Star Seller Shopee: Syarat dan Cara Menjadi Penjual Star di Shopee

Star Seller Shopee merupakan salah satu bentuk penghargaan yang diberikan oleh pihak Shopee kepada para seller atau pemilik toko Shopee yang senantiasa aktif dan berusaha keras untuk menghadirkan pelayanaan terbaiknya kepada konsumen. 

Untuk bisa menjadi Star Seller Shopee, maka terdapat beberapa ketentuan yang mesti dipenuhi terlebih dahulu dan dilakukan. Tentunya, dari didapatkannya penghargaan ini maka setiap penjual yang memiliki penghargaan ini akan memperoleh berbagai keuntungan.

Salah satu keuntungan dari diperolehnya penghargaan Star Seller Shopee adalah para penjual akan mendapatkan kepercayaan yang lebih tinggi dari calon pembeli. Mereka akan memprioritaskan toko online yang memiliki penghargaan tersebut dibandingkan dengan toko online yang tidak memiliki penghargaan tersebut.

Lantas, siapa saja yang bisa menjadi Star Seller Shopee dan bagaimana cara mencapainya? Berikut adalah ulasannya.

 

Siapa Saja yang Bisa Menjadi Star Seller Shopee?

Status “Star Seller” dari Shopee hanya berlaku untuk para penjual atau pemilik toko di Shopee yang bersifat perorangan, bukan perusahaan.

Apabila Anda adalah penjual di Shopee yang sifatnya adalah toko pribadi, maka Anda berpeluang besar untuk bisa Star Seller.

Syarat Menjadi Star Seller di Shopee

Berikut adalah syarat untuk menjadi Star Seller di aplikasi Shopee:

  1. Seller memiliki kartu tanda penduduk (KTP) yang telah terdaftar dan telah disetujui pada aplikasi Shopee
  2. Persentase chat atau pesan yang dibalas dari pembeli oleh toko Anda adalah lebih dari atau sama dengan 75%
  3. Toko seller mempunyai ratting atau penilaian lebih dari atau sama dengan 4.5
  4. Toko memiliki produk pre-order sebanyak 20% dari jumlah produk yang dimiliki dalam waktu maksimal 5 hari (perhitungan ini hanya diberlakukan bagi toko yang memiliki jumlah produk pre-order lebih dari 300 buah pada jangka waktu 30 hari terakhir)
  5. Toko mempunyai persentase transaksi sebanyak minimal 30% atau minimal pendapatan bersihnya adalah lebih dari Rp20 juta dalam waktu 30 hari terakhir
  6. Toko bisa melayani pembeli lebih dari 20 orang yang berbeda pada 30 hari terakhir
  7. Toko tidak pernah mendapatkan poin penalti atau hukuman dari Shopee
  8. Toko tidak mempunyai riwayat transaksi yang tidak wajar, janggal akunnya, ataupun menyalahgunakan program yang diadakan oleh Shopee hanya untuk keperluan pribadi.

Cara Menjadi Star Seller di Shopee

Cara menjadi star seller di Shopee adalah terpenuhinya semua syarat di atas.

Apabila toko online Shopee Anda memenuhi syarat diatas, maka toko Anda bisa menjadi Star Seller di Shopee. Shopee akan memberi undangan resmi kepada Anda dan hanya dikirimkan setiap hari Kamis pukul 16.00 WIB.

Apabila Anda menerima undangan tersebut, maka silakan Anda unggah KTP Anda di halaman program Star dengan klik “upload KTP” atau melalui seller centre atau aplikasi Shopee.

Untuk bisa mengetahui apakah kartu identitas Anda telah diverifikasi atau belum pada program Star Seller, Anda bisa mengecek hasilnya secara berkala di seller center atau aplikasi Shopee.

Apabila kartu identitas tersebut telah selesai diverifikasi dan dinyatakan diterima, maka Anda akan bisa menjadi Star Seller pada hari Senin di minggu selanjutnya.

Pada hari berikutnya pukul 00.00 WIB setelah Anda dinyatakan sebagai Star Seller di Shopee, maka sesuai dengan ketentuan yang berlaku, Anda akan dikenakan biaya sebagai Star Seller Shopee.

Setelah penghargaan ini didapatkan, maka Anda tinggal perlu mempertahankannya. Anda harus konsisten mempertahankan performa toko agar pencapaiannya tidak menurun, yaitu dengan cara:

  1. Membalas chat dari pembeli dengan persentase lebih dari 65%
  2. Memiliki ratting toko yang baik yaitu lebih dari 4.4
  3. Memiliki jumlah produk pre-order kurang lebih sebesar 20% selama maksimal lima hari, apabila jumlah produk pre-order toko adalah lebih dari 300 buah dalam 30 hari terakhir
  4. Memiliki minimal transaksi sebanyak 15 pesanan atau pendapatan bersih lebih dari Rp 19 juta pada waktu 30 hari terakhir
  5. Tidak memiliki poin penalti
  6. Tidak memiliki riwayat pesanan yang tak wajar, kejanggalan akun, dan penyalahgunaan program Shopee yang digunakan hanya untuk keperluan pribadi
  7. Melayani lebih dari sembilan pembeli yang berbeda-beda dalam 30 hari terakhir.

Demikian, ulasan mengenai Star Seller Shopee mulai dari siapa saja yang berkesempatan, syarat yang diperlukan, dan bagaimana cara mencapainya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba!

 

***

Sumber Foto: Tangkapan Layar Aplikasi Shopee di Google Playstore