplikasi di Google Playstore akan otomatis tertutup untuk akun Google tersebut.

Demikian, ulasan mengenai bagaimana cara menghapus akun Google secara permanen di komputer, laptop, tablet, maupun smartphone berikut dengan risikonya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Sampai jumpa!

 

***

Sumber Foto: Pixabay @Simon