Cara Membuat File Rar

Cara membuat file Rar tidaklah sulit. Anda hanya perlu mengetahui saja bagaimana tahapan membuat file Rar yang akan mempermudah Anda dalam mengarsipkan beberapa file ke dalam satu folder saja sehingga kapasitas penyimpanan perangkat Anda pun menjadi lebih kecil dari yang seharusnya.

Rar merupakan salah satu jenis file yang banyak digunakan pada perangkat PC contohnya adalah laptop. Rar sendiri memiliki peran untuk bisa menyimpan file yang berukuran besar menjadi lebih kecil sehingga tidak akan mengambil banyak ruang penyimpan di hard disk. Selain itu, Rar juga memiliki peran untuk bisa memudahkan proses transfer dokumen menjadi lebih mudah dan cepat.

File berformat Rar adalah sangat mudah dikenali dan dibedakan dari jenis format dokumen lainnya karena menggunakan ekstensi .rar.

Namun, Microsoft tidak menambahkan adanya dukungan default pada Windows 10 untuk membuat dokumen Rar. Walaupun demikian, Anda tetap bisa membuatnya dengan memasang aplikasi pihak ketiga pada PC sehingga file Rar pun bisa dibuat di sana.

Cara Membuat File Rar di PC Menggunakan WinRar

Mengutip dari Windows Report, nama aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat file Rar di PC adalah bernama WinRar. Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, silakan Anda download dan pasang terlebih dahulu aplikasi WinRar di PC Anda.

Setelah proses pemasangan aplikasi WinRar berhasil pada PC Anda, bukalah aplikasi ini. Setelah berhasil terbuka, berarti aplikasi ini sudah siap untuk digunakan membuat file berformat Rar.

Berikut adalah penjelasan mengenai cara membuat file Rar di PC Anda:

  1. Silakan klik kanan pada setiap file atau folder apa pun yang ingin Anda lakukan kompres ukurannya dan satukan dalam satu folder baru agar ukurannya file-nya lebih kecil dan tersusun urutannya sesuai yang Anda butuhkan
  2. Silakan pilih Tambahkan ke “Archive”
  3. Silakan beri nama arsip Anda tersebut, lalu tekan “OK” (Di sini, Anda tidak perlu lagi memilih opsi lainnya karena seluruhnya sudah disetel otomatis)
  4. Proses pembuatan file yang dipilih menjadi format arsip .rar sedang dibuat saat ini
  5. Setelah selesai, maka hasil kompres file yang sudah berbentuk .rar akan muncul di sebelah file/folder asli yang Anda kompres.

Setelah Anda selesai membuat arsip berbentuk .rar di atas, maka semua file hasilnya akan tetap di dalam arsip tersebut dan Anda bisa mengirimkannya ke orang lain dengan mudah ataupun menyimpannya pada hard disk PC Anda secara lebih teratur.

Apabila di masa mendatang Anda kehilangan jenis file aslinya, maka Anda tidak perlu khawatir karena arsip file/forder yang telah Anda ubah ke bentuk .rar bisa dibuka kapan saja isinya sebagai cadangan file.

Tidak peduli apakah file yang asli ternyata masih ada pada PC Anda ataupun keberadaannya telah terhapus permanen dari aplikasi “Trash” di PC, maka Anda masih bisa kembali mengakses file-nya yang telah disimpan di arsip WinRar.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk membuat dokumen Anda ke dalam bentuk arsip .rar? Jenis file apa pun bisa dikumpulkan menjadi satu arsip folder berakhiran nama .rar dan disimpan format penyimpanannya ke arsip WinRar.

Cara Membuat File Rar di PC Menggunakan WinZip

Selain Anda bisa membuat file Rar di PC dengan menggunakan WinRar, Anda juga bisa membuatnya dengan menggunakan aplikasi lain bernama WinZip.

Berikut adalah cara membuat file Rar di PC menggunakan aplikasi WinZip sebagai berikut:

  1. Apabila di PC Anda belum terpasang aplikasi WinZip, silakan diunduh dan pasang terlebih dahulu
  2. Setelah proses pemasangan selesai, silakan dibuka aplikasi tersebut
  3. Pergi ke “File”, kemudian pilih “new Zip file”
  4. Silakan Anda tambahkan di sana file yang ingin Anda konversikan ke format .rar
  5. Setelah itu, silakan pilih opsi Zip yang letaknya ada di panel sebelah kiri dan klik “OK”
  6. Pada panel sebelah kanan, silakan Anda pilih tindakan mana yang akan diambil sebelum file akan disimpan ke bentuk .rar yaitu enkripsi, kurangi ukuran foto, ubah ke PDF, atau tambahkan tanda air
  7. Setelah selesai, pada bagian bawah ada opsi “Bagikan” atau “simpan Zip”, silakan di sini Anda bebas memilih apakah ingin membuat file zip baru lainnya atau mengirimkannya melalui email dan media sosial
  8. Selesai.

Demikian, pembahasan mengenai bagaimana cara membuat file Rar di PC dengan menggunakan WinRar dan WinZip. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Sampai jumpa di pembahasan selanjutnya!

 

***

Sumber Foto: Pixabay @OpenClipart-Vectors