IP Man dan 18+ Rekomendasi Film Donnie Yen Terbaru dan Terlengkap

Apabila Anda adalah pencinta film aksi mandarin, maka nama Donnie Yen sudah tidak akan asing di telinga Anda. Ya, dari sederet film aksi mandarin yang telah tayang di Indonesia, aktor aksi yang satu ini banyak sekali muncul dalam film-film yang ditayangkan tersebut.

Lantas, siapa itu Donnie Yen? Bagaimana biografi singkatnya? Dan, apa film terbaru yang dibintanginya? Semua jawaban pertanyaan tersebut akan kita bahas pada ulasan di bawah ini. Mari kita simak! 

Siapa itu Donnie Yen?

Donnie Yen adalah seorang aktor asal negeri tirai bambu. Ia dilahirkan pada 27 Juli 1963 di Guangzhou, Guangdong. Bukan hanya menjadi seorang aktor, ia pun mengembangkan keterampilannya di bidang lain seperti produser film asal Hong Kong dan sutradara.

Sejak kecil, Donnie Yen telah menerima pendidikan ilmu bela diri dari sang ibu, Bow Sim-Mark. Ibunya merupakan pengelola Lembaga Penelitian Wushu Tiongkok.

RajaBackLink.com

Dalam kancah film laga, Donnie Yen bukanlah pendatang baru. Berkat semua usaha dan karyanya, ia telah mendapatkan pengakuan internasional atas keikutsertaannya dalam banyak film laga.

Seperti keikutsertaannya membintangi sederet film laga bersama bintang laga papan atas lainnya yaitu Jackie Chan, Jet Li, dan Michelle Yeoh.

Selain terampil dalam ilmu bela diri kung fu dan wushu, Donnie Yen juga terampil dalam ilmu bela diri lainnya seperti taekwondo, ju-jitsu, judo, parkour, gulat, tinju, muay thai, dan kickboxing.

Baik, setelah diulas singkat mengenai biografi Donnie Yen, mari berikutnya kita bahas mengenai berbagai film aksi yang telah dilakoninya. Film-film ini mengantarkannya sekarang menjadi seorang aktor laga senior yang berbakat.

 

Rekomendasi Film Donnie Yen Terbaru Dan Terbaik

Berikut adalah daftar judul film yang pernah dibintangi oleh Donnie Yen dari mulai yang terlama hingga yang terbaru yaitu:

1. Mismatched Couples (1985)

Sutradara Yuen Woo-Ping
Tahun tayang 1985
Durasi 95 menit
IMDB rating 6.7/10
Genre Action, Comedy, Romance
Mismatched Couples menjadi film Donnie Yen yang pertama membuatnya bisa dikenal oleh masyarakat luas.

Film ini bercerita mengenai budaya breakdance yang digambarkan sedang populer pada masa itu.

Ketangkasan dan kelincahan yang dimiliki oleh Donnie Yen dapat Anda saksikan di sini. Perpaduan antara gerakan kaki, tangan, dan badannya mulai terlihat dari sini.

Meski ini merupakan film lama, Anda masih bisa melihat dengan jelas bagaimana wajah tampan Donnie Yen di waktu muda.

Film ini turut diperankan juga oleh sang sutradara yaitu Yuen Woo-Ping dan Wong Wan-Si.

2. In the Line of Duty 4 (1989)

Sutradara Yuen Woo-Ping
Tahun tayang 1989
Durasi 94 menit
IMDB rating 7.1/10
Genre Action, Comedy, Crime

Film ini memiliki tema tentang dunia kepolisian. Adanya film ini turut mengangkat karier dari para pemerannya yaitu Michelle Yeoh, Hiroshi Fujioka, Cynthia Rothrock, dan Hiroyuki Sanada.

Film Donnie Yen ini juga disutradarai oleh Yuen Woo-Ping. Pamor film ini dikatakan sebagai film terbaik yang mengupas tentang bagaimana dunia kepolisian.

Nama Donnie Yen di sini semakin dikenal oleh masyarakat luas lewat peran yang dimainkannya.

3. Once Upon a Time in China II (1992)

Sutradara Hark Tsui
Tahun tayang 1992
Durasi 113 menit
IMDB rating 7.4/10
Genre Action, Adventure, Biography
Di Film “Once Upon a Time in China II”, Donnie Yen beradu akting bersama aktor terkenal lainnya, yaitu Jet Li, Jean Wang, Rongguang Yu, dan Tsang Sze-Man.

Dalam film ini, Donnie Yen memiliki peran sebagai seorang antagonis. Ia di sini dikisahkan sebagai seorang petugas militer yang handal dan terampil dalam seni bela diri kung fu. Nama tokoh yang dimainkannya adalah Nap-Lan Yun-Seut.

Posisi Donnie Yen dalam film ini adalah sebagai lawan bagi Wong Fei Hung yang diperankan oleh Jet Li.

Berkat film ini, ia berhasil mencuri berbagai perhatian penonton sehingga mengantarkannya untuk meraih nominasi di kategori Best Supporting Actor pada penghargaan Hong Kong Film Awards.

4. New Dragon Gate Inn (1992)

Sutradara Raymond Lee, Ching Siu-Tung
Tahun tayang 1992
Durasi 88 menit
IMDB rating 7.3/10
Genre Action, Thriller

Film Donnie Yen yang satu ini memiliki latar zaman Dinasti Ming. Cao Sao-Qin (Donnie Yen) di sini memerankan tokoh kasim yang kejam dan tak segan untuk membunuh siapa saja.

New Dragon Gate Inn adalah remake dari film yang pernah tayang sebelumnya dengan judul Dragon Gate Inn yang tayang tahun 1966. Film ini merupakan salah satu film Donnie Yen yang terbaik.

Dalam film ini Donnie Yen beradu akting bersama Tony Leung Ka Fai dan Maggie Cheung.

5. Iron Monkey (1993)

Sutradara Yuen Woo-Ping
Tahun tayang 1993
Durasi 85 menit
IMDB rating 7.5/10
Genre Action, Crime, Drama

Iron Monkey merupakan film yang bercerita tentang kehidupan seorang seniman bela diri yang sering mencuri dari para pejabat yang korupsi.

Donnie Yen di sini selalu menyamarkan wajahnya dengan topeng saat melancarkan aksi pencuriannya. Hasil pencuriannya itu selalu dibagikannya kepada orang-orang miskin.

Situasi ironi muncul ketika para seniman dan dokter lainnya di masa itu dipaksa oleh otoritas yang berkuasa untuk mencari keberadaan pencuri yang selama ini tidak tertangkap.

Hingga, muncullah pada suatu hari ancaman besar bagi seluruh masyarakat. Hikmah adanya peristiwa itu adalah mereka bisa bersatu dan bersama-sama membangkitkan semangat juang mereka di bawah komando shaolin. Otoritas yang berkuasa saat itu akhirnya runtuh dan bisa diambil alih kekuasaannya oleh mereka.

Donnie Yen dalam film ini berperan sebagai Wong Kei-Ying. Ia merupakan ayah dari Wong Fei-Hong. Dua orang ini saling bahu membahu untuk menumpas kejahatan yang terjadi, sehingga mereka dijuluki sebagai Iron Monkey.

6. Heroes Among Heroes (1993)

Sutradara Chan Chin-Chung, Yuen Woo-Ping
Tahun tayang 1993
Durasi 91 menit
IMDB rating 6.2/10
Genre Action, Drama

Dalam Film Donnie Yen kali ini, ia berperan sebagai Beggar So. Ia adalah teman dari Wong Fei Hang. Keduanya memiliki misi penting untuk menghentikan segala jenis upaya distribusi narkoba jenis Opium untuk memasuki daerahnya.

Anda akan bisa melihat berbagai aksi keduanya untuk bekerja sama menghancurkan rencana jahat tersebut. Film Donnie Yen yang satu ini banyak dibumbui dengan adegan aksi yang mendebarkan penontonnya.

Selain dari Donnie Yen, film ini dibintangi oleh Dickson Lee Ga-Sing dan Yuk Wong.

7. Wing Chun (1994)

Sutradara Yuen Woo-Ping
Tahun tayang 1994
Durasi 96 menit
IMDB rating 7/10
Genre Action, Comedy, Drama

Film ini dibangun ceritanya dengan unsur komedi yang menceritakan bagaimana sebuah desa yang ditempati oleh Wing Chun (Michelle Yeoh) sering menjadi target penjarahan oleh para bandit.

Wing Chun adalah nama dari seorang wanita yang memiliki keahlian yang baik dalam bela diri dan selalu berpakaian seperti seorang pria.

Dalam mengusir aksi para bandit yang terjadi di desanya itu, Wing Chun menggunakan teknik bela diri Kung Fu.

Pada film ini, ada tokoh yang bernama Pok To (Donnie Yen) yang merupakan teman masa kecil Wing Chun. Pok To memendam rasa cinta pada teman masa kecilnya itu hingga di suatu hari ia akhirnya memberanikan diri untuk meminang Wing Chun.

Akankah pinangan dari Pok To akan diterima oleh Wing Chun? Dan, bagaimana rencana Wing Chun untuk menyingkirkan aksi para bandit di desanya?

Silakan Anda temukan jawabannya langsung dengan menonton film Donnie Yen yang satu ini.

8. Hero (2002)

Sutradara Yimou Zhang
Tahun tayang 2002
Durasi 120 menit
IMDB rating 7.9/10
Genre Action, Adventure, History

Dalam film ini Donnie Yen beradu peran bersama aktor ternama Jet Li. Selain itu, film ini turut dibintangi oleh Ziyi Zhang, Toni Chiu-Wai Leung, dan Daoming Chen.

Film ini menceritakan tentang seorang perwira pertahanan bernama Nameless dipanggil oleh Raja Qin. Ia dipanggil oleh raja sehubungan dengan keberhasilannya dalam menghentikan aksi ketiga prajurit yang terjadi pada saat itu.

Film ini adalah titik kebangkitan Donnie Yen dalam perfilman Hong Kong setelah dirinya sempat terpuruk karena beberapa film yang telah disutradarainya. Ia saat itu dipanggil langsung oleh Jet Li.

Pada saat itu, Donnie Yen sempat pindah dulu ke Amerika Serikat dan mengambil beberapa peran tokoh film aksi disana.

9. SPL: Kill Zone (2005)

Sutradara Wilson Yip
Tahun tayang 2005
Durasi 93 menit
IMDB rating 7/10
Genre Action, Crime, Thriller

Donnie Yen dalam film ini berperan sebagai inspektur polisi. Diceritakan bahwa ia akan segera pensiun dari kepolisian, namun ia masih memiliki ambisi untuk bisa menangkap gembong kriminal yang telah lama diburunya hingga saat itu.

Ia beradu peran dalam film ini bersama aktor terkenal, Sammo Hung. Di sini, Sammo Hung mengambil peran sebagai seorang kriminal yang diburu Donnie Yen. Tentunya, akting keduanya tersebut telah ditunggu para pencinta film aksi Hong Kong dan para penggemar dari kedua aktor tersebut.

Film yang disutradarai oleh Wilson Yip ini berhasil mengantarkan nama Donnie Yen ke Hong Kong Film Award. Ia berhasil memenangkan penghargaan dalam kategori Best Action Choreography.

10. Flash Point (2007)

Sutradara Wilson Yip
Tahun tayang 2007
Durasi 88 menit
IMDB rating 6.8/10
Genre Action, Crime, Thriller

Masih film yang disutradarai oleh Wilson Yip. Kali ini, film mengisahkan mengenai bagaimana kehidupan seorang inspektur berhadapan dengan sebuah geng Vietnam-China.

Geng tersebut kecil namun kuat. Berbagai tindak kejahatan dan upaya pembunuhan pun telah dilakukan oleh geng ini. Geng ini akhirnya bisa disusupi oleh seorang polisi yang berhasil menyamar didalamnya, namun berdampak bahaya pada pacar inspektur tersebut.

Donnie Yen beradu peran dalam film ini bersama Louis Koo, Ray Lui, dan Collin Chou. Dalam film, Donnie Yen memamerkan beberapa kemampuan seni bela diri yang dikuasainya. Keterampilan seni bela diri tersebut adalah muay thai, taekwondo, dan parkour.

Ada adegan perkelahian dalam film ini yang cukup mendebarkan bagi para penontonnya. Itu adalah adegan dimana Louis Koo bertarung dengan Donnie Yen dan berhasil mengimbangi pukulan bertubi-tubinya.

Penasaran dengan kelanjutan ceritanya? Anda bisa ketahui dengan menonton lengkap film Donnie Yen ini.

11. IP Man Movie Series (2008, 2010, 2015, 2019)

Sutradara Wilson Yip
Tahun tayang 2008, 2010, 2015, 2019
Durasi 106, 100, 105, 105 menit
IMDB rating 8./10, 7.1/10, 7.1/10, 7/10
Genre Action, Biography, Drama

12. Bodyguards and Assassins (2009)

Sutradara Teddy Chan
Tahun tayang 2009
Durasi 139 menit
IMDB rating 6.8/10
Genre Action, Drama, History

Film ini mengangkat tema sejarah pada tahun 1905. Pada masa itu terjadi peristiwa revolusi oleh Sun Yat-Sen (Hanyu Zhang).

Sun Yat-Sen pada saat itu dikisahkan sedang mengunjungi Hong Kong. Ia akan melakukan pembahasan rencana dengan anggota dari Tongmenghui dalam upaya penggulingan pemerintahan yang berkuasa saat itu, yaitu Dinasti Qing.

Pada aksinya, perlahan Sun Yat-Sen mengetahui bahwa ada pembunuh yang diutus untuk menggagalkan aksinya dengan jalan membunuhnya. Setelahnya, dirinya mengumpulkan sekelompok orang yang memiliki kemampuan bela diri untuk bisa mencegah kejadian serangan seperti sebelumnya.

Donnie Yen beradu peran dalam film ini bersama Hanyu Zhang, Tony Leung Ka Fai, Xueqi Wang, Edison Wang, Jun Hu, dan Nicholas Tse.

13. 14 Blades (2010)

Sutradara Daniel Lee
Tahun tayang 2010
Durasi 114 menit
IMDB rating 6.3/10
Genre Action, History, Thriller

Donnie Yen dalam film ini mengambil peran sebagai tokoh utama. Film “14 Blades” turut dibintangi oleh jajaran aktris dan aktor yang terkenal, diantaranya seperti Wei Zhao, Sammo Kam, Chun Wu, dan Kate Tsui.

Latar film berpusat pada masa Dinasti Ming. Film ini menceritakan bagaimana seorang agen rahasia dari istana kaisar yang bernama Qinglong (Donnie Yen), dikhianati dan kemudian diburu oleh rekan-rekannya sendiri.

Setelah mengetahui fakta yang ada, Qinglong kemudian kabur. Ia turut membawa pada saat itu segel kekaisaran di tangannya demi mencegah pemberontakan terhadap otoritas kekaisaran.

Penasaran dengan kisah selanjutnya? Anda bisa mengetahuinya dengan menonton langsung film Donnie Yen ini.

14. Dragon (2011)

Sutradara Peter Ho-Sun Chan
Tahun tayang 2011
Durasi 98 menit
IMDB rating 7.1/10
Genre Action, Crime, Drama

Film ini menceritakan tentang bagaimana seorang ahli bela diri bisa akhirnya terlibat dengan kasus pembunuhan dua orang penjahat. Film ini mengambil latar awal tahun 1900-an.

Donnie Yen beradu peran dalam film ini dengan Takeshi Kaneshiro, Li Jia-Min, dan Wei Tang.

Film ini memiliki alur cerita yang tidak biasa. Berbagai macam adegan aksi yang menegangkan dihadirkan pada pemutaran perdananya di Cannes Film Festival. Film “Dragon” mendapat sambutan yang hangat sejak pemutaran perdananya.

15. Kung Fu Killer (2014)

Sutradara Teddy Chan
Tahun tayang 2014
Durasi 100 menit
IMDB rating 6.5/10
Genre Action, Thriller

Film Donnie Yen ini memiliki latar zaman modern. Dikisahkan dalam film bagaimana seorang instruktur bela diri dari kepolisian bernama Hahou (Donnie Yen) dipenjarakan setelah dirinya secara tidak sengaja membunuh seorang pria.

Hal berubah saat seorang pembunuh bernama Fung Yu Sau (Wang Baoqiang) mulai muncul dan menargetkan nyawa master beladiri. Akhirnya, Hahou di sini menawarkan diri untuk membantu permasalahan yang sedang dihadapi para polisi. Namun, ia meminta sebagai imbalannya adalah kebebasannya dari penjara.

Film ini diproduksi oleh Emperor Motion Pictures dan Sun Entertainment Culture. Film Donnie Yen ini banyak menampilkan adegan aksi antara Donnie Yen, Charlie Young, dan Wang Baoqiang.

16. Rogue One: A Star Wars Story (2016)

Sutradara Gareth Edwards
Tahun tayang 2016
Durasi 133 menit
IMDB rating 7.8/10
Genre Action, Adventure, Sci-Fi

Film ini mengisahkan tentang bagaimana seorang putri dari ilmuwan kekaisaran akhirnya bergabung dengan aliansi pemberontak. Hal itu dilakukannya demi bisa mencuri blueprint yang dimiliki oleh Galactic Empire.

Dalam film produksi Amerika ini, Donnie Yen beradu peran bersama Diego Luna, Felicity Jones, dan Alan Tudyk. Donnie berperan dalam film ini sebagai Chirrut Imwe dari Planet Jedha. Ia membantu Rebel Alliance dalam misi pencurian itu.

17. Chasing the Dragon (2017)

Sutradara Jason Kwan, Jin Wong
Tahun tayang 2017
Durasi 128 menit
IMDB rating 6.7/10
Genre Action, Biography, Crime

Donnie Yen di sini berperan sebagai seorang imigran ilegal asal Tiongkok (China). Ia pada saat itu menyelinap ke Hong Kong yang sedang dijajah oleh Inggris.

Cerita berlanjut hingga dirinya menjadi seorang gembong narkoba. Dalam perjalanannya, Limpy Ho dibantu dalam menjalankan bisnisnya itu oleh seorang kepala detektof bernama Lee Rock.

Bisnis mereka berakhir sukses, namun kehidupan mereka tidaklah tenang karena berbagai pihak menginginkan kematian mereka.

Donnie Yen di sini beradu peran bersama Andy Lau, Wilfred Lau, dan Philip Keung.

18. Big Brother (2018)

Sutradara Kai Wai Kam
Tahun tayang 2018
Durasi 101 menit
IMDB rating 6.3/10
Genre Action, Comedy, Drama

Film aksi Donnie Yen kali ini dicampur kembali dengan berbagai unsur komedi dalam ceritanya. Film berkisah mengenai seorang pensiunan tentara menjadi guru di sekolah menengah.

Donnie di sini memerankan tokoh yang menggunakan metode tak biasa untuk bisa mengentaskan permasalahan di sekolahnya. Banyak para investor tidak mau membantu biaya pendidikan di sekolahnya karena siswa-siswanya yang super nakal dan berandalan. Hal ini berimbas pada dana pendidikan yang dimiliki sekolah tersebut sangat tidak lancar.

Menjadi seorang guru dirasakan oleh pensiunan tentara tersebut tidaklah mudah. Ia di sini harus berjuang menghadapi berbagai upaya pengusaha serakah bersamaan dengan geng pejuangnya, serta pemerintah.

Bagaimana akhir kisah dari pensiunan tentara tersebut? Akankah ia bisa berhasil melawan intervensi dari berbagai pihak, bersamaan dengan membimbing para siswanya yang berandalan?

19. Enter The Fat Dragon (2020)

Sutradara Kenji Tanigaki
Tahun tayang 2020
Durasi 96 menit
IMDB rating 5.7/10
Genre Action, Comedy

Pada Film Donnie Yen kali ini, ia kembali beradu peran dengan aktris dan aktor ternama. Mereka adalah Teresa Mo, Niki Chow, Jing Wong, Jessica Jann, dan Naoto Takenaka.

Di dalam film ini, Donnie pun ditantang untuk bisa memerankan tokoh yang tidak biasa. Demi bisa menghayati perannya, ia pun menggemukkan tubuhnya. Unsur komedi banyak muncul pada film ini.

Donnie berperan dalam film ini sebagai seorang polisi Hong Kong bernama Fallon Zhou yang patah hati karena dicampakkan oleh kekasihnya. Demi bisa mengalihkan depresinya itu, Fallon memutuskan untuk menyantap apa saja makanan yang ada.

Masalah yang baru mulai muncul ketika dirinya dipindahtugaskan ke negeri Jepang. Bobotnya yang benar-benar besar membuat dirinya mengalami kesulitan dalam menangkap berbagai penjahat di Jepang.

Dibantu oleh polisi lainnya, yaitu Thor (Wong Jing) sebagai instruktur polisi Jepang, Endo (Naoto Takenaka), dan penerjemah (Jessica Jann), mereka akhirnya saling membantu dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi mereka.

20. Mulan (2020)

Sutradara Niki Caro
Tahun tayang 2020
Durasi 115 menit
IMDB rating 5.7/10
Genre Action, Adventure, Drama

Kita akhirnya sampai pada pembahasan film Donnie Yen yang satu ini. Film ini menjadi bahan pembicaraan banyak pihak, khususnya oleh para penikmat film. Film ini banyak ditunggu oleh berbagai penikmat film.

Meski penayangannya tersendat karena adanya pandemi Covid-19, film “Mulan” akhirnya berhasil tayang pada platform digital milik Disney.

Film “Mulan” berkisah tentang sebuah bangsa bernama Hun yang menyerang sebuah kerajaan di Tiongkok.

Mengetahui adanya ancaman tersebut, sang kaisar yang berkuasa pun akhirnya memutuskan untuk menerapkan sistem wajib militer bagi seluruh pria di negerinya.

Tak pandang bulu, para keluarga kerajaan pun harus mengutus seorang pria di keluarganya untuk ikut berperang.

Di antara keluarga kerajaan yang ada, terkisahlah sebuah keluarga kerajaan yang hanya memiliki seorang gadis bernama Mulan (Yifei Liu). Saat itu kondisi kepala keluarga yaitu ayahnya Mulan sudah lanjut usia dan tidak memungkinkannya untuk bisa ikut berperang.

Demi menuntaskan masalah yang sedang dihadapi oleh keluarganya. Mulan akhirnya menyamar menjadi seorang pria. Ia berniat membereskan masalah keluarganya sekaligus membantu negaranya.

Mulan akhirnya berada di bawah komando Pemimpin Prajurit Tung (Donnie Yen). Namun, saat berperang identitas Mulan terbongkar hingga membuat keluarganya pun berada dalam bahaya.

Mulan tak putus asa menghadapi masalahnya saat itu. Ia terus bertarung dan berjuang demi keluarga dan negaranya.

Anda bisa melihat bagaimana perjuangan Mulan untuk bisa memulihkan kehormatannya, keluarganya, dan demi keselamatan negaranya dalam film ini.

Demikian, pembahasan mengenai IP Man. Beladiri menjadi salah satu jalan bagi Donnie Yen untuk merambah masuk ke bidang dunia peran. Berbekal berbagai beladiri yang dipelajarinya sedari kecil, Donnie Yen bisa menunjukkan berbagai peran aksi yang memukau untuk para penggemar film laga di seluruh dunia.

Dirinya kini dikenal tidak hanya di Hong Kong maupun Tiongkok, tetapi juga dikenal oleh seluruh dunia berkat berbagai peran yang telah dimainkannya. Ia bisa memainkan peran berbagai genre dan juga telah memasuki perfilman Amerika Serikat. Setelah ini, apakah Anda tertarik untuk memperlajari seni bela diri?

 

***

Sumber Foto: Tangkapan layar dari YouTube @Action Reload